9 Pil Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Aman di Apotek

"Berikut adalah daftar obat pil untuk sakit gigi yang ampuh dan aman."

Life | 11 January 2023, 13:30
9 Pil Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Aman di Apotek

Sakit gigi adalah kondisi yang terjadi ketika gigi kamu terasa nyeri dan berdenyut-denyut. Sakit gigi terjadi akibat saraf pada akar gigi atau di sekitar gigi teriritasi. Penyebab umum dari sakit gigi yang kamu alami bisa jadi berasal dari infeksi gigi, pembusukan, cidera atau gigi copot. 

Untuk mengobati sakit gigi, terdapat beberapa jenis obat-obatan medis yang bisa kamu gunakan. Berikut ini adalah obat-obatan jenis pil yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi. Namun sebelumnya kamu juga perlu mengetahui sebab-sebab sakit gigi.

Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi dapat ditimbulkan oleh beberapa sebab. Berikut ini adalah penyebab sakit gigi:

  • Kerusakan gigi

Kerusakan gigi terjadi karena pengikisan dan pembentukan lubang pada enamel atau lapisan terluar gigi. Saat bakteri dan sisa makanan menumpuk, keduanya akan menghasilkan zat asam yang dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan timbulnya lubang pada gigi (karies).

  • Gigi sensitif

Gigi sensitif ditkamui dengan nyeri dan ngilu akibat tereksposnya dentin gigi ke lingkungan luar. Dentin merupakan saluran di dalam gigi yang dipenuhi serabut saraf. Paparan suhu dingin atau panas pada saluran inilah yang menyebabkan gigi terasa ngilu dan tidak nyaman.

  • Radang gusi (gingivitis)

Masalah pada gusi dan area yang berdekatan dengan gigi juga dapat menjadi penyebab timbulnya rasa sakit pada gigi Kamu. Salah satu gangguan gusi yang umum terjadi yaitu radang gusi (gingivitis). Infeksi bakteri menyebabkan gusi bengkak dan meradang.

  • Infeksi gusi (periodontitis)

Jika tidak segera ditangani, gingivitis dapat menyebabkan komplikasi berupa infeksi gusi (periodontitis). Infeksi serius bisa merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi. Tanpa pengobatan, periodontitis bisa membuat gigi tanggal. Bahkan, penyakit ini mungkin bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung dan stroke.

  • Abses gigi

Abses gigi terjadi ketika ada kantong berisi nanah di area gigi dan gusi. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri di dalam lubang gigi yang tidak ditangani. Gejala yang bisa Kamu rasakan yakni nyeri yang berdenyut dan terasa menyakitkan. Selain itu, rasa sakit bisa muncul tiba-tiba dan menjadi lebih intens selama beberapa jam.

  • Impaksi gigi bungsu

Gigi bungsu atau gigi geraham ketiga bukanlah masalah bila tumbuh dengan normal. Namun, akan jadi masalah bila gigi ini tumbuh dengan posisi miring alias mengalami impaksi. Gigi geraham bungsu yang tumbuh miring bisa merusak gigi sebelahnya, merusak saraf, serta menyebabkan kerusakan pada tulang rahang.

  • Gigi retak dan patah

Beberapa penyebab sakit gigi juga bisa berkaitan dengan cedera maupun trauma, seperti terjatuh ataupun menggigit sesuatu yang keras yang membuat gigi retak. Dalam kondisi cedera yang parah, Kamu juga mungkin mengalami gigi patah.

Kedua kondisi ini berpotensi menyebabkan penipisan atau terbukanya struktur gigi terluar. Akibatnya, bagian dentin gigi yang sangat sensitif terekspos ke lingkungan luar.

9 Pil Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Aman

Selain obat herbal, kamu juga dapat mengatasi rasa nyeri sakit gigi dengan menggunakan obat-obatan medis. Berikut ini adalah daftar obatnya:

1. Proris Ibuprofen
Daun.id

isitimewa

Obat yang pertama untuk atasi sakit gigi adalah proris Ibuprofen. Obat ini sering digunakan untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang akibat sakit gigi, demam, nyeri otot hingga nyeri rematik.

Sebaiknya konsumsi Proris Ibuprofen sesudah makan agar tidak melukai lambung. Ikuti dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan atau yang dianjurkan oleh dokter.

2. Cataflam
Selain Ibuprofen, Cataflam termasuk obat sakit gigi paling ampuh yang bisa Anda beli di apotek. Obat anti-inflamasi nonsteroid ini mengandung diclofenac potassium. Kandungan tersebut berfungsi menghambat enzim yang memicu munculnya rasa nyeri di area yang rusak. Di antaranya seperti gigi berlubang, gusi bengkak, dan lain sebagainya.

3. Sumagesic Strip
Daun.id

istimewa

Obat Sumagesic juga dapat Kamu jadikan alternatif untuk mengobati sakit gigi. Obat sakit gigi ini dikemas dalam bentuk sediaan tablet dengan kandungan bahan aktif paracetamol yang bermanfaat meredakan nyeri termasuk nyeri akibat sakit gigi yang sudah tidak tertahan.

Aturan pakai obat sumagesic disesuaikan dengan usia. Untuk anak-anak cukup berikan 1/4-1/2 tablet sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Sedangkan untuk dewasa bisa konsumsi 1 tablet sebanyak 3-4 kali sehari.

4. Iprox
Iprox
adalah obat sakit gigi yang dapat dikonsumsi untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Di dalamnya terkandung ibuprofen yang tergolong obat anti-inflamasi nonsteroid untuk mengurangi nyeri akibat sakit gigi.

5. Pondex Forte
Daun.id

istimewa

Satu lagi obat sakit gigi berlubang yang mengandung asam mefenamat, yakni Pondex Forte. Asam mefenamat termasuk obat yang berfungsi menghambat produksi enzim prostaglandin yang memicu munculnya peradangan.

Dengan mengonsumsi asam mefenamat seperti Pondex Forte, nyeri akibat gigi berlubang dapat mereda. Sebagai catatan, obat ini tergolong obat keras. Jadi, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum membeli maupun mengonsumsinya.

6. OAINS
Kamu juga bisa menggunakan obat dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) untuk meredakan sakit gigi, termasuk Ibuprofen dan Naproxen. Obat dalam golongan pereda nyeri (analgesik dan antipiretik) seperti Paracetamol atau Acetaminophen juga biasa diresepkan untuk mengatasi sakit gigi gejala ringan atau sedang.

Penggunaan obat pereda nyeri harus dengan resep dokter. Jangan menggunakan golongan obat dot merah sembarangan untuk mencegah risiko efek samping.

7. Ponstan
Daun.id

istimewa

Ponstan merupakan obat tablet yang bisa Anda jadikan pilihan untuk meredakan nyeri karena gigi berlubang. Kandungan asam mafenamat di dalamnya membuat obat ini ampuh untuk meredakan rasa nyeri ringan hingga sedang. Sebagai catatan, Ponstan merupakan obat keras sehingga harus berkonsultasi dahulu kepada dokter atau apoteker.

8. Asam Mefenamat
Selain beberapa pilihan di atas, Asam Mefenamat termasuk salah satu obat pereda sakit gigi yang paling sering dikonsumsi. Sesuai dengan namanya, produk ini mengandung asam mefenamat yang berfungsi menghambat enzim prostagladin. Jika produksi enzim tersebut dihambat, gejala peradangan, seperti rasa nyeri akibat gigi berlubang dapat berkurang.

9. Anastan
Daun.id

istimewa

Anastan merupakan obat yang bisa meredakan nyeri ringan hingga sedang. Kandungan asam mefenamatnya bisa membantu mengatasi sakit karena gigi berlubang dan kondisi lainnya. Di antaranya adalah sakit kepala, nyeri otot dan sendi, dan nyeri paska operasi. Anastan juga termasuk obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya