Obat Sakit Gigi Pipi Bengkak, Aman dan Bisa Dicoba Sendiri di Rumah

"simak yuk"

Life | 19 January 2023, 19:33
Obat Sakit Gigi Pipi Bengkak, Aman dan Bisa Dicoba Sendiri di Rumah

Rasa sakit yang terjadi akibat dari gigi memang sangat mengganggu. Selain mengganggu aktivitas sehari-hari. Juga nyeri dan ngilunya membuat hari-hari yang dijalani terasa lama dan begitu menyebalkan. Tak hanya sampai situ, terkadang sakit gigi juga menyebabkan pembekakan pada pipi.

Bukan hanya mengganggu aktivitas, pembekakan pipi tentunya menjadi suatu hal yang menyebalkan bagi si penderita itu sendiri. Pipi bengkak karena sakit gigi adalah salah satu keluhan yang cukup sering ditemukan. Kondisi ini bisa membuat bentuk wajah menjadi tidak simetris atau terlihat besar sebelah, juga dapat mengganggu aktivitas  karena biasanya disertai rasa sakit timbul secara terus-menerus.

Pipi yang bengkak biasanya diawali dengan kerusakan gigi, gigi berlubang, atau penyakit gusi yang terjadi tanpa perawatan. Kondisi-kondisi tersebut merupakan awal mula munculnya infeksi pada gigi.

Ketika infeksi terjadi, gusi dan wajah akan membengkak karena tubuh sedang berusaha memberantas bakteri yang menyerang. Bila tidak segera diberikan pengobatan dan perawatan yang tepat, kondisi tersebut dapat bertambah parah dan menyebabkan abses.

Abses adalah kantong berisi nanah yang dapat pula terbentuk di dalam mulut. Kondisi ini timbul akibat infeksi bakteri, dan umumnya ditandai dengan rasa sakit. Bila tidak segera ditangani dapat memperburuk keluhan yang sebelumnya terjadi.

Beberapa gejala yang berhubungan dengan abses mulut, di antaranya yaitu:
- Sakit gigi berdenyut parah
- Nyeri dan bengkak pada gusi di sekitar gigi yang terkena
- Gigi terasa sensitif terhadap suhu panas dan dingin
- Demam
- Kesulitan saat mengunyah atau berbicara
- Kelenjar getah bening membengkak
- Bau mulut atau halitosis

Setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan pipi bengkak. Bisa melakukan cara-cara pengobatan di bawah ini agar pipi yang alami bengkak bisa mengempes dengan pelan dan baik. Simak di bawah ini:
Daun.id

pinterest

1. Kompres Dingin
Kompres dingin menggunakan es batu merupakan cara menghilangkan bengkak sakit gigi yang paling mudah dilakukan. Tindakan ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang muncul pada area yang terlibat.

Tidak hanya cukup sampai di situ, kompres dingin juga bisa mempersempit pembuluh darah untuk memperlambat aliran darah ke daerah yang bengkak.

Saat melakukan kompres dingin, pastikan untuk tidak menempelkan es batu secara langsung ke kulit. Hal tersebut justru dapat merusak jaringan dan memperburuk keadaan. Lebih baik balut es batu dengan kain atau handuk, lalu tempelkan ke pipi yang mengalami bengkak selama 10–20 menit. Berikan jeda selama 20 menit sebelum ditempelkan kembali. Ulangi hingga merasa nyaman, dan cukup.

2. Kumur Air Garam
Berkumur dengan air garam hangat juga dapat dijadikan cara menghilangkan bengkak karena sakit gigi. Cara ini juga diduga mampu meredakan rasa sakit.

Caranya, campurkan 2 sendok garam ke dalam air hangat, haduk, kemudian kumur secara perlahan. Lakukan kegiatan ini 3 kali sehari sampai rasa sakit berkurang dan Anda merasa nyaman.

3. Periksa ke Dokter Gigi
Memeriksakan diri ke dokter gigi, apalagi jika pembengkakan pada pipi disertai rasa sakit hebat, demam, menggigil, dan nyeri saat membuka mulut. Gejala-gejala tersebut dapat terkait dengan infeksi gigi, yang bila dibiarkan dapat merusak gusi maupun jaringan penting di dalam mulut.

Keluhan bahkan bisa menyebar hingga ke tulang rahang. Juga berisiko lebih tinggi mengalami infeksi darah atau sepsis yang mengancam jiwa.

4. Obat Antinyeri dan Antiradang
Bisa mengonsumsi obat antinyeri dan antiradang, yang bebas dibeli di apotek. Obat-obatan tersebut dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang melibatkan gigi, gusi, ataupun pipi.

Pastikan untuk mematuhi anjuran dosis yang tertera di label kemasan. Apabila setelah 3 hari gejala tidak mereda, segera berobat ke dokter gigi.

5. Antibiotik
Jika penyebab pipi bengkak berasal dari infeksi bakteri, obat antibiotik dapat dijadikan pilihan untuk mengatasinya.

Namun, mengonsumsi antibiotik wajib berdasarkan anjuran dari dokter. Tidak boleh langsung mengonsumsi obat jenis ini sembarangan, karena bisa meningkatkan risiko resistensi antibiotik yang justru memperburuk keadaan.

6. Perawatan Saluran Akar Gigi
Salah cara untuk mengempeskan pipi bengkak akibat sakit gigi adalah dengan tindakan open bur.

Open bur adalah awal dari tindakan perawatan saraf gigi, di mana mahkota gigi akan ‘dibuka’ sehingga gas dari nanah bisa keluar. Hal ini bisa membantu meredakan ketegangan abses dan mengurangi rasa sakit. Setelah bengkaknya kempes, tindakan akan dilanjutkan dengan perawatan saluran akar gigi.

7. Drainase
Tindakan drainase akan dilakukan oleh dokter gigi, khususnya jika pembengkakan sangat berat dan antibiotik tidak memberikan manfaat yang diharapkan.

Drainase dilakukan dengan membuat sayatan untuk jalan keluarnya nanah dan bakteri. Tindakan ini dapat pula meredakan ketegangan di area yang terlibat, sehingga rasa nyeri ikut berkurang. 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya