Contoh CV Fresh Graduate SMA yang Menarik dan Benar

"Kamu bisa buat CV fresh graduate SMA yang tepat."

Life | 12 February 2023, 20:23
Contoh CV Fresh Graduate SMA yang Menarik dan Benar

CV (Curriculum Vitae) merupakan sebuah dokumen yang isinya ringkasan dari informasi pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan seseorang. CV ini berguna dalam memberikan informasi mengenai dirimu untuk perekrut.

Sebagai fresh graduate dari SMA (Sekolah Menengah Atas), CV kamu harus menjelaskan bahwa kamu mempunyai dasar-dasar pendidikan dan mempunyai minat serta bakat tertentu.

Unsur dalam CV Fresh Graduate SMA

Berikut ini beberapa unsur CV fresh graduate SMA, yakni:

1. Info pribadi
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Info pribadi merupakan hal yang perlu dicantumkan dalam CV ialah nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang dan dihubungi, dan email yang aktif. Selain itu, sertakan profil yang berhubungan dalam dunia profesional misalnya profil LinkedIn pada CV yang hendak dibuat.

2. Ringkasan

Kamu dapat menulis ringkasan dari pencapaianmu pada bagian awal CV yang akan dibuat. Rinci secara mendalam mengenai kemampuanmu yang berhubungan dengan pekerjaan yang hendak dilamar. Isi ringkasan dapat tiga hingga empat kalimat, mencakup:

- Bidang pendidikan.
- Alasan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.
- Kemampuan dan pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan.

3. Pencapaian

Pencapaian yang sudah diraih menjadi salah satu nilai tambahan yang wajib disertakan pada CV fresh graduate tanpa pengalaman. Pencapaian itu seperti beasiswa, cumlaude, pertukaran pelajar, double degree, dan kejuaraan yang sudah diraih saat sekolah atau kuliah.

4. Kualifikasi dan pendidikan

Jika kamu membuat CV fresh graduate tanpa pengalaman, CV kamu harus fokus terhadap pendidikan yang sudah ditempuh saat ini. Cantumkan jenjang pendidikan, institusi pendidikan, nilai akhir (opsional), tahun masuk dan tahun lulus, lokasi (opsional), dan jurusan yang diambil.

5. Kemampuan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Kamu dapat mencantumkan kemampuan atau keahlian yang dipunya dan sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Rinci secara spesifik dan apabila memungkinkan dapat ditambahkan dengan tingkat keahliannya.

6. Pengalaman

Pada CV, kamu harus mencantumkan pengalaman yang dipunyai. Adapun beberapa pengalamannya meliputi:

- Pengalaman kerja
- Pengalaman magang
- Pengalaman pelatihan kerja
- Pengalaman organisasi
- Pengalaman seminar

Contoh CV Fresh Graduate SMA

Berikut ini contoh CV Fresh Graduate SMA, yakni:
Daun.id

Sumber: Canva

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya