Contoh CV Staf Administrasi Lengkap dan Menarik, Ketahui Strukturnya 

"Berikut ini adalah contoh CV staf administrasi, lengkap dengan strukturnya."

Life | 24 February 2023, 15:58
Contoh CV Staf Administrasi Lengkap dan Menarik, Ketahui Strukturnya 

Staf administrasi merupakan sebuah profesi yang umumnya berada di departemen tata usaha perusahaan. Staf administrasi ini berperan mengorganisir dan menyusun dokumen, jadwal meeting, hingga akomodasi kantor. Selain itu, staf administrasi berperan banyak dalam mengurus dokumen, menginput data, pembukuan, melakukan pengarsipan, mengatur agenda, dan lainnya.

Semua pekerjaan yang dilakukan oleh staf administrasi ini memerlukan kemampuan organisasi dan juga ketelitian yang baik. Untuk urusan gaji, staf administrasi pada umumnya menerima di rentang angka Rp. 3.000.000,- hingga Rp. 6.000.000,-.

Ketika Anda hendak mengajukan lamaran di suatu perusahaan bagian staf administrasi, salah satu syarat yang harus Anda perhatikan betul-betul adalah curriculum vitae (CV). Pada kesempatan ini kami akan memberikan contoh, struktur dan cara membuat CV staf administrasi.

Pengertian Curriculum Vitae

Curriculum vitae (CV) adalah suatu gambaran ringkas dari diri seseorang yang disusun dalam sebuah dokumen untuk tujuan tertentu, termasuk melamar kerja menjadi staf administrasi. Dengan CV yang lengkap dan menarik, itu akan meningkatkan kesempatan Anda untuk diterima kerja.

Fungsi dari CV ini sangatlah penting. Dari CV yang Anda buat itulah perusahaan menilai Anda untuk pertama pertama kali. Sehingga dapat dikatakan, dari CV  itulah kesan pertama terhadap Anda diberikan.

Di dalam CV ini, Anda harus menjelaskan secara ringkas mengenai siapa diri Anda, apa saja pencapaian Anda, bagaimana relevansi pengalaman Anda terhadap pekerjaan yang dilamar, serta hal-hal yang menurut Anda penting. Intinya, CV merupakan gambaran personifikasi diri dalam tulisan. 

Apa Fungsi dari Curriculum Vitae (CV)
Fungsi dari CV ini sangatlah penting bagi pelamar pekerjaan atau pun perusahaan, setidaknya ada dua hal. Berikut ini adalah fungsi dari CV:

  • CV mempermudah perusahaan menilai personal dan bakat pelamar, apakah relevan dengan yang dibutuhkan perusahaan.
  • CV mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Contoh dan Struktur CV Staf Administrasi


Struktur CV Staf Administrasi

1. Data Diri
Data diri ini adalah hal penting yang harus kamu perhatikan benar-benar. Di dalam data diri ini, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda masukdan dan hal yang sebaiknya tidak perlu Anda masukan.

Yang wajib Anda masuk adalah: Nama, Jabatan, Email, Nomor Telepon, Alamat, dan Linked-in (pilihan).

Sementara untuk hal-hal yang sebaiknya tidak Anda masukan adalah sebagai berikut: Status pernikahan, Agama, Hobi, Tinggi badan, Berat badan.

2. Diskripsi Diri
Deskripsi diri penting untuk Anda sertakan di dalam CV karena merupakan penilaian awal untuk mengenal siapa Anda. Tuliskan deskripsi tentang dirimu secara singkat, jelas, dan menarik. Tambahkan juga informasi mengenai pengalaman dan skill yang kamu miliki.

Berikut ini adalah contohnya:
"Lulusan S1 Administrasi Universitas Indonesia. Memiliki pengalaman 1 tahun di perusahaan swasta di Jakarta. Ulet, teliti, bisa bekerja sama dan terbiasa memecahkan masalah, serta dapat menyampaikan ide dengan baik. Sedang mencari lowongan pekerjaan bagian administrasi."


3. Pengalaman Kerja
Deskripsikanlah pengalaman kerja dan pencapaianmu secara singkat. Tulis pengalaman kerja kamu secara terbalik, yaitu dari yang terbaru (saat ini) hingga yang sebelumnya.

Contoh:
Customer Service 2 tahun | Bank Rakyat Indonesia (BRI) | Cabang Bandung 2019-2020

  • Mengerjakan tugas-tugas administrasi bank
  • Memberikan informasi dan mempromosikan produk BRI kepada nasabah
  • Menangani keluhan nasabah bank secara langsung maupun melalui telepon/email
  • Meningkatkan jumlah nasabah sebanyak 11% dari tahun sebelumnya.


4. Pendidikan
Menyertakan pendidikan formal ke dalam CV akuntan sangatlah penting. Pendidikan formal maksudnya adalah seperi di universitas maupun pendidikan SMA/SMK. Tuliskan prestasi dan projek yang pernah kamu kerjakan, serta nilai IPK kamu jika bagus. 

Pendidikan Formal
Universitas Indonesia | Sarjana Administrasi | 2010-2014 | IPK 3.8

SMAN 2 Jakarta | IPA | 2007-2010

Pendidikan Informal
Pelatihan Organisasi Publik dan Administrasi | 2012-2014


5. Kemampuan/Skill
Tuliskanlah juga rincian keahlian akuntansi di CV Anda, baik dalam bentuk hard maupun soft skill. Berikut adalah contoh kemampuan akuntansi hard skill dan soft skill yang bisa kamu tuliskan ke CV Anda:

Hard Skill:
Mampu Mengoperasikan Software Admin (Ms Word, Ms Excel dan Ms PPT ),
Aktif Menggunakan Bahasa Inggris
Memiliki Sertifikasi TOEFL

Soft Skill: Sabar, Ulet, Teliti, Berpikir kritis, Bekerjasama dalam tim, Manajemen Waktu, Problem solving.


Contoh CV Staf Administrasi

Contoh 1

Daun.id

canva

Contoh 2

Daun.id

canva

Contoh 3

Daun.id

istimewa

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya