Biji Selasih Obat Radang Tenggorokan, Ketahui Kandungan dan Cara Membuatnya

"Radang tenggorokan dapat hilang dengan biji selasih."

Life | 01 February 2023, 07:50
Biji Selasih Obat Radang Tenggorokan, Ketahui Kandungan dan Cara Membuatnya

Saat Radang Tenggorokan menyerang, tentu yang merasakan ingin segera lekas membaik dan mencari obat yang membantu untuk mengurangi rasa Sakit Tenggorokan tersebut. Mulai dari obat-obatan yang ada di apotek. Hingga langsung melakukan rujukan ke dokter.

Tapi tenang, banyak alternatif bila tidak ingin melakukan solusi di atas. Yaitu dengan bahan Alami. Salah satunya adalah Biji Selasih yang dipercaya memiliki khasiat untuk membantu mengurangi rasa nyeri akibat dari peradangan yang terjadi di Tenggorokan.

Biji selasih merupakan pelengkap minuman cukup populer yang biasanya disajikan di berbagai jenis minuman. Namun tak hanya minuman saja, biji selasih juga sering dicampur pada pelengkap agar-agar atau puding. Selain menjadi pelengkap dari minuman atau agar-agar, ternyata manfaat biji selasih ada banyak loh untuk tubuh. Dari untuk kesehatan yang cukup serius hingga manfaat untuk kecantikan.

Tidak heran bila saat ini manfaat selasih sudah banyak digunakan orang-orang untuk menutrisi tubuh dari berbagai macam penyakit. Bila ingin tahu lebih jauh tentang manfaat Biji Selasih ini, Simak selengkapnya ada di bawah ini:

1. Obat Flu
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Biji selasih bisa menjadi obat flu yang baik. Flu memang menjadi salah satu penyakit ringan, namun sangat mengganggu aktivitas kalian. Selain istirahat yang cukup, dan mengonsumsi obat, kalian juga bisa kok menggunakan manfaat biji selasih untuk kesehatan tubuh.

Itu karena di dalam biji selasih terkandung antioksidan flavonoid berupa vicenin dan beta karoten yang berfungsi untuk daya tahan tubuh. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mematikan berbagai jenis bakteri dan virus penyebab penyakit. Seperti flu, batuk, dan juga sakit tenggorokan.

Tak hanya itu saja, biji selasih juga memiliki kandungan coolant yang juga dapat menyembuhkan penyakit panas dalam. Itulah mengapa biji selasih selalu berada dalam minuman dingin, agar dapat mencegah panas dalam di dalam tubuh akibat cuaca yang panas.

2. Kesehatan Tulang

Manfaat biji selasih selanjutnya yaitu dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tulang. Tulang memang menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk selalu diberikan nutrisi. Hal ini untuk membuat tulang tumbuh menjadi kuat dan tidak mudah keropos. Dan selain susu, kalian juga bisa kok menggunakan manfaat biji selasih untuk memberikan kekuatan pada tulang.

Itu karena dalam biji selasih terdapat banyak kandungan mineral seperti, zat besi, kalium, tembaga, kalsium, yang bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang. Sehingga mengonsumsi biji selasih sangat baik untuk anak-anak hingga lansia, karena selasih dapat memberikan kepadatan tulang agar tidak mudah terkena penyakit tulang seperti osteoporosis.

3. Mengontrol Lambung

Karena memiliki kandungan coolant, membuat biji selasih bukan hanya dapat meredakan panas dalam, namun juga dapat meredakan asam lambung di dalam tubuh. Naiknya asam lambung membuat perut menjadi panas, dan akan sangat berbahaya bila kita juga mengonsumsi sesuatu yang panas seperti masakan pedas atau berminyak.

Jadi untuk mengatasi hal tersebut kalian harus menggunakan sesuatu yang dingin seperti biji selasih. Manfaat biji selasih nyatanya dapat memberikan rasa sejuk dan meredakan asam lambung pada tubuh. Itulah mengapa biji selasih menjadi cara ampuh untuk meredakan asam lambung.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Tak hanya itu saja, nyatanya manfaat biji selasih juga dapat menjaga kesehatan mata loh KLovers. Yup! Biji selasih mengandung vitamin A dalam jumlah yang besar layaknya wortel. Sehingga saat kalian ingin memiliki mata yang sehat, maka kalian dapat menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi biji selasih.

Hal tersebut karena vitamin A pada biji selasih mempunyai peran sebagai antioksidan kuat di retina, dan mencegah perkembangan katarak serta memperlambat timbulnya degenerasi makula.

5. Meredakan Stres
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Stres memang dapat dialami oleh siapa saja, dan dengan alasan yang berbeda-beda. Stres sendiri harus ditangani dengan baik, karena bila dibiarkan begitu saja akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dan ada banyak sekali cara meredakan stres dengan alami, salah satunya mengonsumsi biji selasih.

Hal ini karena kandungan antioksidan di dalam biji selasih yang signifikan, sehingga dapat meningkatkan suasana hati atau mood kalian. Kalian bisa mencampurkan biji selasih dalam segelas air untuk membantu meredakan stres dan rasa cemas yang berlebih.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat biji selasih yang lainnya yaitu, dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh memang sangat penting untuk ditingkatkan. Itu karena daya tahan tubuh yang meningkat akan memperkuat tubuh dan menjauhkan dari berbagai jenis penyakit yang diakibatkan oleh bakteri hingga virus.

Hal ini karena dalam biji selasih terdapat kandungan antioksidan berupa polifenol yang dapat menguatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Jadi bila kalian ingin meningkatkan sistem imunitas tubuh, maka konsumsilah biji selasih secara rutin agar mendapatkan hasilnya.

7. Memperlancar Sistem Pencernaan

Bila kalian memiliki sistem pencernaan yang buruk, maka mengonsumsi biji selasih adalah solusinya. Dalam biji selasih terdapat kandungan serat prebiotik yang memiliki fungsi untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus. Bakteri-bakteri ini membantu dalam proses pencernaan serta mencegah penyakit pada saluran cerna akibat bakteri jahat.

Selain itu bagi wanita, biji selasih dapat berfungsi memberikan rasa kenyang yang lebih lama karena produksi hormon yang meningkat. Dan juga biji selasih dapat menjaga sistem pencernaan tetap baik, serta mengendalikan nafsu makan sehingga sangat baik untuk kalian yang ingin menjalankan program diet.

(alvain shinta/al)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya