Meproson Obat Radang Tenggorokan yang Ampuh Redakan Nyerinya

"berikut ulasannya, simak untuk lebih jaunya"

Life | 26 January 2023, 09:41
Meproson Obat Radang Tenggorokan yang Ampuh Redakan Nyerinya

Daun.id - Salah satu sakit yang umum dialami orang lainnya adalah radang tenggorokan. Sakit ini biasa dikenal orang-orang sebagai tanda-tanda akan demam. Karena disertai rasa nyeri dan serak saat dibuat untuk melakukan makan, serta saat berbicara.

Berbagai macam sebab terjadinya radang tenggorokan ini sendiri. Mulai dari makanan, faktor keadaan cuaca yang berubah-ubah, hingga alasan lainnya yang masuk1 akal adalah karena virus itu sendiri.

Radang tenggorokan (faringitis) merupakan gangguan kesehatan pada tenggorokan yang ditandai dengan rasa nyeri, gatal hingga kering yang membuat rasa tidak nyaman. Radang tenggorokan dapat timbul akibat infeksi virus dan infeksi bakteri.

Ciri-Ciri Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan terkadang dapat sembuh dengan sendirinya, namun tidak jarang pula radang tenggorokan ini menjadi gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Berikut ini adalah ciri-ciri dari gangguan kesehatan radang tenggorokan:

- Rasa sakit dan gatal pada tenggorokan
- Nyeri ketika menelan dan berbicara
- Suara menjadi serak
- Batuk-batuk dan lainya

Salah satu virus itu di antaranya, yaitu influenza, mononukleosis, cacar air, dan virus Corona. Dan salah satu jenis virus yang dapat menyebabkan munculnya sakit tenggorokan sekarang paling dikhawatirkan orang-orang adalah virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Terlebih virus corona yang sangat ramai menjadi masalah utama, selama kurang lebih dua tahun terakhir ini.

Juga sebab lainnya yang umum dan lumrah menyebabkan radang tenggorokan adalah sebagai berikut:
- Batuk dan pilek yang menyebabkan tenggorokan teriritasi
- Alergi
- Merokok
- Difteri (infeksi bakteri pada hidung dan tenggorokan)
- Infeksi bakteri, misalnya bakteri Streprokokus dan difteri

Obat yang bisa dikonsumsi untuk atasi radang tenggorokan ini juga berbagai macam. Mulai dari yang alami hingga yang bisa dibeli di apotek juga langsung berkonsultasi ke dokter. Serta diberikan obat atas rekomendasi dari dokter itu sendiri. Di antaranya obat yang terbukti bisa membantu mengatasi radang tenggorokan adalah Meproson.
Daun.id

meproson

Meproson
Adalah obat yang digunakan sebagai obat alergi, imunosupresan, anti syok dan anti inflamasi. Obat Meproson Tablet mengandung Methylprednisolone, yang termasuk jenis obat steroid jenis glukokortikoid sintetis.Berikut ini adalah informasi lengkap obat Meproson Tablet yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Untuk kategori dalam bentuk tablet.

Dosis Meproson Tablet
Dosis dari obat ini ditentukan secara individual untuk setiap orang berdasarkan manfaat dan tolerabilitas masing-masing orang tersebut. Obat Meproson Tablet (methylprednisolone) umumnya diberikan dengan dosis sebagai berikut :

- Dewasa dan anak usia 12 tahun atau lebih : 4-48 mg /hari sebagai dosis tunggal atau dosis terbagi
- Pada keadaan sklerosis : 160 mg / hari selama 1 minggu, dilanjutkan 64 mg / hari selama 1 bulan
- Anak usia kurang dari 12 tahun :
Dosis awal : 0.4-1.6 mg /kg BB / hari. Tidak lebih dari 80 mg / hari
Pemeliharaan : 2-8 mg /hari

Bila ingin melakukan tambahan dosis dan atau penghentian obat ini, yaitu dilakukan secara bertahap, sesuai yang diresepkan dokter.

Efek Samping Meproson

Seperti obat lainnya, juga memiliki efek samping. Hal ini tergantung masing-masing orang yang mengonsumsinya. Jika selama penggunaan Meproson, yang kebetulan dalam hal ini kategori bentuk; tablet. Mungkin akan mengalami atau bisa saja akan terjadi hal-hal berikut ini;

- Dalam jangka pendek: misalnya retensi cairan dan natrium, hiperglikemia dan intoleransi glukosa, hipokalemia, gangguan pada saluran pencernaan dan ulserasi, depresi reversibel dari hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA) axis, dan perubahan suasana hati seperti euforia ringan, gugup, gelisah, depresi, delusi, halusinasi, dan perilaku kekerasan.

- Dalam jangka panjang itu sendiri artinya, semua efek samping pada penggunaan jangka pendek ditambah cushing syndrome di antaranya:
pembengkakan wajah), hirsutisme atau virilisme, impotensi, menstruasi tidak teratur, penyakit ulkus peptikum, kenaikan berat badan, insufisiensi jantung kongestif, edema, hipertensi, katarak dan peningkatan tekanan intraokular mata / glaukoma, miopati, osteoporosis, gangguan penyembuhan luka, gangguan metabolisme karbohidrat, lemah otot, dan fraktur kompresi vertebral.

Cara lain untuk membantu redakan sakit saat radang tenggorokan menyerang adalah dengan mengobati tanpa harus susah payah untuk meminum obat. Tenang berikut beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk meredakan radang tenggorokan. Simak ulasannya:

1. Teh dan Madu
Madu memang telah lama dikenal sebagai bahan alami dalam mengatasi berbagai penyakit, serta baik untuk kesehatan tubuh. Ini juga dapat dijadikan sebagai obat rumahan untuk menangani gejala sakit tenggorokan.

Dalam artikel penelitian di Evidence-Based Practice, juga memperkuat manfaat madu dalam mengatasi masalah pada tenggorokan, salah satunya radang tenggorokan.

Diterangkan bahwa madu sama efektifnya dengan Dekstrometorfan, yang merupakan obat ampuh dalam menekan batuk. Sehingga dapat membuat tenggorokan mereka terasa nyaman.
Daun.id

pinterest

2. Gunakan Campuran Garam dan Air
Campuran garam dan air adalah salah satu cara alami yang sudah digunakan sejak zaman dulu untuk meredakan radang tenggorokan. Garam, yang tentu punya di dapur, ternyata berfungsi sebagai anti bakteri.

Simak berikut ini cara melakukannya:
- Campurkan air hangat dan tambahkan setengah sendok teh garam.
- Berkumurlah dengan campuran tersebut sebanyak 5-6 kali dalam sehari.

3. Makan Pisang
Pisang adalah asupan yang tepat untuk mengatasi radang tenggorokan, karena buah yang satu ini lembut dan tidak mengandung asam. Karena itu, buah ini cocok untuk tenggorokan anak yang sedang sensitif.

Pisang juga mengandung vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membuat anak mudah pulih serta terhindar dari serangan penyakit lainnya.

4. Minum Minuman Jahe Hangat
Jahe tidak hanya membuat makanan lebih sedap. Jahe memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri di tenggorokan. Sajikan jahe sebagai minuman hangat untuk meredakan radang tenggorokan. Yang memang sudah terbukti untuk menghangatkan tubuh. Tentunya juga bisa menenangkan tenggorokan yang memanas akibat radang tenggorokan.

5. Menggunakan Alat Pelembap Udara
Menyiapkan alat pelembap udara di kamar ketika hendak tidur, dapat membantu meringankan gejala radang tenggorokan pada anak.

Jika mengalami hidung tersumbat, alat pelembap udara dapat membantunya untuk bernapas lebih mudah. Ini juga dapat sedikit meringankan gejala batuk yang mereka alami.

6. Berikan Teh Chamomile
Teh chamomile secara alami dapat menenangkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Jenis teh ini sering digunakan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang baik dalam mengatasi radang.

Juga menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Minum teh chamomile juga bisa memberikan manfaat yang sama. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan.

7. Gunakan Semprotan Peppermint
Peppermint dikenal dengan kemampuannya dalam menyegarkan napas. Sensasi yang dihasilkan dengan kandungan minyak peppermint yang diencerkan juga dapat meredakan radang tenggorokan.

Peppermint mengandung mentol, yang membantu mengencerkan lendir dan menenangkan sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong penyembuhan radang.

8. Konsumsi Sup Hangat
Makanan dan minuman hangat berair akan sangat membantu menenangkan rasa ketidaknyamanan di tenggorokan.

Salah satu contohnya adalah sup ayam, yang dilansir dari Healthline, terbukti baik dalam menenangkan kondisi pernapasan dan tenggorokan yang bermasalah. Selain memberi anak sup ayam, bisa juga mencoba beberapa resep sup segar lainnya, seperti sup sayuran, sup jamur, dan lainnya.

(alvain shinta/n)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network