Obat Tradisional Radang Tenggorokan yang Aman untuk Ibu Hamil, Bisa Dicoba Sendiri

"Tidak perlu risau jika terkena Radang Tenggorokan."

Life | 03 February 2023, 08:09
Obat Tradisional Radang Tenggorokan yang Aman untuk Ibu Hamil, Bisa Dicoba Sendiri

Obat tradisional itu merupakan pengobatan yang dilakukan berdasarkan pada pengalaman dan pengetahuan turun-temurun mengenai pengobatan tanpa bantuan teknologi modern. Biasanya, obat tradisional terdiri dari bahan-bahan alami seperti dari tumbuh-tumbuhan, tanaman, serta bisa juga dari bahan mineral yang diperoleh dari alam.

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari obat tradisional ini adalah untuk mengobati peradangan yang terjadi di tenggorokan. Radang tenggorokan itu infeksi atau peradangan yang terjadi pada tenggorokan. Gejalanya meliputi mulai dari sakit tenggorokan itu sendiri, sakit ketika menelan, serta suara yang menjadi serak. Penyebabnya meliputi virus, bakteri, atau alergi. Beberapa cara mengatasi radang tenggorokan antara lain: mengonsumsi air hangat, mengurangi rokok dan alkohol, menghirup uap air, dan minum obat pereda sakit tenggorokan. Jika gejalanya parah, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Hal ini juga bisa dialami oleh Ibu-ibu yang tengah mengandung. Untuk ibu hamil sendiri, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum menggunakan obat tradisional apapun untuk mengatasi radang tenggorokan. Karena meski tradisional tetap pengaruhnya berbeda dalam mengonsumsi suatu obat.

Beberapa obat tradisional yang dianggap aman untuk ibu hamil meliputi:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

1. Air hangat dengan madu dan lemon
2. Teh herbal seperti teh peppermint atau teh basil
3. Inhalasi uap air hangat dengan eukaliptus atau mint
4. Sirup gula merah atau propolis

Namun, tetap pastikan berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa obat tradisional tersebut aman untuk kondisi kesehatan ibu hamil tertentu.

Juga sudah melakukan beberapa hal seperti meminum obat di atas. Juga bisa melakukan langkah-langkah berikut. Simak di bawah ini untuk lebih lengkapnya:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

- Perbanyak Minum Air
Ibu hamil memang harus memastikan untuk minum banyak air, teh hangat, dan jus untuk menjaga kesegaran tenggorokan.

- Menghirup Uap Air
Ibu hamil bisa menghirup uap air hangat dari air panas untuk membantu mengurangi gejala radang tenggorokan. Sensasi hangatnya bisa untuk merilekskan tubuh.

- Menghindari Asap dari Rokok
Tak hanya menghindari asap rokok, juga harus menjauhi kegiatan merokok karena bisa memperburuk radang tenggorokan. Juga tentunya mengganggu kesehatan janin.

- Istirahat
Istirahat yang cukup dan berbaring dengan kepala lebih tinggi dari tubuh untuk membantu mengurangi gejala radang tenggorokan. Dan posisi tersebut sangat membuat Ibu Hamil begitu rileks.

(alvain shinta/al)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya