Ketika KH A Dahlan Melelang Barang Pribadinya untuk Menggaji Para Guru

"Penuh Perjuangan dan mengesankan"

Life | 27 January 2023, 14:27
Ketika KH A Dahlan Melelang Barang Pribadinya untuk Menggaji Para Guru

Kiai Haji Ahmad Dahlan merupakan salah satu ulama tersohor tanah air yang mempunyai gelar Pahlawan Nasional Indonesia. Ia lahir dengan nama lengkap Muhammad Darwis. Dia lah sosok hebat pendiri Muhammadiyah.

KH A Dahlan merupakan putra keempat dari tujuh bersaudara dari keluarga K.H. Abu Bakar. KH Abu Bakar adalah seorang ulama dan khatib terkemuka di Masjid Besar Kasultanan Yogyakarta pada masa itu, dan ibu dari K.H. Ahmad Dahlan adalah putra dari H. Ibrahim yang juga menjabat penghulu Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat pada masa itu.

Sejak usia belasan tahun, KH A Dahlan sudah mempunyai bekal keilmuan keagamaan yang cukup banyak. Bahkan saat usianya menginjak 15 tahun, ia pergi ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.

Gagasan pembaharuannya dalam keislaman memang diakui banyak kalangan masyarakat. Akhirnya pada 1912 ia mendirikan Muhammadiyah di kampung Kauman, Yogyakarta. Muhammadiyah didirikan untuk mencapai cita-cita pembaruan Islam di bumi Nusantara.

Kiai A Dahlan ingin mengadakan suatu pembaruan dalam cara berpikir dan beramal menurut tuntunan agama Islam. Dia ingin mengajak umat Islam Indonesia untuk kembali hidup menurut tuntunan al-Qur'an dan hadis. Perkumpulan ini berdiri bertepatan pada tanggal 18 November 1912. Dan sejak awal Dahlan telah menetapkan bahwa Muhammadiyah bukan organisasi politik tetapi bersifat sosial dan bergerak di bidang pendidikan.

Sepertinya, kisah tentang keilmuan dan sepak terjang KH A Dahlan sudah sangat sering kita dengar. Namun, siapa sangka, ada sebuah kisah unik dari sosok sekaligus pentolan Muhammadiyah itu yang selama ini jarang terungkap.

1. Mendapatkan Banyak Resistensi saat Mendirikan Muhammadiyah

Dikutip laman resmi Muhammadiyah, pada tahun 1912 atau tepatnya 18 November 1912, Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah di kampung Kauman, sebuah kampung di dalam kompleks Keraton Yogyakarta.

Ketika pulang dari Makkah, Ahmad Dahlan menikahi Siti Walidah, sepupunya sendiri, anak kiai Penghulu Haji Fadhil, yang kelak dikenal dengan Nyai Ahmad Dahlan, seorang Pahlawanan Nasional dan pendiri Aisyiyah. Bersama Siti Walidah, KH. Ahmad Dahlan memiliki enam orang anak, yaitu Djohanah, Siradj Dahlan, Siti Busyro, Irfan Dahlan, Siti Aisyah, Siti Zaharah.

Daun.id

KH A Dahlan / Sumber: Youtube Askamza Channel

Gagasan pendirian Muhammadiyah oleh Ahmad Dahlan ini juga mendapatkan resistensi, baik dari keluarga maupun dari masyarakat sekitarnya. Berbagai fitnahan, tuduhan dan hasutan datang bertubi-tubi kepadanya.

Kiai A Dahlan dituduh hendak mendirikan agama baru yang menyalahi agama Islam. Ada yang menuduhnya kiai palsu, karena sudah meniru-niru bangsa Belanda yang Kristen, mengajar di sekolah Belanda, serta bergaul dengan tokoh-tokoh Budi Utomo yang kebanyakan dari golongan priyayi, dan bermacam-macam tuduhan lain.

2. Dari Muhammad Darwis menjadi Ahmad Dahlan

Ya, ulama tersohor ini lahir dengan nama asli Muhammad Darwis. Namun seperti diketahui jika akhirnya namanya berubah menjadi Ahmad Dahlan.

Tentu saja ada sejarah dan seperti apa awal mula perubahan nama dari Muhammad Darwis menjadi Ahmad Dahlan.

Daun.id

KH. A Dahlan/ Sumber: wikped

Dalam catatan Adi Nugraha "Kiai Haji Ahmad Dahlan" yang ditulis pada tahun 2009, nama Ahmad Dahlan diberikan oleh gurunya Sayyid Bakri Syatha ketika dirinya sedang berada di Makkah sebelum pulang kembali ke Tanah Air, di mana nama itulah yang melekat padanya hingga akhir hayat.

3. KH Ahmad Dahlan Melelang Barang-barang Pribadinya guna Membayar Gaji Guru

Di balik perjuangannya dalam membentuk dan membesarkan Muhammdiyah sebagai organisasi pendidikan. Ada sebuah kisah unik yang selama ini jarang terungkap.

Kejadian ini dituturkan oleh Drs. Sukriyanto AR. M.Hum. dalam majalah Suara Muhammadiyah No. 13/98/1-15 Juni 2013.

Kisah ini terjadi sekitar tahun 1921 an. Diceritakan, di suatu siang yang terik, KH A Dahlan tiba-tiba memukul kentongan mengundang penduduk Kauman, Yogyakarta datang ke rumahnya. Penduduk Kauman pun lekas berduyun-duyun ke rumahnya.

Daun.id

KH. A Dahlan / Sumber: suaramuhammadiyah.id

Setelah banyak orang berkumpul di rumahnya, KH A Dahlan berpidato yang isinya menyatakan bahwa kas Muhammadiyah kosong. Sementara guru-guru Muhammadiyah belum digaji. Muhammadiyah memerlukan uang kira-kira 500 gulden untuk menggaji guru, karyawan dan membiayai sekolah Muhammadiyah.

Sebab itulah, KH A Dahlan melelang seluruh barang-barang yang ada di rumahnya. Pakaian, almari, meja kursi, tempat-tempat tidur, jam dinding, jam berdiri, lampu-lampu dan lain-lain. Ringkasnya KHA Dahlan melelang semua barang-barang miliknya itu dan uang hasil lelang itu seluruhnya akan dipakai untuk membiayai sekolah Muhammadiyah, khususnya untuk menggaji guru dan karyawan.

4. Barang yang Dilelang Tak Dibawa Pulang

Setelah mendengar penjelasan KHA Dahlan, warga Kauman yang berkumpul pun terheran-heran. Murid-murid KH A Dahlan yang ikut pada pengajian Thaharatul Qulub sama terharu melihat semangat pengorbanan KHA Dahlan, dan mereka saling berpandangan satu sama lain, berbisik-bisik satu sama lain.

Singkat cerita, penduduk Kauman itu khususnya para juragan yang menjadi anggota kelompok pengajian Tharatul Qulub itu, kemudian berebut membeli barang-barang KHA Dahlan.

Ada yang membeli jasnya, ada yang membeli sarungnya, ada yang membeli jamnya, almari, meja kursi dsb. Dalam waktu singkat semua barang milik KHA Dahlan itu habis terlelang dan terkumpul uang lebih dari 4.000 gulden.

Daun.id

KH. Ahmad Dahlan/ Sumber: suaramuhammadiyah.id

Anehnya setelah selesai lelangan itu tidak ada seorang pun yang membawa arang-barang KHA Dahlan. Mereka lalu sama pamit mau pulang.

(abdul mufid/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya