Kisah Muhammad Hariri, Waliyullah yang Jantungnya Dititipkan Kepada Rasulullah SAW

"Kisah Syekh Muhammad Hariri adalah kisah yang keramat, yang mana ia dapat hidup tanpa jantung."

Life | 02 February 2023, 16:10
Kisah Muhammad Hariri, Waliyullah yang Jantungnya Dititipkan Kepada Rasulullah SAW

Dalam suatu hadist, Rasulullah SAW pernah berkata, bahwa tempat seseorang di akhirat kelak, bergantung dengan siapa yang dicintainya di dunia. Rasulullah SAW bersabda:

حَدَّثَنَا عَبْدَانُ أَخْبَرَنَا أَبِي عَنْ شُعْبَةَ عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَتَى السَّاعَةُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَا أَعْدَدْتَ لَهَا قَالَ مَا أَعْدَدْتُ لَهَا مِنْ كَثِيرِ صَلَاةٍ وَلَا صَوْمٍ وَلَا صَدَقَةٍ وَلَكِنِّي أُحِبُّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ قَالَ أَنْتَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami ['Abdan] telah mengabarkan kepada kami [Ayahku] dari [Syu'bah] dari ['Amru bin Murrah] dari [Salim bin Abu Al Ja'd] dari [Anas bin Malik] bahwa seorang laki-laki bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam; "Kapankah hari Kiamat terjadi wahai Rasulullah?" beliau menjawab: "Apa yang telah kau persiapkan untuknya?" laki-laki itu menjawab; "Aku belum mempersiapkan banyak, baik itu sholat, puasa ataupun sedekah, namun aku hanya mencintai Allah dan Rasul-Nya." Beliau bersabda: "Kamu akan bersama dengan orang yang kamu cintai." (HR. Bukhari).
Daun.id

istimewa

Kisah Cinta Waliyullah yang Hidup Tanpa Jantung

Kisah cinta kepada Rasulullah SAW, dapat kita contoh dari Syekh Muhammad Hariri. Syekh Muhammad Hariri adalah ulama besar yang amat cinta dengan Baginda Rasulullah SAW. Sebagai bentuk kecintaan kepada Rasulullah SAW, Syekh Muhammad Hariri senang sekali dengan pakaian yang serba hijau. Selain cinta kepada Rasulullah SAW, Ia juga merupakan murid kesayangan dari Al-Habib Muhammad Al-Haddar, yaitu mertua dari Al-Habib Umar bin Hafidz.

Daun.id

istimewa

Kisah paling paling keramat dan populer dari Syekh Muhammad Hariri adalah, Ia dapat hidup di dunia tanpa jantung. Pada suatu saat Syekh Muhammad Hariri melakukan X-ray (foto rontegen) pada dirinya. Melihat hasil X-ray, sang dokter terkejut karena melihat cetak foto rontegen pada bagian dada karena tidak memiliki organ jantung.

Sang dokter yang keheranan bertanya, "engkau ini manusia atau bukan?"

Syekh Muhammad Hariri balik bertanya pada dokter, "kenapa engkau bertanya seperti itu?"

Dokter itu mengatakan, "kenapa engkau bisa hidup tanpa jantung? Dimana jantung mu?"

Syekh Muhammad Hariri pun tersenyum dan berkata, "maaf, jantungku kutitipkan pada kekasihku di Madinah, Sayyidina Muhammad."

Kisah Syekh Muhammad Hariri dan Habib Umar bin Hafiz

Syeikh Muhammad Hariri merupakan waliyullah orang yang sangat cinta kepada Rasulullah SAW, dan ia juga dikenal sebagai ulama yang alim. Sebagai bentuk kecintaan kepada Rasulullah SAW, Syekh Muhammad Hariri menjadi hobi mengenakan pakaian serba warna hijau. Bahkah Syekh Muhammad Hariri mampu bertemu dan melihat Rasulullah SAW dengan mudah.

Namun pada suatu waktu, ketika Syekh Muhammad Hariri masuk ke Tarim, beliau tidak bisa melihat Rasulullah SAW. Namun ketika Syekh Muhammad Hariri keluar dari Tarim, beliau akhirnya dapat berjumpa dengan Rasulullah di dalam mimpinya, lantas Ia menanyakan rasa gelisahnya itu kepada Rasulullah SAW. "Mengapa ia tidak dapat melihat Rasul ketika di berada di Tarim?"

Rasulullah SAW menjawab, "kalau engkau sudah sampai di Tarim, cukup sudah engkau melihat aku lewat Umar (yaitu Al Habib Umar bin Hafidz)."

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya