Obat Sakit Gigi Selain Ponstan, Ampuh dan Aman Digunakan

"Beragam obat sakit gigi yang ampuh digunakan."

Life | 13 January 2023, 12:45
Obat Sakit Gigi Selain Ponstan, Ampuh dan Aman Digunakan

Obat sakit gigi adalah jenis obat yang digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Ada berbagai jenis obat sakit gigi yang tersedia di pasaran, dan masing-masing memiliki mekanisme kerja dan efek samping yang berbeda. Salah satu jenis obat sakit gigi yang paling umum digunakan adalah obat ponstan. Jenis obat yang bekerja dengan cara mengurangi rasa sakit dan mengurangi inflamasi.

Obat sakit gigi lain yang sering digunakan adalah obat yang mengandung oksida nitrat, yang digunakan untuk meredakan sakit gigi yang disebabkan oleh sensitizasi pulpa. Oksida nitrat bekerja dengan cara menyebabkan vasodilatasi pembuluh darah di area yang sakit, sehingga mengurangi rasa sakit pada gigi.

Anestesi lokal, seperti lidokain, juga dapat digunakan untuk mengurangi sakit saat melakukan prosedur gigi seperti pembersihan gigi atau pengambilan gigi. Anestesi lokal bekerja dengan cara mengurangi sensasi nyeri di area yang diobati. Selain itu, obat-obat lain seperti Paracetamol dan Asam mefenamat juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi.

Dalam mengatasi sakit gigi, penting untuk mencari penyebab sakit gigi dan mengatasinya secepat mungkin. Namun, jika sakit gigi tidak dapat diatasi dengan cara lain, obat sakit gigi dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit sementara. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat sakit gigi.

Obat Sakit Gigi Selain Ponstan

Daun.id

sumber; pexels.com

Beragam obat sakit gigi kini dapat ditemukan dengan mudah melalui apotik. Pada umumnya, saat sakit gigi menyerang, ponstan sering menjadi pilihan obat sakit gigi. Namun masih ada beberapa jenis obat sakit gigi lainnya yang ampuh dan aman digunakan selain ponstan. Seperti berikut ini:

1. Betadine Mouthwash & Gargle

Obat ini sangat ampuh menjadi penyembuh sakit gigi dan gusi, obat ini merupakan jenis obat sakit gigi kumur antiseptik. Sehingga sangat efektif dalam membersihkan kuman di mulut dan gigi yang menyebabkan sakit gigi. Selain itu juga dapat membuat nafas menjadi lebih segar kembali. Caranya tuangkan cairan sebanyak 15 ml ke tutup botol dan gunakan berkumur dalam waktu 30 hingga 60 detik. Jangan sampai tertelan, obat ini hanya dapat digunakan untuk berkumur.

2. Asam Mefenamat

Selain ponstan asam mefenamat juga cocok digunakan sebagai obat sakit gigi. Asam mefenamat adalah obat sakit gigi, termasuk dalam kelompok obat yang disebut nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs). Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi dari ringan hingga sedang. Asam mefenamat bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan rasa sakit di area yang terkena. Obat ini tersedia di apotek dalam bentuk tablet atau kapsul.

3. Dentasol

Selain ponstan, obat dentasol juga dapat direkomendasikan sebagai obat sakit gigi. Cocok sebagai alternatif untuk dikonsumsi ketika sakit gigi menyerang. Jenis obat sakit gigi dentasol terdiri dari dua macam bentuk yaitu kaplet dan tetes. Obat ini memiliki kandungan antiseptik yang dapat mengatasi infeksi pada gigi. Untuk mendapatkan obat ini bisa dibeli melalui apotik.

4. Pondex Forte

Pondex Forte yaitu merk obat sakit gigi yang mengandung zat aktif paracetamol dan metamizol sodium. Cocok digunakan sebagai obat sakit gigi, ringan hingga sedang. Paracetamol bekerja dengan cara mengurangi rasa sakit, sedangkan metamizol sodium termasuk dalam kelompok obat yang disebut nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) yang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Pondex Forte dapat ditemukan di apotek dalam bentuk tablet atau suspensi (cairan yang dapat diminum).

5. Gumafixa

Jenis obat yang telah terdaftar di BPOM RI, beragam masalah kesehatan gigi dapat diatasi dengan obat ini. Obat ini juga dapat digunakan untuk orang dewasa, anak-anak, hingga ibu hamil dan menyusui. Cara penggunaannya teteskan cairan pada kapas, lalu tempel pada bagian sakit gigi dan tunggu 1 hingga 5 menit rasa sakitnya mereda.

6. Cataflam

Cataflam adalah merk obat sakit gigi yang mengandung zat aktif diclofenac sodium. Obat ini termasuk dalam kelompok obat yang disebut nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) dan digunakan untuk mengatasi sakit ringan hingga sedang, termasuk sakit gigi. Cataflam dapat ditemukan di apotek dalam bentuk tablet atau suspensi (cairan yang dapat diminum).

7. Sumagesic

Sumagesic yaitu merk obat sakit gigi yang mengandung zat aktif paracetamol dan metamizol sodium. Obat ini mengandung paracetamol yang bekerja dengan cara mengurangi rasa sakit. Sedangkan metamizol sodium termasuk dalam kelompok obat yang disebut nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) yang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Sumagesic dapat digunakan sebagai obat sakit gigi selain ponstan.

8. Ibuprofen

Obat ini dikenal sebagai obat sakit gigi terampuh selain ponstan. Diketahui dapat meringankan rasa sakit pada gigi, hingga masalah peradangan. Bekerja secara aktif sebagai penghambat proses produksi senyawa prostaglandin, sebagai penyebab sakit gigi. Obat ini dapat digunakan setelah makan, jadi sebelum minum obat harus makan terlebih dahulu atau perut tidak boleh dalam keadaan kosong.

9. Dentova Pro Mouthwash

Dapat digunakan sebagai antiseptik yang mampu menyingkirkan jamur atau bakteri jahat pada gigi yang menyebabkan sakit gigi. Memiliki kandungan chlorhexidine Digluconate 0,2% Allantoin, Peppermint dan Eucalyptus Mint. Obat ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan gigi.

Itulah beragam obat yang dapat digunakan mengobati sakit gigi selain ponstan. Jadi kita dapat menemukan beragam obat sakit gigi.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya