Contoh Cv Akuntan yang Lengkap dan Profesional

"CV menjadi langkah awal yang penting agar Anda bisa diterima kerja sebagai akuntan."

Life | 22 February 2023, 15:33
Contoh Cv Akuntan yang Lengkap dan Profesional

Curriculum Vitae (CV) atau Resume atau Daftar Riwayat Hidup merupakan suatu gambaran ringkas dari diri seseorang yang disusun dalam sebuah dokumen untuk tujuan tertentu. Namun pada umumnya, CV banyak digunakan sebagai syarat awal ketika melamar kerja. Dengan CV yang efektif dan menarik akan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Fungsi dari CV ini sangatlah penting, karena dari CV yang Anda buat itulah perusahaan menilai Anda. Perlu Anda ketahui, CV adalah hal pertama yang dilihat perusahaan dari diri seorang pelamar saat melamar pekerjaan.

Di dalam CV ini, Anda boleh menjelaskan secara ringkas mengenai siapa diri Anda, apa saja pencapaian yang telah Anda lakukan di masa lalu, bagaimana relevansi pengalaman Anda terhadap posisi pekerjaan yang dilamar, serta hal-hal yang menurut Anda penting. Intinya, CV merupakan gambaran personifikasi diri dalam tulisan. 

Fungsi dari Curriculum Vitae (CV)

Fungsi dari CV ini sangatlah penting bagi pelamar pekerjaan atau pun perusahaan, setidaknya ada dua hal. Berikut ini adalah fungsi dari CV:

CV akan mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

CV menjadi dokumen yang mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Struktur dan Contoh CV Akuntasi

Seperti yang kita tahu, tugas dari seorang akuntan adalah memeriksa dan menjamin bahwa dokumen keuangan sebuah  organisasi/perusahaan akurat. Selain itu, tugas lainya adalah seperti pembukuan, mengaudit, persiapan pajak, pekerjaan administrasi umum, dan lain sebagainya.

Sebagai hal yang penting, CV yang Anda ajukan untuk melamar sabagai akuntan harus lengkap dan terlihat profesional. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan dengan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan yang Anda lamar. Ketika menyusun CV, terdapat beberapa hal yang harus Anda masukan di dalamnya. Selain itu, Anda juga harus menyusun CV Anda secara runtut dan rapi.

Sebelum kamu mulai menyusun CV akuntansi untuk melamar pekerjaan, Anda sebaiknya mengetahui struktur CV akuntansi terlebih dulu. Berikut ini adalah struktur dari CV Akuntansi:

Data Diri
Data diri ini adalah hal penting yang harus kamu perhatikan benar-benar. Di dalam data diri ini, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda masukdan dan hal yang sebaiknya tidak perlu Anda masukan. Yang wajib Anda masuk adalah: Nama, Jabatan, Email, Nomor Telepon, Alamat, dan Linked-in (pilihan).

Sementara untuk hal-hal yang sebaiknya tidak Anda masukan adalah sebagai berikut: Status pernikahan, Agama, Hobi, Tinggi badan, Berat badan.

Diskripsi Diri
Deskripsi diri penting untuk Anda sertakan di dalam CV karena merupakan penilaian awal HRD untuk mengenal siapa dirimu. Tuliskan deskripsi tentang dirimu secara singkat, jelas, dan menarik. Tambahkan juga informasi mengenai pengalaman dan skill yang kamu miliki.

Contoh:
Memiliki pengalaman sebagai akuntan selama lebih dari 5 tahun di Bank Emas Indonesia. Memiliki sertifikasi Certified Public Accountant (CPA). Teliti dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan. Memiliki semangat yang tinggi untuk bertumbuh bersama di PT Indo Surya Permata Jaya.

Pengalaman Kerja
Deskripsikanlah pengalaman kerja dan pencapaianmu secara singkat. Tulis pengalaman kerja kamu secara terbalik, yaitu dari yang terbaru (saat ini) hingga yang sebelumnya.

Contoh:
Junior Akuntan | Full time | Bank Biru Muda (2020-sekarang)

Melakukan pengarsipan berkas-berkas.
Mengawasi dan Menjaga berkas untuk tetap up-to-date.
Rutin membuat penutupan akhir bulan, termasuk buku besar.
Memproses jurnal dengan baik.

Asisten Akuntan | Internship | PT. Merah Batu (2019-2020)

Merapikan pembukuan perusahaan.
Membuat laporan pajak bulanan perusahaan.
Merapikan dokumen keuangan.
Membantu dalam keberhasilan kenaikan profit perusahaan hingga 40%.

Pendidikan
Menyertakan pendidikan formal ke dalam CV akuntan sangatlah penting. Pendidikan formal maksudnya adalah seperi di universitas maupun pendidikan SMA/SMK. Tuliskan prestasi dan projek yang pernah kamu kerjakan, serta nilai IPK kamu jika bagus.

Kemampuan/Skill
Tuliskanlah juga rincian keahlian akuntansi di CV Anda, baik dalam bentuk hard maupun soft skill. Berikut adalah contoh kemampuan akuntansi hard skill dan soft skill yang bisa kamu tuliskan ke CV Anda:

Soft Skill: Sabar dan teliti, Berpikir kritis, Bekerjasama dalam tim, Manajemen waktu, Problem solving.

Hard Skill: Auditing, Analisis resiko, PembukuanPayroll (ADP, Paychex SAP ERP. Mosaic Tech dan Oracle essbase)

Informasi tambahan (bersifat pilihan)

Informasi lainnya seperti lisensi, sertifikasi, kegiatan volunteer, dan kegiatan relevan lainnya juga dapat kamu masukkan dalam CV Anda.

Setelah Anda mengetahui struktur dari CV yang akan Anda buat, mungkin ada baiknya jika Anda melihat beberapa contoh dari CV Akuntansi. Dikutip dari cakeresume.com dan bikincv.com erikut ini adalah contoh-contohnya:

1. CV Akuntansi Bahasa Indonesia

Daun.id

istimewa

2. CV Akuntasi Bahasa Indonesia 2

Daun.id

istimewa

3. CV Akuntansi Bahasa Inggris

Daun.id

istimewa

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya