Cerita Mistis Gunung Slamet, Ada Monyet Sebesar Manusia di Samarantu

"Adakah monyet yang memiliki tubuh sebesar manusia?"

Life | 30 January 2023, 09:25
Cerita Mistis Gunung Slamet, Ada Monyet Sebesar Manusia di Samarantu

Indonesia terdapat ragam gunung yang memiliki keindahan alamnya masing-masing. Tentunya selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pedaki. Tak hanya itu, gunung di Indonesia juga kental dengan beberapa cerita mistis yang menjadi buah bibir.

Hampir setiap gunung selalu ada cerita mistisnya masing-masing. Mulai dari kerajaan gaib, dan makhluk tak kasat mata. Seperti halnya Gunung Slamet, salah satu gunung yang terletak di wilayah Jawa Tengah. Selain itu juga termasuk gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Menurut beberapa cerita gunung ini juga menyimpan cerita mistis. Terdapat beberapa jalur pendakian yang bisa dilalui untuk dapat sampai ke puncak. Setiap jalur, tersedia pos yang digunakan untuk tempat istirahat bagi para pendaki.

Saat berada di Gunung Slamet ada salah satu pos yang dikenal angker. Letaknya berada di pos empat atau yang dikenal dengan nama Samarantu. Ketika berada di pos ini, konon ada beberapa pantangan tak tertulis. Ada rombongan pendaki yang pernah mengalami kejadian ganjil di pos ini.

Cerita Mistis Gunung Slamet

Daun.id

Sumber; @svan_jpg

Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini, konon terdapat makhluk gaib sebangsa binatang namun memiliki tubuh yang lebih besar. Kejadian ini pernah diceritakan salah seorang pendaki, pernah mengalami melihat penampakan di sekitar pos Samarantu.

1. Cerita mistis di balik nama Samarantu

Jalur pendakian Gunung Slamet terdapat pos 4 yang dijuluki Samarantu. Konon, menurut cerita yang berkembang, Samarantu memiliki makna samar dan hantu. Makna harfiahnya ialah hantu tersamar atau tidak terlihat jelas.

Saat berada di pos ini terdapat larangan tak tertulis. Konon, saat berada di sekitarnya dilarang mendirikan sebuah tenda. Dan disarankan mendirikan tenda di pos selanjutnya. Pos Samarantu ini ditandai dengan adanya dua pohon besar yang konon menjadi pintu gerbang dunia gaib.

2. Makhluk penghuni pos Samarantu

Berbagai sumber menyebutkan, bahwa pos Samarantu memiliki cerita mistis. Banyak kejadian janggal menyelimuti tempat ini. Konon terdapat makhluk perempuan yang berasal dari bangsa gaib. Disisi lain juga menyebut, di pos ini layaknya sebuah perkampungan yang ramai.

Pengalaman pendaki lain juga tak kalah mistisnya. Pasalnya ada yang mengalami kejadian aneh, konon setelah melakukan perjalanan ternyata hanya berputar saja di lokasi tersebut. Konon, agar dapat melakukan pendakian dengan lancar, saat melintasi kawasan tersebut dianjurkan mengucapkan salam.

3. Konon ada monyet sebesar manusia

Daun.id

sumber; pixabay.com

Rumor lain juga beredar tentang makhluk penunggu pos Samarantu. Kejadian ini dialami oleh salah seorang pendaki pada tahun 2022. Padahal kala itu, masih sore. Dikutip dari kumparan.com, berikut ceritanya;

"Seperti pengalamanku sendiri saat mendaki gunung Slamet bersama teman-temanku pada 07 November 2022. Pada saat itu, waktu menunjukkan pukul 15.30 kami melihat sosok monyet besar yang ukurannya hampir lebih besar dari orang dewasa, kami bertiga pada saat itu melihatnya sangat jelas."

"Jika benar itu monyet, ukurannya tidak mungkin sebesar itu," ujar Alan, teman pendakianku. Tidak hanya itu, kami juga mencium aroma-aroma bunga Kamboja padahal saat itu tidak ada pohon Kamboja di sekitar kami.

Makhluk yang dijumpai oleh pendaki ini masih samar-samar, antara monyet atau makhluk lainnya. Jika monyet tapi kok sebesar manusia? Itulah cerita mistis Gunung Slamet yang terjadi di pos Samarantu.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 23 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya