Meta Luncurkan Fitur Terjemahan AI untuk Kreator Global

Meta Luncurkan Fitur Terjemahan AI untuk Kreator Global

Meta menghadirkan fitur terjemahan suara bertenaga AI untuk kreator di Facebook dan Instagram.

Meta baru saja mengumumkan peluncuran fitur terjemahan suara bertenaga AI untuk semua pengguna di Facebook dan Instagram secara global. Fitur baru ini memungkinkan kreator untuk menerjemahkan konten mereka ke bahasa lain sehingga dapat dinikmati oleh audiens yang lebih luas. Fitur ini pertama kali diumumkan pada konferensi pengembang Meta Connect tahun lalu, di mana perusahaan mengatakan akan menguji coba terjemahan otomatis suara kreator dalam reels di Facebook dan Instagram.

Fitur ini mendukung terjemahan dari bahasa Inggris ke Spanyol dan sebaliknya, dengan lebih banyak bahasa yang akan ditambahkan seiring waktu. Terjemahan AI ini tersedia untuk kreator Facebook dengan 1.000 pengikut atau lebih dan semua akun publik Instagram di seluruh dunia, di mana Meta AI ditawarkan. Untuk mengakses opsi ini, kreator dapat mengklik 'Terjemahkan suara Anda dengan Meta AI' sebelum mempublikasikan reel mereka.

Fitur Terjemahan Suara yang Otentik

Meta mencatat bahwa terjemahan AI akan menggunakan suara dan nada suara kreator sendiri untuk membuat suara dubbing terdengar otentik saat menerjemahkan konten ke bahasa baru. Selain itu, kreator dapat menggunakan fitur lip-sync opsional untuk menyelaraskan terjemahan dengan gerakan bibir mereka, yang membuatnya tampak lebih alami.

Ketika kreator mengklik 'Bagikan sekarang' untuk mempublikasikan reel mereka, terjemahan akan tersedia secara otomatis. Kreator dapat melihat terjemahan dan lip sync sebelum diposting secara publik dan dapat mematikan salah satu opsi kapan saja. Penonton yang menonton reel yang diterjemahkan akan melihat pemberitahuan di bagian bawah yang menunjukkan bahwa itu diterjemahkan dengan Meta AI.

Manfaat dan Rencana Masa Depan

Kreator juga mendapatkan akses ke metrik baru di panel Insights mereka, di mana mereka dapat melihat tampilan berdasarkan bahasa. Ini dapat membantu mereka lebih memahami bagaimana konten mereka menjangkau audiens baru melalui terjemahan — sesuatu yang akan lebih bermanfaat seiring dengan dukungan bahasa tambahan di masa depan.

Meta merekomendasikan agar kreator yang ingin menggunakan fitur ini menghadap ke depan, berbicara dengan jelas, dan menghindari menutupi mulut mereka saat merekam. Kebisingan latar belakang atau musik minimal juga membantu. Fitur ini hanya mendukung hingga dua pembicara, dan mereka tidak boleh berbicara satu sama lain agar terjemahan dapat berfungsi.

Meta mengatakan lebih banyak bahasa akan didukung di masa depan tetapi tidak merinci bahasa mana yang akan datang berikutnya atau kapan. 'Kami percaya ada banyak kreator luar biasa di luar sana yang memiliki audiens potensial yang tidak selalu berbicara bahasa yang sama,' jelas kepala Instagram Adam Mosseri dalam sebuah posting di Instagram.

'Dan jika kami dapat membantu Anda menjangkau audiens tersebut yang berbicara bahasa lain, melintasi batas budaya dan bahasa, kami dapat membantu Anda menumbuhkan pengikut Anda dan mendapatkan lebih banyak nilai dari Instagram dan platform ini.'


Artikel Terkait