13 Obat Sakit Gigi dan Sariawan, Ketahui Penyebab dan Gejalanya

"Obati sakit gigi dan sariawan dengan mudah."

Life | 31 January 2023, 18:25
13 Obat Sakit Gigi dan Sariawan, Ketahui Penyebab dan Gejalanya

Saat terkena sakit gigi dan sariawan rasanya tidak enak dan membuat kita susah makan dan bicara. Tidak hanya menjadi sulit mengunyah, tetapi juga terasa sakit, perih, dan nyeri. Dengan begitu, kamu harus lekas menyembuhkan kedua penyakit tersebut. Gejala yang terjadi biasanya, mulut atau gigi terasa ngilu, sakit hingga perih.

Dikutip dari Health Line, sakit gigi setiap orang terjadi akibat faktor yang berbeda. Adapun beberapa penyebab yang sering menjadi faktor terjadinya sakit gigi, antara lain:

- Sakit gusi.
- Karies gigi
- Gigi sensitif.
- Tumbuh gigi bungsu.
- Kebiasaan mengertakkan gigi.
- Gigi berlubang, dan lainnya.

Dilansir dari Cleveland Clinic, adapun penyebab dari sariawan bisa terjadi akibat, gesekan benda keras pada bagian didalam mulut, seng, asam folat, kurang vitamin B-12, tergigit atau terkena behel makanan yang terlalu asam penyakit yang melemahkan daya tahan tubuh, dan zat besi. Nah, bagi kamu yang hendak mengatasi sariawan dan sakit gigi dapat mencoba beberapa obat berikut:

1. Cengkih
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cengkih adalah salah satu obat herbal guna mengatasi sakit gigi. Kamu mampu mengonsumsinya sebagai obat sakit gigi, karena didalamnya memiliki kandungan eugenol. Mengutip dari Medical News Today, eugenol bisa mengurangi rasa sakit dan inflamasi akibat sakit gigi dengan bermanfaat sebagai analgesik. Kamu bisa menumbuk cengkih dan mencampurnya dengan air sampai menjadi pasta. Aplikasikan pasta cengkih di gigi yang sakit.

2. Es batu

Dalam beberapa hari, sariawan di daerah mulut dapat membesar dan terasa sakit. Supaya sariawan lekas kempis dan sembuh, kamu dapat mengompres lidah menggunakan es batu yang dibalut kain lembut.

Rasa sejuk dari es batu dapat menjadi obat sariawan alami sebab bisa mengurangi rasa nyeri. Apabila sulit, kulum es batu di bagian lidah yang ada sariawan hingga mencair pada mulut.

3. Kompres dengan air dingin

Obat sakit gigi berikutnya ialah mengkompres dengan air dingin. Melansir dari Medical News Today, balut es dengan handuk dan letakkan di gigi yang sakit. Kompres itu mampu menjadikan pembuluh darah mengencang, maka rasa sakit bisa berkurang. Kamu dapat mencoba cara itu sekitar 15 sampai 20 menit sebelum tidur.

4. Daun jambu biji

Pada sebuah penelitian menerangkan bahwa daun jambu biji memiliki sifat anti radang yang dapat menyembuhkan luka. Tidak hanya itu, daun jambu biji juga punya sifat antimikroba yang dapat melindungi kesehatan gigi dan mulutmu. Menyembuhkan sakit gigi dengan daun jambu biji begitu mudah. Kamu bisa secara langsung mengunyah daun jambu biji segar.

Akan tetapi, kamu perlu mencuci bersih daun jambu biji sebelum menguyahnya. Apabila kamu tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, bisa dengan menambahkan daun jambu biji yang sudah dihancurkan ke dalam air yang mendidih. Terakhir, kamu bisa memakai larutan itu sebagai obat kumur.

5. Kelapa
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Kelapa dipercaya ampuh menjadi penyembuh sariawan alami pada daerah lidah atau bibir. Kelapa berperan mengurangi peradangan luka kian buruk dan juga mencegah rasa sakit yang muncul karena sariawan.

Kemudian, khasiat lain dari kelapa yang dipercaya bisa memberikan kesejukkan suhu tubuh. Dalam pada beberapa kasus, panas dalam dipercaya sebagai salah satu faktor munculnya sariawan.

6. Bawang merah

Bawang merah dapat menjadi obat sakit gigi. Kamu cukup memotong bawang merah menjadi dua bagian, kemudian gigit pada gigi yang sakit. Upayakan supaya air dari bawang merah dapat masuk ke gigi yang sakit.

7. Kantong teh bekas

Cara mengatasi sariawan selanjutnya adalah kompres dengan kantong teh bekas. Kantong teh yang memiliki sifat basa bisa menetralisir daerah mulut yang asam agar tidak memperburuk rasa sakit sebab sariawan itu.

Bukan itu saja, daun teh juga ampuh mengatasi infeksi dan peradangan yang memicu sariawan. Berdasarkan American Academy of Periodontology kandungan dalam teh bisa meningkatkan kesehatan gusi dan mencegah risiko penyakit gusi (periodontitis).

8. Kumur dengan air garam

Mengutip dari emedicinehealth, sebagai cara alami mengatasi sakit gigi, yaitu dengan berkumur memakai air garam. Kumur dengan air garam biasa dilakukan dan direkomendasikan terhadap orang yang sedang sakit gigi. Garam mempunyai sifat yang dapat menyerap air, sehingga efektif menyerap bakteri di mulut.

9. Yoghurt

Yogurt dipercaya mempunyai terdapat probiotik alami. Probiotik ini dapat melawan pertumbuhan jamur dan mencegah peradangan sariawan. Kamu dapat rutin memakan yoghurt sebagai pendorong mempercepat pengobatan sariawan.

Dalam yoghurt juga terdapat bakteri Lactobacillus. Bakteri ini dapat meluas di dalam tubuh dan menambah kekebalan tubuh. Hal ini membuat penyembuhan sariawan lebih aman dan cepat.

10. Bawang putih
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Obat sakit gigi berikutnya ialah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih mempuyai manfaat sebagai antiradang dan antibakteri.

Kamu dapat menghaluskan satu siung bawang putih, kemudian aplikasikan di bagian gigi yang sakit. Apabila merasa kesulitan kamu dapat mengunyahnya secara langsung.

11. Pakai echinacea

Echinacea ialah tanaman yang akar atau daunnya bisa dipakai untuk pengobatan. Sebagai obat herbal, kamu juga dapat memakainya untuk pengobatan terhadap sariawan.

Alasannya, disebabkan echinacea memiliki sifat antioksidan, antiperadangan, dan bisa membuat kekebalan tubuh. Kamu dapat menggunakan echinacea, caranya seduh seperti teh. Cara ini bermanfaat sebagai langkah pencegahan dan penyembuhan luka sebab sariawan.

12. Jahe

Bahan yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Jahe bisa sebagai cara menyembuhkan sakit gigi. Didalamnya memiliki kandungan antibiotik, sehingga bisa melawan kuman penyebab sakit gigi. Ambil satu buah jahe segar dan cuci sampai bersih. Lalu tumbuk jahe, kemudian tabur pada gigi yang sakit, diamkan sampai rasa sakitnya hilang

13. Menjauhi makanan pedas dan asam

Makanan pedas atau asam bisa memperburuk peradangan dan membuat rusaknya permukaan jaringan lunak tubuh. Oleh sebab itu, kurangi dulu porsi makanan yang cukup pedas atau asam selama kamu mengalami sariawan.

Dalam mencegah sariawan secara alami, pilih makanan yang menggunakan sayuran hijau yang terasa netral atau manis, air kelapa, susu, dan teh. Pilihan makanan dan minuman itu tidak bersifat asam, maka cukup aman untuk sariawan.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya