Kisah Yakjuj Makjuj, Kemunculannya Bersamaan Dajjal dan Nabi Isa AS

"Kemunculan makhluk ini sebagai pertanda hari akhir."

Life | 15 January 2023, 18:00
Kisah Yakjuj Makjuj, Kemunculannya Bersamaan Dajjal dan Nabi Isa AS

Dalam dunia Islam telah terkenal kisah Yakjuj dan Makjuj yang kemunculannya dianggap sebagai salah satu pertanda hari kiamat. Kemunculan makhluk ini dibarengi turunnya Dajjal dan Nabi Isa AS di muka bumi. Yakjuj dan Makjuj memiliki sifat perusak dan penghancur, merusak dan menghancurkan apa saja yang ada di sekitarnya.

Selain itu Yakjuj dan Makjuj juga akan membunuh para makhluk yang ada di muka bumi. Setelah berhasil membunuh lalu menghujamkan panah dan tombak ke arah langit guna membunuh para penghuni langit. Ciri-ciri dari makhluk ini ialah memiliki muka lebar, mata sipit, rambut berjambul putih, wajah mirip dengan tembikar.

Disebutkan dalam tafsir Ibnu Katsir bahwa Yakjuj dan Makjuj ialah keturunan Nabi Nuh AS. Kedua makhluk ini dari garis keturunan Yafith bin Nuh AS, dan berkaitan dengan Zulqarnain. Zulqarnain merupakan seorang hamba Allah yang shaleh dan sering melakukan sebuah perjalanan dari Timur ke Barat. Disebut Zulqarnain karena pada kedua kepalanya menggunakan penutup dari tembaga dengan membentuk dua tanduk.

Kisah Yakjuj Makjuj

Daun.id

sumber; pixabay.com

Tentang kisah Yakjuj Makjuj pernah disebutkan dalam Al-Quran, seperti berikut:

قَا لُوْا يٰذَا الْقَرْنَيْنِ اِنَّ يَأْجُوْجَ وَمَأْجُوْجَ مُفْسِدُوْنَ فِى الْاَ رْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلٰۤى اَنْ تَجْعَلَ بَيْنَـنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا

Artinya: "Mereka berkata, wahai Zulkarnain! Sungguh, yakjuj dan makjuj itu (sekelompok manusia) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?" (QS. Al-Kahf 18: Ayat 94).

1. Yakjuj Makjuj dikurung dalam tembok

Sebelumnya pernah disebutkan bahwa Yakjuj Makjuj merupakan keturunan Nabi Adam AS. Selain itu juga termasuk keturunan dari Nabi Nuh AS, disebutkan anak-anak Yafis, orang tua bangsa Turki, bangsa Turki sebagian kecil dari mereka. Zulkarnain membangun tembok penghalang yang dibaliknya menjadi tempat tinggal Yakjuj dan Makjuj.

Seperti yang telah disebutkan dalam Al-Quran:

{هَذَا رَحْمَةٌ مِنْ رَبِّي فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ رَبِّي جَعَلَهُ دَكَّاءَ وَكَانَ وَعْدُ رَبِّي حَقًّا. وَتَرَكْنَا بَعْضَهُمْ يَوْمَئِذٍ يَمُوجُ فِي بَعْضٍ وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَجَمَعْنَاهُمْ جَمْعًا}

Artinya: Dinding ini adalah rahmat dari Tuhanku, maka apabila sudah datang janji Tuhanku, Dia akan menjadikannya hancur luluh; dan janji Tuhanku itu adalah benar. Kami biarkan mereka di hari itu bercampur aduk antara satu dengan yang lain. (Al-Kahfi: 98-99), hingga akhir ayat.

2. Proses keluarnya Yakjuj dan Makjuj

Beberapa hadits pernah menyebutkan sebagai berikut ini:

Ibnu Mas'ud ra mengatakan bahwa Rasulullah Saw telah bersabda bahwa di malam beliau menjalani isra-nya beliau berdua dengan Nabi Ibrahim, Nabi Musa, dan Nabi Isa.

Mereka berbincang-bincang tentang hari kiamat, lalu mereka menanyakannya kepada Ibrahim, tetapi Ibrahim menjawab, "Saya tidak mempunyai pengetahuan tentangnya." Mereka menanyakannya kepada Musa dan Musa menjawab, "Saya tidak mempunyai pengetahuan tentangnya." Akhirnya mereka menyerahkan masalahnya kepada Isa, dan Isa berkata, "Tentang waktunya, tiada seorang pun yang mengetahuinya selain hanya Allah. Tetapi menurut apa yang telah dijanjikan oleh Tuhanku kepadaku, Dajjal kelak akan muncul, sedangkan di tanganku terpegang dua bilah tombak.

Apabila Dajjal melihatku, maka leburlah tubuhnya sebagaimana leburnya timah yang dipanaskan." Isa melanjutkan kisahnya, bahwa Allah membinasakan Dajjal. Manakala Dajjal melihatnya, sehingga sesungguhnya batu-batuan dan pepohonan dapat berbicara, "Hai orang muslim, sesungguhnya di bawahku bersembunyi orang kafir, maka kemarilah dan bunuhlah dia!" Allah membinasakan bala tentara Dajjal, kemudian manusia kembali ke negeri dan tanah airnya masing-masing.

Setelah itu munculah Yakjuj dan Makjuj, mereka berdatangan dari semua tempat yang tinggi dengan cepatnya, lalu menginjak-injak negeri manusia. Tidak sekali-kali mereka mendatangi sesuatu tempat, melainkan mereka binasakan tempat itu. Dan tidak sekali-kali mereka melewati sumber air, melainkan mereka meminumnya sampai kering. Nabi Isa as melanjutkan kisahnya, "Setelah itu manusia kembali ke negerinya masing-masing (bersembunyi) untuk menghindari kejahatan Yakjuj dan Makjuj.

Mereka mengadu kepadaku tentang kejahatan Ya-juj dan Ma-juj, maka aku berdoa kepada Allah untuk kebinasaan Yakjuj dan Makjuj. Akhirnya Allah membinasakan mereka dan menumpas habis mereka sehingga bumi ini cemar berat karena bangkai mereka yang baunya sangat busuk. Kemudian Allah menurunkan hujan lebat yang menyapu bersih semua bangkai mereka, lalu menghanyutkannya ke laut.

3. Asal usul Yakjuj Makjuj

Meski kemunculannya menjadi pertanda hari kiamat, namun makhluk ini sudah ada sejak zaman nabi. Berawal dari kisah wafatnya Nabi Nuh AS yang memanggil seluruh anaknya. Hal ini dibantu oleh Nabi Ibrahim AS, namun hanya satu anak saja yang memenuhi panggilan tersebut. Sedangkan Ham dan Yafis memilih menyibukkan diri dengan aktivitasnya masing-masing.

Yafis memilih menghabiskan waktu bersama sang istri, hingga selanjutnya memiliki seorang keturunan. Diberilah nama Sannaf, hingga tumbuh menjadi besar. Akan tetapi tampak keganjilan, ia tumbuh tidak seperti manusia pada umumnya. Anak inilah kelak yang akan menjadi Yakjuj dan Makjuj.

Itulah penggalan kisah Yakjuj dan Makjuj yang kedatangannya sebagai pertanda hari kiamat. Sebagai seorang muslim kita mesti meyakini adanya Yakjuj dan Makjuj, Wallahu a‘lam bi as-shawab.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya