4 Contoh Karya Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, dan Keunikannya

"Kenali karya seni rupa terapan."

Life | 10 February 2023, 12:47
4 Contoh Karya Seni Rupa Terapan, Pengertian, Jenis, dan Keunikannya

Karya seni rupa terapan merupakan sebuah karya seni yang diciptakan dengan tujuan guna memenuhi kebutuhan praktis, seperti peralatan rumah tangga, peralatan dapur, aksesori fashion, atau peralatan kerajinan tangan. Karya seni rupa terapan umumnya diciptakan dengan memperhatikan desain dan fungsionalitas, maka akan tampak indah dan bermanfaat pada saat yang sama.

Fungsi karya seni rupa terapan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Fungsi karya seni rupa terapan dibagi menjadi dua, yakni:

1. Fungsi individual

Setiap manusia mempunyai unsur psikis dan fisik masing-masing, yang mampu merasakan fungsi karya seni dengan individual atau pribadi. Fungsi individual pada unsur fisik bisa meliputi pemenuhan kebutuhan misalnya pakaian, rumah,  transportasi, peralatan makan, dan lain-lain. Berbeda dengan fungsi individual pada unsur psikis atau emosional yang meliputi kenyamanan dan kesenangan ketika memakai benda seni itu.

2. Fungsi sosial

Karya seni terapan mempunyai fungsi sosial yang bisa dinikmati dan berguna untuk banyak orang atau lingkungan tertentu. Pada praktiknya, fungsi sosial karya seni mampu terbentuk dalam beberapa hal seperti halnya:

- Sebagai rekreasi atau hiburan

Karya seni bisa mengatasi kejenuhan dari berbagai masalah, misalnya masalah pribadi, beban pekerjaan, dan masalah lain. Contoh karya seni terapan yang mempunyai fungsi hiburan ialah komik, photo booth, film, dan sebagainya.

- Sebagai sarana komunikasi

Karya seni bisa menjadi media dalam memberikan informasi ataupun menampung berbagai keluhan orang banyak guna mengekspresikan diri. Seperti karya seni terapan yang mempunyai fungsi komunikasi mencakup iklan, spanduk, website, poster, dan lainnya.

- Sarana pendidikan atau edukasi

Seni terapan bisa menjadi sarana penunjang di bidang pendidikan sebab dunia seni dapat berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Seperti halnya karya seni yang mempunyai fungsi di bidang pendidikan ialah ilustrasi pada buku pelajaran, poster tata cara prosedur suatu sistem, dan lainnya.

- Bentuk religi atau keagamaan

Tidak hanya pendidikan, seni rupa terapan juga bisa menjadi media seseorang dengan keagamaan yang dianut.  Seperti seni terapan yang dapat dijumpa pada keagamaan ialah pakaian religi modern, perabotan rumah tangga bernuansa religi, sampai ke kebutuhan ibadah yang beragam.

Jenis karya seni rupa terapan

Mengutip dari buku Pelajaran Seni Budaya 1 karya Drs. Margono dkk., terdapat jenis-jenis karya seni rupa terapan, yakni:

1. Seni kriya terapan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Karya seni kriya terapan merupakan karya seni rupa dua dimensi atau tiga dimensi yang dibuat dengan menggunakan keterampilan tangan. Pembuatan seni kriya terapan harus melakukannya dengan sangat rajin dan teliti. Karya seni ini juga disebut dengan istilah crafts.

2. Seni bangunan/arsitektur

Seni bangunan merupakan jenis karya seni rupa terapan meliputi bangunan, misalnya tempat tinggal, sekolah, kantor, tempat beribadah, dan lainnya.

3. Ilustrasi

Ilustrasi merupakan gambar yang dipakai guna menerangkan suatu teks atau tulisan. Contoh dari karya seni rupa terapan ilustrasi ialah gambar ilustrasi yang terdapat di buku bacaan anak TK. Gambar itu bisa memudahkan pembaca dalam memahami apa yang diterangkan pada buku.

4. Desain komunikasi visual

Desain komunikasi visual merupakan jenis karya seni rupa terapan yang dipakai untuk media komunikasi.

Keunikan karya seni rupa terapan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Keunikan karya seni rupa terapan berada pada kombinasi antara desain yang indah dan fungsionalitas yang bermanfaat. Karya seni rupa terapan umumnya diciptakan dengan memperhatikan material yang dipakia dan teknik pembuatannya maka dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan tahan lama. Desain karya seni rupa terapan juga biasanya terinspirasi oleh gaya atau aliran seni tertentu seperti Art Deco, Art Nouveau, atau Bauhaus.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya