Aneh Tapi Nyata, Makam Ini di Tengah Jalan dan Tak Bisa Dipindah dengan Alat Berat

"Konon pernah tempat ini pernah menewaskan operator alat berat."

Life | 19 January 2023, 20:51
Aneh Tapi Nyata, Makam Ini di Tengah Jalan dan Tak Bisa Dipindah dengan Alat Berat

Sebuah keanehan terjadi di kabupaten Sumedang, ada makam di tengah jalan. Konon hingga saat ini makam tersebut tak dapat dipindahkan, sekalipun menggunakan alat berat. Makam ini tepat berada di desa Cigintung, kecamatan Cisitu. Makam ini ditemukan pada saat pembangunan jalan akses menuju bendungan Jatigede, Jawa Barat.

Hingga kini, jalan yang dibangun untuk menuju ke bendungan Jatigede dibuat melingkar menghindari makam. Menurut cerita yang berkembang di tengah masyarakat, makam ini benar-benar dirasakan aura kemistisannya. Dikutip dari inisumedang.com seorang ustad memberi penjelasan;

Dulu ketika makam keramat akan dibongkar, mata pisau Beko sampai patah dan informasinya mengenai operator atau petugas operator Beko. Bahkan, alat berat atau alat canggih yang akan membongkar itu seketika rusak jika hendak membongkar makam keramat ini. Sehingga makan keramat ini, dipagar supaya tidak diganggu,” dikutip dari inisumedang.com 17/01/2022.

Menurutnya makam ini juga menjadi bagian penting sejarah di masa lampau. Jauh sebelum dibangun jalan, dulunya makam ini merupakan hutan belantara. Bebatuan yang ada di sekitar makam ini juga memiliki beberapa tanda keanehan. Mulai dari telapak tangan, kaki hewan, dan beberapa keanehan lainnya. Konon dulunya menjadi tempat orang sakti tinggal di daerah tersebut.

Makam Di Tengah Jalan Tak Dapat Dipindah

Daun.id

Youtube; sarbo'ah chanel

Aneh tapi nyata, sebuah makam berada di tengah jalan dan masih kokoh. Konon makam ini tak dapat dipindahkan, sekalipun tengah menggunakan alat berat. Menurut cerita yang berkembang, ada seorang operator alat berat yang meninggal setelah mencoba memindahkan makam ini. Berikut ini kisah dibalik makam di tengah jalan:

1. Petilasan Prabu Siliwangi dan Dewi Maya Maya

Konon menurut cerita yang berkembang, makam tersebut dulunya merupakan petilasan dua tokoh kerajaan Pajajaran. Hal ini diungkapkan oleh juru kunci makam langsung melalu channel youtube "sarbo'ah chanel". "Tetapi pihak pengurus tidak memberikan rincian tentang salah satu tokoh yang bernama Dewi Maya Maya tersebut," penjelasan di channel youtube tersebut.

Sang juru makam hanya memberikan penjelasan bahwa Dewi Maya Maya ialah salah seorang sakti dari Pajajaran yang sempat singgah di tempat tersebut. Selain itu di tempat tersebut juga menyimpan aura mistis serta kekuatan ghaib yang begitu kental.

2. Ada Batu Kerucut Di Makam Tersebut

Daun.id

Youtube: sarbo'ah chanel

Gundukan batu yang berada di tengah jalan ini juga memiliki sisi unik yaitu terdapat sebuah batu dengan bentuk kerucut. Batu ini berada tepat di tengah makam tersebut dan dibungkus dengan kain putih. Selain itu, batu kerucut tersebut dilingkari akar-akar pohon.

Selain itu juga terdapat bangunan pondok kecil di tempat tersebut. Menurut keterangan pondok tersebut dibangun atas permintaan makhluk gaib penunggu makam tersebut. Meski di siang hari, aura mistis tempat tersebut dapat dirasakan oleh pengunjung.

3. Tewasnya Operator Alat Berat

Konon dulu pada saat pembangunan jalan akses menuju bendungan Jatigede, makam tersebut akan dibongkar. Namun tak satupun alat berat berhasil, padahal kala itu juga sudah melakukan dengan cara tradisi warga sekitar. Hingga akhirnya para kontraktor menyerah dan membiarkan makam tersebut berada di tengah jalan. Selanjutnya dibuatlah jalan di pinggir makam tersebut.

Seorang warga sekitar memberikan penjelasan "Yang kami heran, sekitar tahun 2013 an ada pembangunan jalan untuk akses angkutan material batu dari Gunung Julang ke proyek Waduk Jatigede. Saat itu Makam Keramat rencananya dibongkar untuk jadi perlintasan jalan. Tapi beberapa kali dibongkar pakai alat berat tidak bisa. Malah beko nya yang patah dan supirnya meninggal," dikutip dari kabarpriangan.com.

Demikianlah makam keramat yang berada di tengah jalan, tak satupun alat berat mampu memindahkan. Hingga kini tempat tersebut menjadi situs cagar budaya.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya