Kisah Tirakat KH Wahid Hasyim Berpuasa Selama 5 Tahun untuk Indonesia

"Beliau adalah ayahanda Gus Dur"

Life | 21 January 2023, 06:32
Kisah Tirakat KH Wahid Hasyim Berpuasa Selama 5 Tahun untuk Indonesia

Daun.id - Salah satu tradisi orang NU (Nahdlatul Ulama), jika mempunyai cita-cita tinggi atau tekad yang kuat untuk mencapai sesuatu, selain melakukan usaha secara lahir, mereka juga akan melakukan upaya-upaya spiritual(riayadhoh).

Upaya-upaya spiritual itu sepeti berpuasa, tirakat, shalat tahajjud, merutinkan bacaan tertentu  dan lain-lain. Dan tirakat ini rupanya pernah dijalani oleh ayahanda Gus Dur, yakni KH. Wahid Hasyim.

Kisah itu diceritakan oleh KH. Hasib Wahab, pengasuh Pondok Pesantren Tambak Beras Jombang yang juga anak dari KH. Wahab Chasbullah, pernah mendapat cerita dari ayahnya bahwa KH. Wahid Hasyim memiliki cita-cita atau tekad untuk menjadi pemimpin bangsa, untuk kebaikan tanah air tercinta, entah menjadi presiden atau perdana menteri.

1. Diminta Tirakat Oleh Kiai Sepuh

Lebih lanjut, dalam buku berjudul "Bukti-bukti Gus Dur Wali" itu diterangkan jika mulanya KH. Wahid diminta bertirakat oleh seorang kiai sepuh. Namun resikonya besar, jika gagal menjalaninya sampai akhir bisa meninggal dunia.

Tirakat yang harus dijalaninya adalah berpuasa selama 5 tahun penuh, di luar hari tasyrik atau hari-hari besar yang dilarang menjalankan puasa.

Daun.id

youtube aswaja tube

Dan kemudian, KH. Wahid Hasyim bersedia dan menjalani tirakat itu dengan baik. Setiap hari ia melakukan puasa, apapun kondisinya. Dalam buku biografinya dikisahkan, KH. Wahid sampai berpura-pura makan bersama tamu untuk menghormatinya.

2. Meninggal saat Sedang Jalani Tirakat

KH. Wahid Hasyim meninggal lantaran kecelakaan mobil di Cimahi, Jawa Barat pada 19 April 1953 di usia 38 tahun. Dan saat itu tirakat puasanya sudah ia jalani selama 3 tahun 8 bulan. Memang, saat ia meninggal ia belum menyelesaikan tirakatnya atau mencapai cita-citanya.

Daun.id

youtube aswaja tube

Akan tetapi, putra pertamanya yakni KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur telah berhasil mewujudkan cita-cita orangtuanya dan menjadi presiden RI ke-4.

Nama dan sosok KH. Wahid Hasyim sangat penting dalam perjuangan negara Indonesia. Beliau juga menjadi salah satu tokoh penting dalam panitia 9 yang mengusulkan gagasan briliannya.

3. Konfirmasi Gus Hasib kepada Gus Dur

Dalam suatu kesempatan di istana, ketika Gus Dur masih menjabat sebagai presiden, Gus Hasib pernah mengonfirmasi kebenaran cerita Mbah Wahab tersebut dan Gus Dur mengiyakan. Memang, orang luar biasa itu rasanya selalu terbentuk dari proses yang luar biasa pula.

Daun.id

youtube aswaja tube

(abdul mufid/nf)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network