8 Obat Sakit Gigi Keropos yang Ampuh dan Aman

Life | 18 January 2023, 13:53

"Atasi sakit gigi keropos yang mudah."

8 Obat Sakit Gigi Keropos yang Ampuh dan Aman

Sakit gigi merupakan hal yang umumnya terjadi dan menimbulkan hal yang mengnggagu aktivitas, maka kamu dapat mengatasinya. Penyakit ini tentu perlu disembuhkan agar kamu menjadi lebih nyaman dalam melakukan berbagai hal. Terlebih jika kamu merasa sakit gigi keropos, tentu ini terasa ngilu.

Mengutip Health Line, sakit gigi setiap orang terjadi akibat faktor yang berbeda. Adapun beberapa penyebab yang sering menjadi faktor terjadinya sakit gigi, antara lain:

- Gigi sensitif
- Tumbuh gigi bungsu,
- Kebiasaan mengertakkan gigi,
- Sakit gusi,
- Karies gigi,
- Gigi berlubang, dan lain sebagainnya.

Bagi kamu yang hendak mengatasi sakit gigi keropos ialah sebagai berikut ini:

1. Licorice (akar manis)
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Dalam sebuah penelitian yang ada pada Journal of Natural Products (2011), licorice atau akar manis dipercaya mempunyai manfaat terhadap kesehatan gigi.

Senyawa pada akar manis, yaitu licoricidin dan licorisoflavan A, mempunyai sifat antibakteri yang fungsinya guna mencegah pertumbuhan bakteri yang dikarenakan oleh gigi berlubang atau keropos.

2. Obat sakit gigi Cap Burung Kakak Tua

Tidak hanya obat yang dibuat dari bahan kimia, terdapat juga obat sakit gigi yang ampuh dari bahan herbal. Obat sakit gigi Cap Burung Kakak Tua ini juga mempunyai kandung senyawa gliserin, ethanol, creosote, dan oleum caryophylli.

Kandungan itu bermanfaat guna mengatasi sakit gigi, gusi bengkak, dan membersihkan gigi dari kuman yang menempel. Cara pemakaian obat sakit gigi ini dapat langsung ditempelkan dengan kapas atau dengan cara dikumur.

Efek samping: Mampu menimbulkan sensasi tidak nyaman dan rasa panas pada mulut jika melebihi dosis yang disarankan.

Harga:  Rp. 14.925/botol

3. Dentasol

Dentasol juga mampu dipakai sebagai alternatif menghilangkan sakit gigi keropos. Obat sakit gigi ini mempunyai dua bentuk, yakni berbentuk kaplet dan obat tetes.

Pada obat ini ada zat anestesi topikal dengan antiseptik yang bisa diaplikasikan secara langsung di gigi yang sakit. Kandungan zat itu dapat menghilangkan rasa nyeri karena sakit gigi dan dapat mengobati infeksi jamur dan bakteri.

Efek samping: Rasa terbakar dan menyengat, ruam, dermatitis kontak, gatal biduran, sampai nyeri tekan.

Harga: Rp 9.281/botol

4. Kumur dengan air garam

Melansir dari emedicinehealth, ada beberapa obat sakit gigi keropos seperti dengan berkumur memakai air garam. Kumur menggunakan air garam biasanya dilakukan dan direkomendasikan untuk orang yang sedang sakit gigi. Garam mempunyai sifat yang dapat menyerap air, sehingga ampuh dalam menyerap bakteri di mulut.

5. Obat kumur Betadine
Daun.id

Sumber: Istimewa


Obat Kumur Betadin
e menjadi obat kumur selanjutnya yang dapat digunakan dalam mengatasi sakit gigi keropos. Tidak hanya dipercaya dalam mengatasi luka, namun Betadine juga mempunyai produk obat kumur terbaik. Kandungan Povidone Iodine menyebabkan obat kumur yang satu ini bisa mengatasi berbagai masalah penyakit mulut.

Kandungan Povidone Iodine merupakan sejenis obat yang dipakai guna melenyapkan bakteri dan kuman penyakit di berbagai daerah mulut khususnya mulut. Dengan pemakaian obat kumur ini dipercaya kamu bisa terhindar dari masalah mulut.

Efek samping: Terjadi hipersensitif, sakit perut, mual, syok, hipotensi, detak jantung semakin cepat, demam, asidosis metabolik, dan muntah sampai kerusakan ginjal.

Harga: Rp. 34.900/botol

6. Cengkih

Cengkih merupakan salah satu obat herbal dapat menyembuhkan sakit gigi keropos. Kamu bisa menggunakannnya sebagai obat sakit gigi keropos, sebab didalamnya terdapat eugenol. Dikutip dari Medical News Today, eugenol dapat mengurangi rasa sakit dan inflamasi karena sakit gigi dengan fungsinya sebagai analgesik. Kamu dapat menumbuk cengkih dan mencampurnya dengan air sampai menjadi pasta. Campurkan pasta cengkih di area gigi yang sakit.

7. Bawang putih

Obat sakit gigi keropos selanjutnya dengan memakai bawang putih. Bawang putih mempunyai khasiat antiradang dan antibakteri.

Kamu dapat menghaluskan satu siung bawang putih, kemudian mengoleskannya di bagian gigi yang sakit. Apabila merasa kesulitan kamu dapat mengunyahnya secara langsung.

8. Kompres memakai air dingin

Obat sakit gigi keropos terakhir adalah mengkompres dengan air dingin. Melansir dari Medical News Today, balut es dengan handuk lalu letakkan di area dagu dan gigi yang sakit. Kompres itu akan menjadikan pembuluh darah mengencang sehingga rasa sakit dapat berkurang. Kamu dapat melakukan cara itu sekitar 15 sampai 20 menit sebelum tidur.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juli 2024 akan menjadi waktu yang menyenangkan bagi zodiak Leo. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan potensial untuk menjadi pasangan hidup Anda.



Leo Selengkapnya