Contoh CV Guru SD Menarik, Berikut Tips Jitu Agar Diterima 

"Ingin manjadi guru SD? Berikut ini adalah contoh dan tips jitunya agar diterima bekerja."

Life | 24 February 2023, 12:50
Contoh CV Guru SD Menarik, Berikut Tips Jitu Agar Diterima 

Dimana pun tempatnya, guru adalah seorang yang sangat berjasa bagi murid-muridnya. Guru menjadi panutan bagi para murid-muridnya. Mereka bertugas untuk menyampaikan ilmu kepada orang lain agar menjadi orang yang pintar dan berguna bagi sesamanya.

Di Indonesia, sebagian orang menganggap guru sebagai pekerjaan yang sangat penting, sehingga tidak sedikit orang yang tertarik bekerja menjadi seorang guru. Salah satu tips jitu agar kamu diterima kerja menjadi seorang guru, khususnya guru SD, buatlah CV yang lengkap dan juga menarik.

Pengertian Curriculum Vitae

Curriculum Vitae (CV) adalah suatu gambaran ringkas dari diri seseorang yang disusun dalam sebuah dokumen untuk tujuan tertentu, termasuk melamar kerja menjadi guru SD. Dengan CV yang lengkap dan menarik, itu akan meningkatkan kesempatan kamu untuk diterima kerja.

Fungsi dari CV ini sangatlah penting. Dari CV yang Anda buat itulah perusahaan menilai Anda untuk pertama pertama kali. Sehingga dapat dikatakan, dari CV  itulah kesan pertama terhadap Anda diberikan.

Di dalam CV ini, Anda harus menjelaskan secara ringkas mengenai siapa diri Anda, apa saja pencapaian Anda, bagaimana relevansi pengalaman Anda terhadap pekerjaan yang dilamar, serta hal-hal yang menurut Anda penting. Intinya, CV merupakan gambaran personifikasi diri dalam tulisan. 

Apa Fungsi dari Curriculum Vitae (CV)
Fungsi dari CV ini sangatlah penting bagi pelamar pekerjaan atau pun perusahaan, setidaknya ada dua hal. Berikut ini adalah fungsi dari CV:

  • CV mempermudah perusahaan menilai personal dan bakat pelamar, apakah relevan dengan yang dibutuhkan perusahaan.
  • CV mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Contoh dan Tips CV Guru SD

Tips CV Guru SD


1. Data Diri
Data diri ini adalah hal penting yang harus kamu perhatikan benar-benar. Di dalam data diri ini, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda masukdan dan hal yang sebaiknya tidak perlu Anda masukan. Yang wajib Anda masuk adalah: Nama, Jabatan, Email, Nomor Telepon, Alamat, dan Linked-in (pilihan).

Sementara untuk hal-hal yang sebaiknya tidak Anda masukan adalah sebagai berikut: Status pernikahan, Agama, Hobi, Tinggi badan, Berat badan.

2. Diskripsi Diri
Deskripsi diri penting untuk Anda sertakan di dalam CV karena merupakan penilaian awal untuk mengenal siapa Anda. Tuliskan deskripsi tentang dirimu secara singkat, jelas, dan menarik. Tambahkan juga informasi mengenai pengalaman dan skill yang kamu miliki. Berikut ini adalah contohnya:

"Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Indonesia. Memiliki pengalaman 1 tahun mengajar di salah satu yayasan di Jakarta. Inovatif dan terbiasa memecahkan masalah, setra dapat menyampaikan ide dengan baik. Sedang mencari lowongan pekerjaan untuk guru bahasa Inggris SD."

3. Pengalaman Kerja
Deskripsikanlah pengalaman kerja dan pencapaianmu secara singkat. Tulis pengalaman kerja kamu secara terbalik, yaitu dari yang terbaru (saat ini) hingga yang sebelumnya.

4. Pendidikan
Menyertakan pendidikan formal ke dalam CV akuntan sangatlah penting. Pendidikan formal maksudnya adalah seperi di universitas maupun pendidikan SMA/SMK. Tuliskan prestasi dan projek yang pernah kamu kerjakan, serta nilai IPK kamu jika bagus. 

Pendidikan Formal

  • Universitas Indonesia | Sarjana Bahasa Inggris | 2010-2014
  • IPK 3.8
  • SMAN 2 Jakarta | IPA
  • 2007-2010


Pendidikan Informal
Lembaga Indonesia Amerika | Kursus Bahasa Inggris | 2012-2014

5. Kemampuan/Skill
Tuliskanlah juga rincian keahlian akuntansi di CV Anda, baik dalam bentuk hard maupun soft skill. Berikut adalah contoh kemampuan akuntansi hard skill dan soft skill yang bisa kamu tuliskan ke CV Anda:

Hard Skill: Aktif Menggunakan Bahasa Inggris, Memiliki Sertifikasi TOEFL

Soft Skill: Sabar dan teliti, Berpikir kritis, Bekerjasama dalam tim, Manajemen waktu, Problem solving.

Contoh CV Guru SD 1

Daun.id

pintersat

Contoh CV Guru SD 2

Daun.id

canva

Contoh CV Guru SD 3

Daun.id

istimewa

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya