Fakta Unik Singkawang Dihuni Mayoritas Tionghoa Jadi Kota Toleransi Peringkat Pertama

"Kota Seribu Kelenteng"

Life | 28 January 2023, 14:01
Fakta Unik Singkawang Dihuni Mayoritas Tionghoa Jadi Kota Toleransi Peringkat Pertama

Kota Singkawang yang terletak di provinsi Kalimantan Barat dan berjarak 145 km di sebelah utara dari kota Pontianak. Kota Singkawang sendiri berasal dari keberadaan orang Tionghoa pada masa lalu.

Arti kata Singkawang berasal dari lata San Kew Jong yang berarti kota yang terletak di antara laut, gunung, sungai dan muara. Sebab Kota Singkawang sendiri letaknya berada di perbatasan langsung dengan Laut Natuna yang berada di bagian barat dan juga berbatasan langsung dengan Gunung Roban, Raya, Pasi, Sakok dan Gunung Poteng.

Penghargaan kota paling toleran

Daun.id

Sumber: Facebook Jemmy Nainggolan

Kota Singkawang merupakan kota yang paling toleran se-Indonesia pada tahun 2021 seperti yang dilansir dari Setara Institue. Kota ini memiliki kerukunan antar umat beragama yang sangat tinggi. Meski penduduknya mayoritas Tionghoa namun di kota ini hidup berdampingan. Kota Singkawang juga biasa disebut Tidayu yang merupakan singkatan dari Tionghoa, Dayak, dan Melayu.

Keberadaan Vihara dan Masjid yang bersebrangan

Bukti toleransi yang tinggi di Kota Singkawang yakni adanya Vihara Tri Dharma Bumi Raya atau yang lebih dikenal sebagai Pekong Toa yang letaknya bersebrangan dengan Masjid Raya tertua dan terbesar di Kota Singkawang yang berdiri sejak tahun 1885.

Dijuluki kota seribu kelenteng

Daun.id

Sumber: @kota_singkawang

Tak hanya tolernasi antar umat beragama yang mebuat Kota Singkawang menarik perhatian, namun juga adanya kelenteng atau tempat ibadah bagi penganut kepercayaan tradisional Tionghoa. Wisatawan yang datang ke Kota Singkawang akan dengan mudah menemui kelenteng di berbagai sudut jalan, sehingga Kota Singkawang juga disebut sebagai Kota Seribu Kelenteng.

Toleransi antar umat beragama

Daun.id

Sumber: Facebook Sekundus Galiga

Kota Singkawang dikenal sebagai kota yang memiliki rasa toleransi tinggi antarumat beragama. Bukti toleransi antarumat beragama yakni seperti saat masyarakat kota Singkawang yang mayoritas Tionghoa mengadakan acara besar speerti Cap Go Meh juga dihadiri oleh masyarakat yang bergama lainnya, hal serupa juga terjadi saat Hari Lebaran agama Islam, masyarakat yang menganut agama lainnya juga turut memeriahkan.

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya