Potret Keindahan Kota Mutiara Biru Maroko, Didirikan Keturunan Nabi Muhammad Tahun 1471

"Nuansa indah dan menantang"

Life | 25 January 2023, 12:05
Potret Keindahan Kota Mutiara Biru Maroko, Didirikan Keturunan Nabi Muhammad Tahun 1471

Daun.id - Chefchaouen merupakan kota 'dongeng' yang terletak di Barat Laut Maroko. Kota ini juga sebagai ibukota Provinsi yang bernama sama. Chefchaouen dikenal memiliki bangunan-bangunan yang indah dan berwarna biru.

Negeri Mediterania yang terletak di Afrika Utara ini memang kerap kali memancarkan sinarnya. Jejak sejarah Islam, Bangsa Arab, Prancis, dan Spanyol meninggalkan kebudayaan dan tradisi yang unik.

Sisa Sejarah

Menurut dari beberapa catatan sejarah, warna biru yang tercipta di kota Chefchaouen merupakan sisa dari sejarah pada abad ke-15. Pada saat itu ada para pengungsi dari Yahudi yang lari dari penguasaan Spanyol dan menetap di Chefchaouen.

Pengungsi Yahudi tersebut membawa tradisi dengan mewarnai semua barang dengan warna biru demi menyamakannya langit agar selalu mengingat Tuhan.

Kota Tua

Daun.id

Sumber: @amaken_officiel

Kota Chefchaouen memiliki konsep sebagai kota tua. Dengan konsep tersebut membuat para wisatawan yang ingin berkeliling ke kota Chefchaouen hanya perlu berjalan kaki atau bersepeda.

Diperebutkan

Chefchaouen pernah menjadi perebutan kekuasaan pada 1920 setelah Chefchaouen menjadi bagian dari Spanyol. Namun pada 1956, Chefchaouen dikembalikan ke Maroko oleh Spanyol setelah kemerdekaan Maroko telah diakui.

Nuansa indah

Daun.id

Sumber: @azharhamzas

Kota yang juga disebut sebagai Kota Mutiara Biru Maroko ini memiliki pemandangan yang unik dan indah. Hal ini dikarenakan letaknya berada di atas gunung dengan dipenuhi lorong-lorong biru. Jika berwisata ke Chefchaouen akan mendapatkan kepuasan keindahan alam dan menantang.

Kota penghasil ganja

Kota Chefchaouen kini juga menjadi kota penghasil ganja di Maroko. Diketahui kini Maroko memang tengah berusaha melegalkan ganja dengan tujuan medis.

Didirikan keturunan Nabi Muhammad SAW

Kota Mutiara Biru Maroko menurut sejarah didirikan oleh Moulay ibn Rashid al-Alami keturunan Nabi Muhammad SAW. Kota ini didirikan untuk melawan invasi Portugis ke Maroko Utara pada tahun 1471. 

(fahrul hikami/i)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network