3 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat, Alami dan Ampuh Redakan Sakit

"Atasi sakit gigi tanpa obat secara alami dan mudah."

Life | 07 January 2023, 07:22
3 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat, Alami dan Ampuh Redakan Sakit

Mungkin tak asing dengan lagu 'Sakit Gigi' yang cukup viral beberapa tahun silam. Yang melantunkan lebih baik sakit gigi dibanding sakit hati. Namun faktanya banyak yang tidak tahan juga rasa sakit itu menyerang gigi mereka. Sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Tak hanya itu juga sakit gigi rasa sakitnya hingga menjalar ke kepala dan tubuh yang lain. Tak jarang pula penderitanya hingga mengalami badan panas dan yang lainnya. Benar-benar mengganggu aktivitas, juga menyiksa si penderita, yang dalam hal ini mereka yang masih berusia anak-anak. Oleh karenanya kebanyakan yang menderita sakit gigi melakukan berbagai cara agar menghilangkan rasa sakit itu dengan cepat. Juga mencoba mengatasinya, dengan mencari obat sakit gigi paling ampuh yang dapat meredakan nyeri dengan cepat.

Bagi yang malas untuk minum obat, bisa mencoba cara mengobati dengan bahan alami yang ada di sekitar rumah. Atau mencoba dengan cara tanpa menggunakan obat sama sekali baik alami atau obat-obatan. Untuk lebih jauhnya simak di bawah ini:

Cara Mengatasi Sakit Gigi tanpa Obat

Terdapat sejumlah cara menghilangkan sakit gigi dengan bahan-bahan di rumah tanpa obat. Pengobatan di rumah ini bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakit sembari menunggu jadwal kunjungan ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Di antaranya:

- Mengompres pipi tempat asal sakit gigi dengan kantong es atau kain dingin. Dinginnya es bisa membuat area yang sakit mati rasa sehingga merasa lebih nyaman.
- Berkumur selama 30 detik dengan campuran air dan 3 persen hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida bisa membunuh bakteri dan meredakan nyeri serta pembengkakan
- Berkumur dengan larutan air hangat dan satu sendok garam. Garam adalah disinfektan alami yang bisa meredakan pembengkakan, mengatasi infeksi, sekaligus membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan.
Mengoleskan minyak cengkeh ke gigi yang sakit. Terdapat kandungan antiseptik alami dalam cengkeh berupa eugenol
- Mengunyah atau mengoleskan bawang putih/bawang merah yang telah dihaluskan ke area yang sakit bisa meredakan rasa nyeri dan pembengkakan karena ada kandungan alisin yang merupakan agen antibakteri alami
- Kantong teh yang mengandung tanin bisa meredakan rasa sakit gigi dengan cara ditempelkan ke gigi dalam keadaan basah dan hangat
- Mengunyah jahe yang telah dibersihkan dan dikupas, lalu biarkan di dalam mulut selama sekitar satu jam untuk membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan
- Kunyit memiliki kandungan antiperadangan dan antibakteri. Untuk menghilangkan sakit gigi, campurkan bubuk kunyit dengan air atau madu hingga kental, lalu oleskan ke bagian yang sakit
- Taruh potongan lemon pada gigi yang sakit dan isap airnya hingga habis. Kandungan vitamin C pada lemon baik untuk kesehatan gigi
- Mengunyah daun jambu biji yang telah dicuci atau berkumur dengan rebusan daun jambu biji. Kandungan antimikroba dalam jambu biji bisa meredakan pembengkakan dan rasa sakit

Bila belum rada rasa sakitnya, bisa mencoba obat alami sakit gigi yang ada di sekitar rumah. Halnya di bawah ini. Simak yuk:

1. Kumur air garam
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Berkumur air garam membantu meringankan rasa sakit dan meredakan bengkak pada gusi. Hal ini karena garam bersifat menyerap air sehingga efektif membunuh bakteri jahat dalam mulut. Bakteri akan tumbuh subur di lingkungan yang asam dan lembap. Maka, ketika kondisi mulut kering, bakteri tidak bisa bertahan hidup.

Caranya, larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Gunakan air garam untuk berkumur selama beberapa detik, lalu buang airnya. Lakukan cara ini setidaknya dua kali sehari, atau sampai bengkak yang terjadi pada gusi mereda.

2. Kompres es batu

Obat untuk meredakan nyeri gusi bengkak alami selanjutnya adalah kompres dingin. Rasa dingin membuat saraf pemicu nyeri di sekitar area mulut mati rasa untuk sementara dan meredakan sakit.

Selain itu, suhu dingin merangsang penyempitan pembuluh darah wajah sehingga memperlambat aliran darah ke gusi yang bermasalah. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri yang terjadi pada gusi.

Caranya, tempel bungkusan es batu dalam waslap bersih pada bagian pipi yang terasa sakit. Ulangi kompres beberapa kali sehari sampai sakitnya mereda dan pembengkakan gusi perlahan menyusut.

3. Kunyit
Daun.id

Kunyit untuk Sakit Gigi/Sumber: Pixabay.com

Senyawa kurkumin dalam kunyit bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi serta efektif membantu untuk meredakan peradangannya. Sebuah penelitian dalam Journal of Indian Society of Periodontology (2012) menunjukkan obat kumur dari sari kunyit berpotensi mencegah pembentukan plak pada gigi dan gingivitis (radang gusi).

Caranya, parut setengah ruas kunyit, kemudian campurkan dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk rata sampai membentuk pasta, lalu gunakan sebagai pasta gigi. Selain itu, bisa juga membubuhkan pasta kunyit tersebut ke kain kasa, lalu digulung. Tempelkan kompres kunyit ini langsung pada gusi yang bermasalah selama beberapa menit.

Itulah beberapa cara mengobati sakit gigi tanpa obat yang alami ada di rumah, untuk membantu menangani gigi yang sakit.

(alvain shinta/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya