Obat Neuralgin untuk Sakit Gigi yang Dikenal Masyarakat

"Ketahui obat Neuralgin guna sembuhkan sakit gigi."

Life | 03 February 2023, 18:10
Obat Neuralgin untuk Sakit Gigi yang Dikenal Masyarakat

Neuralgin merupakan obat pereda rasa sakit yang mengandung kombinsasi dari paracetamol, ibuprofen, dan caffeine yang dapat meringankan nyeri tanpa menyebabkan kantuk. Obat ini masuk dalam kelompok obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) dan dipakai guna meredakan sakit gigi, nyeri, demam, dan peradangan. Neuralgin umumnya bisa ditemukan pada bentuk tablet atau suntikan.

Sebelum memakai Neuralgin, kamu sepatutnya berkonsultasi dengan dokter guna memastikan bahwa obat ini aman untuk dikonsumsi dan memperoleh informasi tepat tentang cara penggunaan dan dosis yang sesuai. Adapun manfaat dari obat Neuralgin menyembuhkan nyeri ringan sampai sedang, seperti halnya:

- Sakit gigi
- Nyeri otot
- Nyeri sendi
- Sakit kepala
- Gangguan saraf ringan
- Nyeri haid (dismenore)

Jenis dan dosis Neuralgin
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun dosis menurut jenis obat ini yang bisa dibedakan ialah seperti berikut:

1. Neuralgin RX

Setiap 1 dus Neuralgin RX dengan 10 strip salut selaput. Menurut informasi pada situs MIMS, 1 tablet obat ini memiliki kandungan tiamin HCl 50 mg, cyanocobalamin 10 mcg, piridoksin HCl 10 mg, methampyrone 500 mg, dan trimethylxanthine 50 mg.

- Dosis dewasa: dikonsumci 3 – 4 kali sehari, 1 – 2 kaplet.
- Dosis anak: dikonsumsi 3 – 4 kali sehari, ½ – 1 kaplet.

Jika ingin menggunakan obat ini perlu sesuai dengan petunjuk dokter dan dikonsumsi usai makan. Bagi kamu yang mempunyai riwayat penyakit leukopenia (rendah sel darah putih), perdarahan saluran pencernaan, dan agranulositosis (kadar granulosit rendah) hindari penggunaan obat itu.

2. Neuralgin Pain

Setiap 1 dus Neuralgin Pain yang berisi 1 tube 30 mg obat topikal. Obat ini mempunyai kandungan eugenol 13,6 mg, menthol 54,4 mg, metil salisilat 102 mg, dan lavender oil 2%.

Penggunaan obat ini cukup dengan aplikasikan tipis-tipis di bagian yang sakit. Hindari pemakaian dari kulit yang luka, dekat mata, atau membran mukosa. Hindari menutup dengan bantalan pemanas karena bisa memicu iritasi dan kerusakan kulit. Kamu perlu hindari pemakaian terhadap anak di bawah usia 2 tahun.

3. Neuralgin Rhema

Setiap 1 dus Neuralgin Rhema isinya 10 blister, dengan 1 blister berisi 10 kaplet salut enterik. Adapun komposisi pada 1 kapletnya ialah tiamin HCL 50mg, piridoksin HCL 10 mg, sianokobalamin 10 mcg, kafein 50 mg, dan lainnya.

- Dosis dewasa: dikonsumsi 3 kali sehari, 1 – 2 kaplet.
- Dosis anak: dikonsumsi 3 kali sehari, ½ kaplet.

Pemakaian obat ini perlu sesuai dengan aturan minum obat dari dokter dan bisa dikonsumsi usai makan. Apabila kamu memiliki riwayat penyakit perdarahan saluran pencernaan, leukopenia, dan agranulositosis jauhi pemakaian obat ini.

Efek samping Neuralgin

Berikut efek samping Neuralgin sebagai obat pereda sakit gigi, yaitu:

- Efek samping ringan terhadap saluran pencernaan, misalnya mual dan muntah.
- Pada beberapa kasus, ibuprofen bisa meningkatkan risiko munculnya Sindrom Stevens-Johnson dan nekrolisis epidermal toksik.
- Efek samping serius bisa berupa diare, ruam kulit, gatal, hematemesis (muntah darah), hematuria (darah dalam urin), penglihatan kabur, dan bengkak.
- Pemakaian dosis tinggi ataupun jangka panjang berpotensi mengakibatkan perdarahan lambung dan kerusakan hati serta ginjal, termasuk gagal ginjal akut.
- Kandungan ibuprofennya bisa meningkatkan risiko hipertensi, infark miokard (serangan jantung), dan stroke, terutama apabila dipalai dengan jangka panjang dan dosis yang lebih tinggi.

Penggunaan Neuralgin harus dihentikan apabila muncul tanda-tanda awal reaksi alergi berikut:

- Pucat
- Ruam
- Gatal
- Demam
- Arthralgia
- Sakit tenggorokan

Harga neuralgin

Berikut rincian dari obat Neuralgin, yakni:

- Neuralgin RX: Rp 1.235/tablet
- Neuralgin Pain: Rp. 35.123/tube
- Neuralgin Rhema: Rp. 1.021/tablet

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 23 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya