Contoh Proposal Penelitian yang Benar, Pahami Urutan Pembuatannya

"Cara mudah buat proposal penelitian."

Life | 10 February 2023, 07:08
Contoh Proposal Penelitian yang Benar, Pahami Urutan Pembuatannya

Ketika akan melakukan sebuah Penelitian, tentunya tak hanya menyiapkan dan menentukan objek yang akan diteliti. Juga salah satunya adalah penting untuk membuat proposalnya terlebih dahulu. Untuk diajukan kepada orang-orang yang berkaitan atau berhubungan dengan orang yang akan mengoreksi Penelitian tersebut. Akankah nanti disetujui atau sebaliknya.

Proposal penelitian merupakan dokumen yang menjelaskan sebuah ide dan rencana penelitian yang hendak dilakukan kedepannya. Umumnya dibuat oleh peneliti atau mahasiswa untuk meminta dukungan finansial, tugas akhir, atau mempresentasikan gagasan penelitian mereka kepada rekan dan pembimbing mereka nantinya. Proposal penelitian biasanya berisi deskripsi singkat dari sebuah permasalahan yang akan diteliti, tujuan dan hipotesis penelitian, metodologi yang akan digunakan, dan jadwal waktu yang direncanakan untuk menyelesaikan penelitian tersebut. Kemudian harus menjelaskan bagaimana hasil penelitian akan membuat sumbangan, khususnya bagi bidang ilmu yang bersangkutan dan bagaimana hasil penelitian yang akan digunakan.

Untuk membuat proposal penelitian, ada beberapa hal yang dipertimbangkan dan dilakukan, seperti hal-hal di bawah ini:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

- Pemilihan topik: Pertama, pastikan bahwa topik penelitianmu merupakan masalah yang penting dan bernilai untuk dikaji. Carilah sumber-sumber seperti jurnal ilmiah, buku, dan lainnya untuk mengetahui apakah topik yang kamu pilih sudah pernah diteliti atau belum.

- Latar belakang: Jelaskan alasan mengapa topik tersebut penting dan perlu diteliti. Berikan beberapa studi terkait yang sudah dilakukan sebelumnya dan bagaimana studimu berbeda dari studi sebelumnya.

- Tujuan dan hipotesis: Tentukan tujuan dari penelitianmu dan buatlah hipotesis yang akan kamu uji.

- Metodologi: Deskripsikan metode yang akan kamu gunakan dalam penelitian, termasuk jenis data yang akan dikumpulkan, populasi dan sampel, instrumen yang akan digunakan, dan prosedur analisis data.

- Jadwal dan anggaran: Buat jadwal untuk setiap tahap penelitian dan berikan estimasi biaya yang diperlukan.

- Daftar pustaka: Daftarkan semua sumber yang digunakan dalam membuat proposal, termasuk jurnal, buku, dan sumber online.

- Lampiran: Lampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti surat izin penelitian, lisensi software, dan lain-lain.

Setelah memahami urutannya, pastikan untuk selalu rajin atau telaten saat membuat proposal. Agar cepat selesai. Selamat mengerjakan!

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 28 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:02 ISYA 19:11  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya