Contoh Proposal Skripsi Kualitatif yang Baik dan Benar

"Tulis proposal skripsi kualitatif yang tepat."

Life | 24 February 2023, 19:45
Contoh Proposal Skripsi Kualitatif yang Baik dan Benar

Proposal skripsi kualitatif merupakan dokumen yang isinya rancangan penelitian terhadap skripsi yang memakai pendekatan kualitatif. Proposal skripsi kualitatif menerangkan mengenai masalah penelitian, tujuan penelitian, metode penelitian, dan kontribusi penelitian yang diharapkan. Proposal ini juga berisi meliputi waktu pelaksanaan penelitian dan kesimpulan yang diharapkan bisa dicapai lewat penelitian yang dilaksanakan.

Penelitian kualitatif memakai pendekatan yang berfokus terhadap pengumpulan dan analisis data dengan deskriptif. Metode penelitian yang dipakai untuk penelitian kualitatif mencakup wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Penelitian kualitatif lebih berorientasi pada pemahaman pada fenomena yang tengah diteliti dan memaparkan makna dari pengalaman dan persepsi subjek penelitian.

Proposal skripsi kualitatif harus disusun secara baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku di lembaga pendidikan yang bersangkutan. Proposal harus mengikuti format yang sudah ditetapkan, menambahkan judul penelitian yang jelas, latar belakang, tujuan penelitian, metode penelitian, kontribusi penelitian, waktu pelaksanaan, dan kesimpulan. Tidak hanya itu, proposal skripsi kualitatif juga harus disusun dengan sistematis, memakai bahasa yang jelas dan mudah dipahami, serta mengacu pada sumber yang relevan dengan topik penelitian yang akan dilakukan.

Contoh proposal skripsi kualitatif
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut contoh proposal skripsi kualitatif yang baik dan benar, yakni:

- Judul: Pengalaman Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Kota X

- Latar Belakang: Pandemi COVID-19 yang melanda dunia telah mengubah pola hidup manusia, termasuk di dalamnya dunia pendidikan. Pembelajaran jarak jauh menjadi alternatif untuk mengatasi penyebaran COVID-19 di sekolah. Namun, pengalaman belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh masih minim diketahui. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Kota X.

- Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Kota X.

- Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Kota X yang mengikuti pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi partisipan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman.

- Kontribusi Penelitian: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai pengalaman belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Kota X. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dan sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh di masa yang akan datang.

- Waktu Pelaksanaan: Penelitian ini direncanakan dilaksanakan selama tiga bulan, mulai dari bulan Maret hingga bulan Mei 2023.

- Kesimpulan: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan dunia pendidikan khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh di masa yang akan datang. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik dan menghasilkan temuan-temuan yang bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya