Obat Suara Hilang Karena Radang Tenggorokan dan Cara Cepat Mengatasinya

"Berikut adalah obat dan cara mengatasi suara hilang karena radang tenggorokan secara ampuh."

Life | 06 January 2023, 09:47
Obat Suara Hilang Karena Radang Tenggorokan dan Cara Cepat Mengatasinya

Salah satu gejala yang muncul ketika mengalami radang tenggorokan yaitu suara menjadi hilang. Tentu ini adalah hal yang sangat mengganggu dan tidak nyaman. Namun tenang, pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan tentang cara mengobati suara yang hilang karena radang tenggorokan.

Ketika kamu kehilangan suara, kondisi tersebut paling sering disebabkan oleh radang tenggorokan. Laringitis terjadi ketika laring (kotak suara) teriritasi dan meradang. Sebagian besar kasus laringitis disebabkan oleh infeksi virus, seperti flu biasa. Di dalam kotak suara ada pita suara yang saat kamu berbicara, pita suara membuka dan menutup dengan lancar. Ketika udara melewati pita suara menyebabkannya bergetar sehingga mengeluarkan suara. Ketika pita suara bengkak, ini dapat mengubah cara udara melewatinya dan suaramu.


Cara Mengatasi Suara Hilang

Laringitis pada umunya akan sembuh dengan sendirinya. Namun kadang-kadang bisa menjadi kronis dalam arti berkepanjangan. Untuk mengatasinya, kamu harus mengobati peradangan dan iritasi di kotak suara tersebut. Berikut ini adalah cara-cara yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi suara yang hilang karena radang tenggorokan.

  • Jangan Banyak Bicara

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan sakit tenggorokan  adalah memberi waktu untuk pita suaramu beristirahat. yaitu dengan jangan banyak bicara atau jangan berbicara sama sekali selama satu atau dua hari. 

Jika kamu harus berbicara, lakukan dengan tenang. Ini biasanya berhasil karena seringkali iritasi dan peradangan hanya perlu waktu untuk menyembuhkannya. 

  • Hindari Dekongestan

Biasanya ketika pilek, kamu akan menggunakan dekongestan untuk meredakan pilek. Namun, jika pilekmu disebabkan oleh radang tenggorokan, sebaiknya hindari dekongestan yang dapat mengeringkan tenggorokan dan saluran hidung.

  • Perbanyak Konsumsi Cairan 

Laringitis paling sering disebabkan oleh infeksi virus. Beristirahat dan minum banyak cairan akan membantu kamu sembuh secepat mungkin. 

  • Minum Air Hangat dan Hindari Minuman Berkafein

Air hangat, seperti teh, kaldu, atau sup akan membantu menenangkan tenggorokan yang meradang teh hijau, yang penuh dengan antioksidan juga dapat mendukung proses penyembuhan. Minumlah air hangat empat atau lima kali sehari, atau lebih jika perlu untuk menenangkan rasa sakit.

  • Berkumur dengan Air Garam

Tambahkan satu sendok teh garam ke segelas air hangat. Garam akan membantu menyembuhkan jaringan yang teriritasi di tenggorokan. Cobalah berkumur dengan air garam dua atau tiga kali sehari sampai suara kembali normal.

  • Mengisap Permen

Obat batuk tenggorokan dapat meredakan sakit tenggorokan. Mengisap sesuatu juga meningkatkan produksi air liur, yang akan membuat tenggorokan tetap lembap. Cobalah konsumsi permen yang mengandung madu yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi alami.

  • Mandi Air Panas

Uap dari pancuran air panas membantu melembapkan pita suara dan menenangkan sakit tenggorokan. Menambahkan minyak esensial yang menyegarkan, seperti kayu putih, juga dapat membantu. Oleskan minyak esensial di telapak tangan dan gosokkan.

Obat Mengatasi Suara Hilang

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, kamu dapat menggunakan obat berikut. Obat pereda nyeri yang dijual bebas akan membuat kamu lebih nyaman. Obat anti-inflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen (Advil, Motrin) dan naproxen (Aleve), dapat membantu mengurangi pembengkakan pada pita suara.

1. Ibuprofen

Bentuk obat: Tablet, kapsul, sirup, suntik

Merek dagang: Arbupon, Bodrex Extra, Bodrexin IBP, Ibuprofen, Intrafen, Neo Rheumacyl, Novaxifen, Oskadon SP, Paramex Nyeri Otot, Procold Obat Sakit Kepala, Proris.

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan buka laman obat ibuprofen

2. Aspirin

Bentuk obat: Tablet

Merek dagang: Acetylsalicylic Acid, Ascardia, Aspilets, Astika, Bodrexin, Cardio Aspirin, Cartylo, Contrexyn, Coplavix, Farmasal, Gramasal, Inzana, Miniaspi 80, Naspro, Nogren, Nospirinal, Novosta, Thrombo Aspilets

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan buka laman obat aspirin.

3. Naproxen

Bentuk obat: Kaplet

Merek dagang: Alif 500, Xenifar

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan buka laman obat naproxen.

4. Diclofenac

Bentuk obat: Tablet, kapsul, suntik, gel, tetes mata, suppositoria

Merek dagang: Aclonac, Cataflam, Clofecon, Diclofenac Potassium, Diclofenac Sodium, Eflagen, Exaflam, Fenavel, Hotin DCL, Kaflam, Lafen, Scantaren, Simflamfas, Voltadex, Voltaren, Zelona

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan buka laman obat diclofenac.

5. Celecoxib

Bentuk obat: Kapsul

Merek dagang: Celcox 100, Celcox 200, Celebrex, Novexib 100, Novexib 200, Remabrex

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan buka laman obat celecoxib.

6. Etoricoxib

Bentuk obat: Tablet salut selaput

Merek dagang: Arcoxia, Coxiloid, Coxiron, Etoricoxib, Etorix, Etorvel, Lacosib, Orinox, Soricox

Untuk mengetahui dosis dan informasi lebih lanjut mengenai obat ini, silakan buka laman obat etoricoxib.

sumber:
Alodokder.com
Klikdokter.com

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya