3 Contoh CV Lulusan SMK Agar Diterima Kerja

"Coba buat CV dengan tips berikut."

Life | 13 February 2023, 15:12
3 Contoh CV Lulusan SMK Agar Diterima Kerja

Curriculum Vitae (CV) lulusan SMK merupakan dokumen yang memuat tentang informasi dari pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, sertifikat, hobi, dan referensi yang dimiliki oleh seorang lulusan SMK. Tujuan dari membuat CV ini ialah guna memperkenalkan diri dan menunjukkan bahwa calon pekerja cocok dengan posisi yang dicari.

CV juga dipakai sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam memutuskan apakah calon pekerja layak melakukan tes selanjutnya atau tidak. Oleh sebab itu, CV harus dibuat dengan baik dan benar supaya memiliki peluang yang baik untuk diterima.

Cara membuat CV lulusan SMK
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun cara membuat CV lulusan SMK, meliputi:

1. Cantumkan bagian penting pada CV

Bagian penting CV berupa informasi pribadi supaya pihak HRD dapat menghubungimu, yaitu nama sampai alamat email. Bagian ini berada di paling kiri atas atau di sebelah foto diri. Supaya, HRD dapat melihatnya secara jelas.

2. Berikan deskripsi diri yang menarik

Cara membuat CV lulusan SMK juga dengan memberikan deskripsi diri yang menarik. Alasannya, karena HRD akan melakukan seleksi sekilas dan cukup melihat CV yang menarik menurutnya diseleksi hitungan detik yang dilakukan.

Maka, menerangkan diri menjadi poin yang harus diperhatikan. Pada penjelasan diri ini akan mencakup tentang gambaran skill dan pengalaman kerja/magang. Biasanya hanya terdapat satu atau dua kalimat di satu paragraf.

3. Cantumkan riwayat pendidikan dengan urut

Kadang banyak orang yang berpikir pada bagian “Riwayat Pendidikan” CV, kamu harus mengisi seluruh pendidikan, dari TK hingga SMK. Padahal, kamu hanya perlu menuliskan nama SMK dan rentang tahun bersekolah sebab HR akan fokus ke pendidikan terakhir saja.

4. Tulis prestasi

Cara membuat CV lulusan SMK berikutnya dengan menuliskan prestasi atau achievement. Apabila kamu mempunyai beberapa prestasi saat bersekolah, kamu dapat menulis prestasi itu. Prestasi tersebut akan menambah kesan yang baik bagi HRD, bahwa kamu termasuk pelajar yang aktif dan berdedikasi tinggi.

5. Tambahkan pengalaman organisasi dengan urut

Pengalaman organisasi juga dapat membuatmu terasa secara soft skill. Dengan menambahkan pengalaman organisasi, kamu akan memberi kesan sebagai sosok yang mampu manajemen waktu secara baik. Cantumkan pengalaman organisasi dari yang terbaru dan uraikan juga deskripsi singkat tentang job desk pada posisi di organisasi itu.

6. Tuliskan skill sesuai profesi yang dibutuhkan

CV menjadi media awal guna memberikan kesan yang baik kepada HRD. Sehingga, kamu dapat menambahkan hal-hal penting yang harus diketahui oleh pihak perusahaan sebagai pertimbangan kamu berhak menerima posisi yang dilamar atau tidak.

Informasi penting lain yang harus ditambahkan ialah skill. Skill yang harus disertakan dalam CV merupakan yang ada hubungannya dengan posisi yang dilamar. Skill dapat meliputi hard skill ataupun soft skill.

7. Sertakan pengalaman kerja/magang

Cara membuat CV lulusan SMK terakhir ialah dengan menyertakan pengalaman kerja, magang, atau proyek yang pernah dikerjakan. Tak masalah apabila kamu hanya punya pengalaman PKL atau menjalani proyek selama sekolah. Yang terpenting kamu punya tugas spesifik ketika melakukannya, itu dapat ditambahkan pada CV.

Contoh CV lulusan SMK

Berikut ini contoh CV lulusan SMK yakni:

1. Contoh CV SMK yang simpl
e

Nama: Alan Hidayah
Alamat: Jl. Raya No. 45, Jakarta 12345
Telepon: 0857 360 524
Email: alanhidayah@email.com

Pendidikan:

SMK Negeri Yusri, Jakarta, tahun lulus 2019
Jurusan Teknik Mesin

Pengalaman Kerja:

Pekerjaan pertama sebagai teknisi mesin di PT. APN, Jakarta, sejak 2020 hingga sekarang
Tugas utama menjalankan perawatan dan perbaikan mesin produksi

Keahlian:

- Memiliki kemampuan dalam teknik perawatan dan perbaikan mesin produksi
- Menguasi bahasa Inggris

Sertifikat:

- Sertifikat Keahlian Teknik Mesin, 2020
Sertifikat Pelatihan Bahasa Inggris, 2021

Hobi:

Berolahraga, membaca buku, dan travelling

2. Contoh CV lulusan SMK yang menarik
Daun.id

Sumber: Canva

3. Contoh CV lulusan SMK menggunakan aplikasiDaun.id

Sumber: Canva

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya