Fakta Yanisari, Pasukan Elit Turki Ustmani yang Bikin Eropa Gemetar

"Pasukan elit namun memberontak"

Life | 01 February 2023, 14:05
Fakta Yanisari, Pasukan Elit Turki Ustmani yang Bikin Eropa Gemetar

Kesultanan Turki Utsmani memiliki pasukan tempur yang elit yakni bernama Yanisari atau Janissary. Pasukan ini sukses membuat pasukan tentara modern pertama di Eropa gemetar.

Yanisari merupakan pasukan elit yang membentuk pasukan Sultan Utsmani, tentara permanen, dan pengawal modern pertama di Eropa. Nama Yanisari diberikan oleh seorang ulama bernama Haji Baktasy yang hidup pada masa kesultanan Orkhan.

Kesultanan Turki Utsmani adalah satu dinasti yang paling disegani di dunia. Kerajaan Islam ini bahkan sempat mampu menguasai hampir sepertiga dunia dengan kekuasaannya.

Dibentuk dari pasukan mujahid

Daun.id

Sumber: Facebook Sejarah

Pasukan Yanisari dibentuk dari pasukan para mujahid dan juga para pemimpn serta komandan dari Romawi yang sudah masuk Islam. Pasukan ini didirikan demi kesiap siagaan dalam menghadapi medan perang dan demi perdamaian pada abad ke-14 atau pada masa kesultanan Orkhan bin Utsman anak dari Sultan Edulgurk. Tak hanya itu, pasukan Yanisari didirikan juga sebagai pengawal sutan Ustmaniyah.

Sekelompok elit budak

Keberadaan Yanisari dimulai saat emnjadi sekelompok elit budak yang pada saat itu terdiri dari anak-anak lelaki Kristen yang telah diambil oleh kesultanan. Hal tersebut bertujuan untuk anak-anak lelaki Kristen tersebut diberikan kehidupan yang lebih layak dan masuk Islam.

Boleh menikah dan terlibat dalam perdagangan

Daun.id

Sumber: Facebook Johanes Christiono

Berbeda dari budak pada umumnya, budak yang bergabung pada Yanisari ini tetap dibayar secara teratur dan diperbolehkan untuk menikah dan terlibat dalam perdagangan. Namun terlepas dari kelebihan tersebut, budak yang tergabung dalam Yanisari diharuskan memiliki loyalitas dan patuh kepada sultan.

Pelonggaran aturan

Pada abad ke-18, pasukan Yanisari yang merupakan pasukan elit tersebut aturannya mulai dilonggarkan. Penerimaan anggota asli pada saat itu mulai ditinggalkan dan mengubahnya dengan jalus khusus untuk barisan umat Muslim Turki.

Dengan penerimaan anggota tersebut membuat jumlah pasukan khusus kekaisaran Turki Utsmani bertambah, dan pada tahun 1574 jumlah tentara elit Yanisari berjumlah 20.000 orang. Dengan tambahan anggota dari umat Muslim Turki jumlah keseluruhan tentara elit Yanisari mencapai 135.000 orang. Jumlah yang begitu besar membuat tentara Yanisari menjadi kekuatan militer Turki Utsmani yang sangat kuat dan ditakuti.

Pembubaran pasukan Yanisari

Daun.id

Sumber: Facebook Forum Bincang Sejarah

Dengan bertambahnya pasukan membuat pertambahan alat persenjataan dan segala pembaruan, namun hal tersebut berbanding terbalik dengan kekayaan kaisar Turki Utsmani. Pemerintahan Turki Utsmani tidak bisa menuruti keinginan pasukan Yanisari.

Akibatnya pasukan Yanisari menempuh jalan yang berbeda yakni lewat perdagangan bersama masyarakat sipil. Namun tindakannya dinilai arogan yang tidak setia dengan pemerintahan Turki Utsmani.

Pada tahun 1826, pasukan Yanisari melakukan pemberontakan besar-besaran kepada pemerintahan Turki Utsmani. Sultan Mahmud II segera membubarkan pasukan eit tersebut dan sekitar 6.000 pasukan Yanisari dieksekusi.

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya