Neuralgin Obat Sakit Gigi, Berikut Manfaat, Dosis, Efek Samping dan HET

"Berikut adalah penjelasan tentang manfaat, dosis dan efek samping obat sakit gigi Neuralgin."

Life | 05 January 2023, 12:44
Neuralgin Obat Sakit Gigi, Berikut Manfaat, Dosis, Efek Samping dan HET

Sakit gigi merupakan kondisi gigi ketika terasa nyeri berdenyut-denyut. Sakit gigi ini akan terasa berdenyut-denyut hingga sakit kepala. Sakit gigi ini dapat disebabkan karena kurangnya perawatan pada gigi, yang sehingga menyebabkan gigi berlubang, gusi bengkak, infeksi gigi dan beberapa kondisi lainya.

Jika kamu mengalami sakit gigi, terdapat beberapa obat yang bisa kamu gunakan untuk meredakan rasa nyerinya. Salah satunya adalah Neuralgin. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan lengkap terkait manfaat, dosis dan efek samping Diclofenac Sodium.
Daun.id

istimewa

Neuralgin Obat Sakit Gigi

Ketika mengalami sakit gigi, sakit kepala dan badan terasa nyeri, salah satu obat yang umum dikonsumsi adalah Neuralgin untuk meredakan kondisi yang dialami. Neuralgin sendiri memiliki beberapa sediaan, seperti tablet dan salep. Apabila kamu ingin mengonsumsi obat ini, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai seluk beluk dari obat yang satu ini. Neuralgin ini termasuk ke dalam jenis obat anti nyeri dan pada dasarnya hanya bisa dikonsumsi berdasarkan resep dokter.

Manfaat Neuralgin Obat Sakit Gigi

Manfaat dari Neuralgin ini adalah untuk ,eringankan rasa nyeri, seperti sakit kepala, sakit gigi, kram perut yang disebabkan oleh menstruasi (dysmenorrhea), nyeri perut, dan nyeri yang muncul setelah operasi, nyeri berat yang disebabkan oleh gangguan saraf seperti neuritis dan neuralgia.

Komposisi dari Neuralgin adalah sebagai berikut. Methampyrone 500 mg, Thiamine HCl 50 mg, Pyridoxine HCl 10 mg, Cyanocobalamine 10 mcg, Trimethylxanthine 50 mg.

Dosis Neuralgin Obat Sakit Gigi

Sebelum kamu menggunakan Neuralgin sebagai obat untuk sakit gigi, sebaiknya kamu tahu dosis dari penggunaannya. Namun sebaiknya kamu mengikuti penggunaan obat ini sesuai dengan petunjuk dokter dan diminum sesudah makan.

1. Neuralgin RX
Tiap 1 dus Neuralgin RX berisi 10 strip yang berisi 10 tablet salut selaput. Berdasarkan informasi dalam situs MIMS, 1 tablet obat ini terkandung methampyrone 500 mg, tiamin HCl 50 mg, piridoksin HCl 10 mg, cyanocobalamin 10 mcg, dan trimethylxanthine 50 mg.

  • Dosis dewasa: 3 – 4 kali sehari, 1 – 2 kaplet.
  • Dosis anak: 3 – 4 kali sehari, ½ – 1 kaplet.


Apabila Anda memiliki riwayat penyakit perdarahan saluran pencernaan, leukopenia (rendah sel darah putih), dan agranulositosis (kadar granulosit rendah) hindari pemakaian obat ini.

2. Neuralgin Rhema
Tiap 1 dus Neuralgin Rhema berisi 10 blister, di mana 1 blister berisi 10 kaplet salut enterik. Komposisi dalam 1 kapletnya adalah natrium diklofenak 50 mg, tiamin HCL 50mg, piridoksin HCL 10 mg, sianokobalamin 10 mcg, dan kafein 50 mg.

  • Dosis dewasa: 3 kali sehari, 1 – 2 kaplet.
  • Dosis anak: 3 kali sehari, ½ kaplet.


Penggunaan obat ini harus sesuai dengan aturan minum obat dari dokter dan dapat diminum setelah makan. Jika Anda mempunyai riwayat penyakit perdarahan saluran pencernaan, leukopenia, dan agranulositosis hindari penggunaan obat ini.

3. Neuralgin Pain
Tiap 1 dus Neuralgin Pain berisi 1 tube 30 mg obat topikal. Obat oles ini mengandung metil salisilat 102 mg, eugenol 13,6 mg, menthol 54,4 mg, dan lavender oil 2%. Pemakaian obat ini dengan cara dioleskan tipis-tipis pada bagian yang sakit. Hindari penggunaan pada kulit yang luka, dekat mata, atau membran mukosa.

Jangan tutup menggunakan bantalan pemanas lantaran dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit. Hindari penggunaan pada anak di bawah usia 2 tahun.

Efek Samping Obat Sakit Gigi Neuralgin

ika tidak sesuai aturan pakai, konsumsi obat neuralgin akan mampu mendatangkan sejumlah efek samping untuk Anda. Adapun beberapa efek samping tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala
  • Gangguan pencernaan
  • Reaksi alergi


Tidak hanya itu saja, neuralgin juga dapat memicu timbulnya reaksi alergi, yang di antaranya dapat diidentifikasi dengan gejala berupa:

  • Terjadinya pembengkakan di wajah, lidah, tenggorokan, dan bibir.
  • Gatal-gatal dan ruam pada kulit.
  • Kesulitan saat bernapas.


Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk selalu mengonsumsi obat berdasarkan resep dokter ataupun melihat pada petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan. Selain itu, kamu sangat dianjurkab untuk bertanya kepada apoteker tentang petunjuk penggunaan dan dosis yang bisa dikonsumsi. 

Cara Penyimpanan dan Penggunaan

Simpan obat Neuralgin Rx pada suhu ruang, di tempat kering, serta terhindar dari paparan matahari langsung. Jauhkan pula dari jangkauan si kecil. Untuk penggunaanya, ikuti anjuran dokter atau bacalah instruksi aturan penggunaan yang tertera pada kemasan.

  • Neuralgin Rx tablet harus diminum setelah makan untuk mengurangi iritasi lambung. Telan obat secara utuh bersama dengan air putih.
  • Dianjurkan minum Neuralgin Rx secara teratur pada jam yang sama setiap harinya.
  • Bila lupa meminum obat, segera minum jika jeda jadwal konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan saja. Jangan menggandakan dosis.


Harga Eceran Obat

  • Neuralgin RX 10 Kaplet
  • Rp8.000 - Rp12.800 Per Strip

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya