5 Obat Sakit Gigi Warna Biru yang Paling Ampuh di Apotek

"Ketahui obat sakit gigi warna biru yang ampuh."

Life | 17 January 2023, 08:21
5 Obat Sakit Gigi Warna Biru yang Paling Ampuh di Apotek

Terkena sakit gigi tentu menjadikan hal yang begitu menyiksa. Kondisi tersebut juga bisa berpengaruh, tidak hanya kehilangan nafsu, tetapi juga bisa menyebabkan mood dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Tidak hanya itu, jika tidak segera ditangani sakit gigi dapat memicu hal yang lebih parah lagi. Berdasarkan penelitian, penyakit gigi dan gusi dapat menimbulkan gangguan terhadap jantung hingga bisa menyebabkan resiko terkena stroke.


Penyebab sakit gigi

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan sakit gigi, yakni:

- Abses gigi.
- Penyakit Gusi.
- Kerusakan gigi.
- Enamel Retak.
- Makanan yang Tertinggal.

Maka dari itu, kamu harus lekas menangani sakit gigi supaya tidak menyebar ke penyakit yang lebih buruk. Nah, bagi kamu yang ingin tahu beberapa obat sakit gigi warna biru yang dapat dijumpai di apotek, sebagai berikut:

1. Naproxen
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Naproxen dapat menjadi obat sakit gigi warna biru yang efektif mengatasi sakit gigi. Kandungan naproxen bisa ditemukan pada merek Naprosyn dan Xenifar dengan dosis 220 mg. Akan tetapi, usahakan kamu ikuti aturan dosis yang ada dalam kemasan guna menghindari efek samping yang muncul.

Efek samping Naproxen

Efek samping yang dapat terjadi usai konsumsi naproxen, yakni:

- Kantuk
- Pusing
- Mual dan muntah
- Sakit kepala
- Nyeri ulu hati dan heartburn
- Diare
- Konstipasi

Harga: Rp. 22.500

2.  Dentova Pro Mouthwash

Obat selanjutnya ialah Dentova Pro Mouthwash dengan kandungan antiseptik yang mampu menghilangkan mikroorganisme jahat. Adapun kandungannya seperti allantoin, peppermint, chlorhexidine digluconate 0,2%, dan eucalyptus mint.

Obat ini dapat mengurangi masalah gigi sensitif dan berlubang, mengatasi pertumbuhan plak bakteri, serta mengurangi kerusakan jaringan penyangga gigi. Pakai Dentova Pro Mouthwash kurang lebih sebanyak dua kali sehari, caranya dengan berkumur selama satu menit.

Efek samping: Hipersensitif, peradangan pada mulut sampai mulut kering.

Harga: Rp. 24.000/botol

3. Obat kumur Betadine
 
Obat kumur Betadine
menjadi obat kumur yang dapat digunakan dalam mengatasi sakit gigi. Tidak hanya dipercaya guna mengatasi luka, namun Betadine juga mempunyai produk obat kumur terbaik. Kandungan Povidone Iodine mengakibatkan obat kumur yang satu ini bisa mengatasi berbagai masalah penyakit mulut.

Kandungan Povidone Iodine merupakan sejenis obat yang dipakai guna melenyapkan bakteri dan kuman penyakit di berbagai daerah mulut khususnya mulut. Dengan pemakaian obat kumur ini dipercaya kamu bisa terhindar dari masalah mulut.

Efek samping: Reaksi hipersensitif, syok, hipotensi, detak jantung semakin cepat, demam, asidosis metabolik, sakit perut, mual dan muntah sampai kerusakan ginjal.

Harga: Rp. 34.900/botol

4. Obat kumur chlorhexidine

 
Chlorhexidine
merupakan obat kumur yang bermanfaat dalam mengurangi jumlah bakteri pada mulut dan mencegah peradangan di gusi atau gingivitis.

Chlorhexidine hanya bisa didapatkan lewat resep dokter. Apabila cukup sering dipakai atau digunakan di luar resep dokter, obat kumur ini mampu menyebabkan efek samping seperti mulut kering, gangguan indra pengecapan, iritasi mulut, dan perubahan warna gigi.

Efek samping: Mulut kering, rasa terbakar ringan atau kesemutan pada mulut yang terjadi secara tiba-tiba, berubahnya rasa makanan atau minuman, iritasi pada mulut dan tenggorokan, bertambahnya jumlah plak yang mengeras (tartar) di gigi, dan warna obat membekas di lidah atau gigi.

Harga: Rp. 55.900

5. Obat kumur fluoride
Daun.id

Sumber: Istimewa

Obat kumur sakit gigi yang banyak beredar di pasaran ialah memiliki kandungan bahan aktif fluoride. Fluoride dipercaya efektif memperkuat gigi dan mengatasi gigi berlubang karena zat asam atau bakteri.

Obat kumur fluoride baik dipakai kepada orang yang berisiko terkena pembentukan karang gigi, misalnya lansia dan orang yang kurang merawat kesehatan gigi. Tidak hanya itu, seseorang dengan mulut kering juga disarankan berkumur dengan obat kumur fluoride sesuai petunjuk dokter.

Walau jarang terjadi, obat kumur sakit gigi yang dengan kandungan fluoride bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi di mulut dan perubahan warna terhadap gigi apabila dipakai secara berlebihan. Obat tersebut juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anak-anak usia di bawah 7 tahun.

Harga: Rp. 62.000

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya