Kisah Kesederhanaan KH Bisri Syansuri Tak Suka Makan di Warung, Pilih Bawa Bekal

"Belaiu menjadi salah satu tokoh penting di negeri ini"

Showbiz | 19 January 2023, 16:05
Kisah Kesederhanaan KH Bisri Syansuri Tak Suka Makan di Warung, Pilih Bawa Bekal

KH. Bisri Sansyuri adalah salah satu tokoh penting di balik berdirinya Nahdlatul Ulama (NU). Beliau berasal dari Jombang, Jawa Timur.

Kiprahnya dalam dunia keislaman tanah air memang tak perlu diragukan lagi. Begitupun dengan khazanah keilmuan beliau.

Seperti yang diterangkan Nuruddin, salah satu santrinya dari Tulungagung, dilansir dari nu.or.id, menerangkan jika keilmuan Mbah Bisri memang diakui oleh banyak kyai lain dan juga para santrinya.

Di masanya itu, Kiai Bisri Syansuri mengajar kitab yang besar-besar atau tingkat atas, misalnya Fathul Mu'in. Sementara putra dan menantu beliau mengajar kitab yang lebih kecil dan mendasar, misalnya Taqrib. Santri Denanyar pada tahun-tahun itu kisaran 200-an.

Adapun yang ngaji langsung ke Kiai Bisri Syansuri tak sampai sepuluh orang. 

Sebagai sosok santri langsung Mbah Bisri, sosok ulama ahli fikih dan pendiri Nahdlatul Ulama, Kiai Nuruddin merasa perlu mengingati dawuh beliau, antara lain sebagai santri agar senantiasa sabar dan temen (bersungguh-sungguh).

Juga nasehat Kiai Bisri, "Umat Islam ojo ninggalne kesucian (umat Islam jangan meninggalkan kesucian). Yang suci, InsyaAllah hajatnya dipenuhi." 


Tidak hanya dalam keilmuan, beliau ternyata dikenal sebagai sosok yang begitu disiplin waktu. Sampai-sampai saat pergi ke luar, KH. Bisri Syansuri tidak mau waktunya terbuang hanya karena membeli makan di warung. 

Kesaksian KH. Syamsul Huda tentang Kesederhanaan KH. Bisri Syansuri


Daun.id

web.nu.or.id

Kisah ini diceritakan oleh salah satu santri KH. ABD Wahab Chasbullah sejak 1959, yakni KH Syamsul Huda dalam buku "KH Abdul Wahab Chasbullah Hidup dan Perjuangannya".

"Mbah Bisri kalau bepergian makannya di dalam kendaraan, tidak mau ke warung. Beliau lebih suka membawa bakal sendiri", tulisnya.

Tidak halnya dengan Mbah Wahab, beliau memilih praktis saja, makan di warung.

Suatu ketika Mbah Wahab bilang kepada Mbah Bisri; "Kamu itu dholim," guraunya. Mendengar ledekan itu, Mbah Bisri hanya tersenyum.

Dari percakapan dua sosok itu lah betapa kita bisa tahu, bahwa perbedaan pendapat itu lumrah adanya.

Mbah Bisri pun tetap dengan pendiriannya, beliau selalu pilih bawa bekal makanan sendiri saat keluar. 

Sampai saat ini, nama beliau begitu disegani dan dihormati oleh masyarakat dan rakyat Indonesia, terutama para kaum Nahdliyin. 

(abdul mufid/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya