Contoh CV Magang untuk Mahasiswa, Dilengkapi Cara Membuatnya yang Mudah

"magang adalah kegiatan yang dilakukan untuk menambah banyak pengalaman"

Life | 13 February 2023, 06:45
Contoh CV Magang untuk Mahasiswa, Dilengkapi Cara Membuatnya yang Mudah

Umumnya setelah lulus dari sekolah, atau yang masih kuliah atau setelah lulus kuliah banyak yang mencari pekerjaan, atau terlebih dulu mencari pengalaman kerja, yang lebih dikenal dengan magang.

Untuk pengertian magang sendiri lebih jelas dan jauhnya adalah suatu program atau kegiatan di mana seorang yang ingin memperoleh pengalaman dan menambah wawasan di suatu bidang tertentu, bekerja atau belajar di suatu perusahaan atau organisasi selama periode waktu tertentu. Tujuan dari magang ini sendiri, untuk memberikan pengalaman praktis bagi para pelamar kerja dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk pekerjaan profesional. Magang juga memberikan kesempatan bagi perusahaan atau organisasi untuk menilai potensi dan keterampilan para pelamar kerja atau calon pelamar kerja, hingga mahasiswa yang belajar.

Dengan tujuan bermacam-macam pula. Mulai untuk bisa melanjutkan sekolah, yaitu kuliah, menabung atau agar tidak perlu meminta ke orang tua saat ingin beli barang tertentu dan akan pergi ke mana.

Tidak hanya yang lulus sekolah, begitu pun dengan yang masih aktif kuliah, tentunya masa kuliah adalah sebuah peluang untuk mencari banyak relasi juga pengalaman. Berbagai hal telah dilakukan. Dari ikut magang, kegiatan volunteeran atau sebagai relawan, dan juga kerja. Ada pula untuk memperbanyak isian dari CV nanti yang akan dibuat. Entah untuk melamar pekerjaan dan atau sebagai acuan mendaftar beasiswa nanti.

Pentingnya CV tak hanya dibutuhkan untuk sebagai pertimbangan saat akan melamar kerja nantinya. Juga untuk kebutuhan lainnya yang ingin dicapai. CV sendiri merupakan singkatan dari Curriculum Vitae yang berarti riwayat hidup atau riwayat pendidikan dan pengalaman kerja. Di dunia pekerjaan, CV itu merupakan dokumen penting yang mempresentasikan diri dan kualifikasi seseorang untuk melamar pekerjaan. Umumnya, CV mencakup informasi seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian dan kualifikasi, serta referensi dan kontak. CV membantu perusahaan atau perekrut untuk memutuskan apakah si pelamar cocok untuk posisi yang dilamar.

CV biasanya berisi dari riwayat hidup, pengalaman bakat-bakat, dan kemampuan. Supaya bisa dilirik mereka yang merekrut, buatlah CV yang ringkas, jelas, padat, mudah dibaca, menunjukkan stabilitas, hal menarik dan ditulis menggunakan tata bahasa yang baik.

Agar tidak bingung bagi mahasiswa yang masih tengah kuliah dan ingin membuat CV, untuk bisa mengikuti magang. Alangkah lebih baiknya pahami langkah-langkah pembuatannya di bawah ini:

1. Tambahkan deskripsi diri dan karir objektif
Bagian deskripsi diri ini di CV, bisa menuliskan hal-hal di bawah ini:

- skill yang paling menonjol dan relevan
- kontribusi apa yang kamu bisa berikan di organisasi/ perusahaan magang
-tujuan karir/ karir objektif yang ingin kamu capai

Menuliskan deskripsi diri yang jelas di dalam CV mahasiswa, pembaca CV, baik rektuter maupun orang yang hendak membina saat seleksi CV masuk organisasi kampus akan lebih mudah untuk mengenal kepribadianmu.

2. Fokus pada skill atau kemampuan yang dimiliki
Poin ini berfokus pada;

- Pengalaman Magang / Kerja Part Time
- Pengalaman Organisasi
- CV Tanpa Pengalaman Magang / Organisasi

Seandainya di CV ini nantinya tidak mengandung pengalaman magang atau pun tidak tergabung dalam sebuah organisasi mahasiswa atau pun yang lainnya, masih bisa juga membuat CV mahasiswa yang menarik. Fokuskan pada bagian soft skill dan juga hard skill;

Soft skills:
- Kreativitas
- Komunikasi
- Adaptasi

Hard skills:
- Adobe Photoshop, Illustrator
- Microsoft Office
- Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang atau bahasa lainnya yang telah dikuasai

3. Menambahkan projek atau research paper
Pada poin ini bisa menambahkan poin-poin berikut ini:

- Membuat CV Mahasiswa yang ATS Friendly
- Memasukkan Data yang Relevan
- Isi CV Mahasiswa Harus Jelas
- Gunakan Angka
- Membuat CV Mahasiswa dengan Rapih

Buatlah CV semenarik dan serapi mungkin. Agar mendapat nilai tambahan sendiri orang yang merekrut. Namun perhatikan pula hal-hal di bawah ini saat masih mahasiswa dan ingin membuat CV:

- Memasukkan informasi pribadi yang tidak perlu
Contohnya: agama, suku, tanggal lahir atau status pernikahan.
- Berbohong
- Menggunakan warna norak/ Font yang jadul

Contoh Curriculum Vitae Mahasiswa
Daun.id

pinterest

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya