8 Obat untuk Amandel dan Radang Tenggorokan Paling Ampuh Tanpa Operasi

"Sembuhkan amandel dan radang tenggorokan secara mudah."

Life | 26 January 2023, 17:42
8 Obat untuk Amandel dan Radang Tenggorokan Paling Ampuh Tanpa Operasi

Amandel merupakan organ yang dapat melindungi tubuh dari bakteri atau virus yang masuk lewat mulut. Sehingga, amandel begitu rentan terkena infeksi. Jika bakteri atau virus menginfeksi organ ini, radang amandel atau tonsilitis dapat muncul.

Gejala radang amandel ialah munculnya susah menelan, bau mulut, suara serak, pembengkakan amandel, sakit tenggorokan, serta nyeri di rahang atau leher. Di sisi lain, peradangan juga dapat dibareng dengan batuk, sakit kepala, demam, sampai sakit telinga.

Akan tetapi, penyakit di amandel ini dapat diobati dengan beberapa jenis obat amandel dan radang tenggorokan. Tujuan dari pengobatan itu guna mengobati dan menyembuhkan gejala amandel dan radang tenggorokan. Adapun beberapa obat yang dapat mengobati amandel dan radang tenggorokan, yakni:

1. Bawang putih
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Bahan untuk amandel dan radang tenggorokan adalah bawang putih. Pada bawang putih terdapat sifat antibakteri. Bahan mengandung allicin, zat organosulfer yang dipercaya sebab keampuhannya dalam melawan infeksi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen bawang putih dengan teratur bisa mencegah virus flu biasa.

Namun, menambahkan bawang putih segar pada makanan mungkin juga dapat menjadi cara dalam memperoleh manfaat antimikroba. Kamu mungkin pernah disuruh untuk mengisap satu siung bawang putih sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan. Alasannya, akibat bawang putih mempunyai banyak manfaat penyembuhan, kamu bisa mencobanya. Walaupun kamu ingin menyikat gigi seusainya supaya melindungi gigi dari enzim dan mencegah bau mulut tidak enak.

2. Ibuprofen

Rasa nyeri amandel juga dapat diobati dengan kandungan ibuprofen. Ibuprofen termasuk dalam obat keras, sedangkan sebagian sisanya adalah obat bebas terbatas yang dapat dibeli tanpa resep dokter tetapi perlu berhati-hati.

Harga: Rp. 400 – Rp. 30.000/kemasan

3. Spiramycin

Zat aktif spiramycin merupakan antibiotik guna mengobati beberapa infeksi, misalnya radang amandel, faringitis, otitis media, sinusitis, dan infeksi saluran napas. Obat amandel ini dapat kamu temukan di apotek tanpa perlu menggunakan resep dari dokter.

Harga: Rp. 3.000 – Rp. 12.000

4. Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam hangat mampu mengatasi sakit tenggorokan dan menguraikan sekresi. Metode ini dipercaya bisa melawan bakteri di tenggorokan. Sehingga, kamu dapat menghilangkan amandel dan radang tenggorokan dengan air garam begitu mudah.

Pertama, buat larutan air asin menggunakan setengah sendok teh garam pada segelas penuh air hangat. Kamu dapat berkumur menggunakan air garam itu supaya menyembuhkan pembengkakan dan menjaga kebersihan tenggorokan. Berkumur memakai air garam dapat dipraktikkan setiap tiga jam sekali atau lebih agar memperoleh hasil yang maksimal.

5. Benzydamine HCl
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Obat Benzydamine HCl ialah obat antiinflamasi yang memiliki sifat antipiretik, antiseptik, dan analgesik yang dipakai guna menyembuhkan berbagai masalah mulut dan tenggorokan contohnya amandel. Meski dijual bebas terbatas, jika ingin konsumsi Benzydamine Hcl perlu petunjuk dari dokter atau apoteker.

Harga: Rp. 43.000 – Rp. 48.000/dus

6. Kunyit

Rempah kuning ini adalah agen antioksidan yang sangat kuat. Kunyit berfungsi dalam melawan banyak masalah serius, terlebih sebagai obat amandel dan radang tenggorokan.

7. Cefaclor

Cefaclor adalah obat amandel yang masuk pada golongan antibiotik sefalosporin. Obat ini bisa dijumpai di apotek dan toko obat dengan bentuk sirup, kaplet, ataupun kapsul. Akan tetapi, sebab masuk dalam obat keras dan antibiotik, maka pihak apotek akan meminta resep dokter.

Harga: Rp. 30.000 – Rp35.000/tablet

8. Amoxicillin

Salah satu antibiotik yang banyak digunakan dalam menyembuhkan amandel ialah amoxilin, terlebih terhadap gangguan kesehatan akibat infeksi di daerah THT dan pernapasan atas. Obat ini dapat dipakai oleh anak-anak hingga dewasa dengan dosis dari dokter.

Harga: Rp. 19.000 – Rp. 24.000/strip

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya