5 Contoh dari Hasil Karya Seni Murni, dari Lukisan hingga Relief

"Ketahui karya seni murni yang tepat."

Life | 15 February 2023, 17:44
5 Contoh dari Hasil Karya Seni Murni, dari Lukisan hingga Relief

Karya seni murni merupakan sebuah hasil karya seni yang dibuat oleh seniman yang tujuan utamanya menciptakan keindahan atau ekspresi artistik yang dimaksudkan, agar dinikmati sebab nilai estetika-nya. Karya seni murni dapat meliputi  grafis, lukisan, patung, seni kaca,instalasi seni, fotografi, karya seni konseptual, dan lainnya.

Seni murni biasanya dianggap sebagai seni yang bebas dari tujuan praktis atau fungsinya, dan dibuat guna memperoleh pengalaman yang memenuhi kebutuhan artistik atau emosional seniman dan/atau penikmatnya. Karya seni murni umumnya diciptakan oleh seniman yang mengutamakan kebebasan berekspresi pada berkarya, dan umumnya tidak dibatasi oleh tuntutan pasar atau kepentingan bisnis.

Contoh hasil karya seni murni

Adapun beberapa contoh dari hasil karya seni murni ialah sebagai berikut:

1. Lukisan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Lukisan merupakan karya seni murni yang diciptakan dengan menggunakan cat atau media lain pada permukaan datar misalnya kayu, kanvas, atau kertas. Beberapa contoh lukisan terkenal seperti Mona Lisa oleh Leonardo da Vinci, The Starry Night oleh Vincent van Gogh, dan The Persistence of Memory oleh Salvador Dali.

2. Patung

Patung merupakan karya seni murni yang diciptakan dengan memahat atau membentuk bahan seperti kayu, batu, atau logam. Beberapa contoh patung terkenal yakni David oleh Michelangelo, The Thinker oleh Auguste Rodin, dan Venus de Milo.

3. Seni kaca

Seni kaca merupakan karya seni murni yang diciptakan dengan memanipulasi kaca guna membentuk karya seni 2D atau 3D. Beberapa contoh seni kaca terkenal termasuk jendela kaca patri di katedral Notre Dame di Paris dan karya seni kaca Dale Chihuly.

4. Mosaik

Mosaik merupakan karya seni murni yang diciptakan dengan menaruh potongan-potongan kecil dari bahan misalnya keramik, kaca, atau batu dalam membentuk gambar atau pola. Beberapa contoh mosaik terkenal seperti halnya mozaik di Basilika San Vitale di Ravenna, Italia, dan mozaik di Gereja St. Mark's di Venesia, Italia.

5. Relief
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Relief merupakan karya seni murni yang diciptakan dengan memahat atau membentuk bahan misalnya kayu, batu, atau logam guna membentuk gambar atau pola yang muncul di permukaan datar. Beberapa contoh relief terkenal contohnya Relief Taman Medici oleh Bertoldo di Giovanni, Relief Kuda oleh Andrea del Verrocchio, dan Relief Pria oleh Donatello.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya