5 Ciri-ciri Overdosis Obat Sakit Gigi, Kenali Tandanya yang Perlu Diwaspadai

"Kenali ciri-ciri overdosis agar lekas ditangani."

Life | 03 February 2023, 17:01
5 Ciri-ciri Overdosis Obat Sakit Gigi, Kenali Tandanya yang Perlu Diwaspadai

Overdosis obat sakit gigi bisa terjadi apabila seseorang secara tidak sengaja atau disengaja mengonsumsi dosis yang terlalu tinggi dari obat sakit gigi. Tentu saja, hal ini dapat menimbulkan efek yang buruk hingga membahayakan keselamatan seseorang. Kasus overdosis mungkin tidak hanya terjadi saat konsumsi obat sakit gigi, maka kamu perlu waspada.

Saat mengonsumsi obat tersebut, pastikan kamu mengikuti dosis yang dianjurkan supaya tidak mengalami overdosis. Umumnya, obat yang bisa mengakibatkan terjadinya overdosis ialah berupa obat resep, obat-obatan ilegal, nonresep (bebas beli di apotek), sampai beberapa obat herbal. Berikut ini beberapa kategori obat yang dapat menimbulkan overdosis, yakni:

- Alkohol.
- Benzodiazepin, misalnya diazepam atau temazepam.
- Stimulan, metamfetamin atau kokain juga termasuk.
- Opioid, juga termasuk fentanil, heroin, dan obat penghilang rasa sakit yang diresepkan.

Ciri-ciri dan gejala overdosis
Daun.id

Sumber: Unsplash

Berikut ialah beberapa ciri-ciri dan gejala yang bisa menandakan terjadinya overdosis obat sakit gigi, yakni:

- Nyeri perut: Nyeri pada perut, muntah, dan mual merupakan pertanda umum dari overdosis obat.
- Kelelahan dan pusing: Kelelahan dan pusing dapat menjadi ciri-ciri bahwa tubuh terkena oleh keracunan obat.
- Sesak napas: Overdosis obat bisa mengakibatkan depresi pernapasan dan sesak napas.
- Gangguan jantung: Overdosis obat bisa memicu terjadinya aritmia, takikardia, dan gangguan terhadap ritme jantung.
- Gangguan kesadaran: Overdosis obat bisa mengakibatkan pingsan, koma, hingga kematian.

Jenis overdosis

Overdosis obat sakit gigi terjadi karena:

1. Overdosis yang tidak sengaja

Keadaan ini dapat dipicu ketika seseorang minum obat sakit gigi yang salah, dengan jumlah yang berlebih, atau di waktu yang salah tanpa memahami bahwa ini begitu membahayakan.

Selain itu, jika obat ini dicampur, dikonsumsi dengan alkohol, atau meminum beberapa obat dengan bersamaan tanpa memahami kandungannya juga dapat meningkatkan risiko terkena overdosis.

Jenis overdosis ini bisa juga terjadi pada seseorang yang memakai obat guna memperoleh efek yang dikehendaki, namun tidak mengetahui dosis atau kandungan obat tersebut.

2. Overdosis yang sengaja

Jika seseorang mengonsumsi dosis obat sakit gigi dengan berlebihan secara disengaja, seperti guna mendapat hasil maksimal, melukai diri sendiri hingga bunuh diri.

Walaupun begitu, mengutip Better Heatlh Channel, adakalanya tidak jelas apakah overdosis terjadi akibat kondisi yang disengaja atau tidak.

Bisa jadi terdapat unsur keduanya dari penderita yang mengalami keadaan itu. Sehingga, penting supaya tidak menghakimi seseorang yang terkena overdosia, namun lebih baik memberi pertolongan.

Apabila kamu atau seseorang yang dikenal mengalami salah satu dari ciri-ciri itu, lekas hubungi layanan darurat medis. Overdosis obat sangat berbahaya dan mampu mengakibatkan terjadinya kerusakan permanen terhadap organ tubuh bahkan kematian yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, selalu ikuti petunjuk pemakaian dan dosis dari obat sakit gigi yang diberikan oleh dokter atau apoteker.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya