Contoh Proposal Kegiatan Lomba Agustusan yang Baik dan Benar

"salah satu lomba Agustusan yang sering mengadakan adalah dari sekolah"

Life | 25 February 2023, 12:06
Contoh Proposal Kegiatan Lomba Agustusan yang Baik dan Benar

Setiap kelompok, organisasi, perkumpulan atau komunitas atau bahkan perorangan, atau pun sekolah, pasti memiliki sebuah keinginan untuk membuat kegiatan atau pun acara, dan juga lomba. Apa pun itu bentuk acaranya, juga berupa-rupa. Karena tentunya tiap orang atau perkumpulan selalu memiliki gagasan atau ide yang berbeda.

Salah satunya orang-orang yang berada di dalam lembaga sekolah, atau siswa-siswi yang tergabung dalam sebuah organisasi. Untuk merealisasikan kegiatan atau acara dan lomba tersebut tentu ada yang tidak langsung serta merta membuatnya atau melakukannya. Tetap membutuhkan pihak lain untuk diajak kerjasama. Bentuk kerjasama atau ide usaha tersebut ditampung dalam proposal, kemudian diajukan kepada orang-orang yang hendak dijadikan sasaran.

Pengertian Proposal

Sebelum itu, penting untuk mengetahui pengertian dari Proposal itu sendiri. Yaitu sebuah dokumen yang mempresentasikan ide, rencana, atau solusi untuk suatu masalah atau tantangan yang dihadapi. Proposal umumnya ditujukan kepada pihak yang berkepentingan atau memiliki kekuasaan untuk menentukan apakah ide atau rencana tersebut layak dilanjutkan atau tidak.

Proposal juga bisa berupa tawaran atau solusi bagi suatu permasalahan yang ditujukan kepada orang yang memiliki potensial yang dituju dalam proposal tersebut. Dalam hal ini, proposal juga bertujuan untuk mempersuasi pihak yang dituju untuk menerima tawaran atau solusi tersebut. Secara umum, proposal harus mencakup bagian informasi yang cukup untuk membuat pihak yang dituju memahami ide, rencana, atau solusi tersebut dan membuat keputusan yang tepat.

Proposal Kegiatan Lomba Agustusan Sekolah
Salah satu pembuatan proposal kegiatan lomba sekolah, yaitu pada Agustusan, tentunya berbeda dengan proposal kegiatan lainnya. Proposal tersebut bersifat resmi dan ditujukan pada pihak dengan status lebih tinggi.

Harapannya, kegiatan lomba yang diajukan dalam proposal akan disetujui, sehingga pihak pemberi proposal akan mendapatkan dana atau bantuan lainnya.

Setelah membaca pengertian di atas, juga perlu kiranya untuk mengetahui tata cara pembuatan proposal atau format proposal atau sistematika penulisan proposal untuk kegiatan lomba Agustusan sekolah ini sendiri. Adalah sebagai berikut:

- Judul kegiatan atau nama kegiatan.
- Pendahuluan: tema kegiatan, latar belakang kegiatan, tujuan kegiatan, target kegiatan.
- Isi proposal: rincian atau uraian kegiatan, peserta, kebutuhan yang diperlukan, waktu pelaksanaan, lokasi penyelenggaraan kegiatan.
- Susunan acara: durasi acara, penanggung jawab setiap kegiatan
- Susunan kepanitiaan.
- Anggaran dana: sebelum kegiatan, biaya operasional kegiatan, setelah kegiatan terlaksana.
- Penutup.

Dalam format atau sistematika proposal kegiatan lomba Agustusan sekolah di atas masih mungkin mengalami modifikasi sesuai kebutuhan. Dan bila memungkinkan, juga bisa menambahkan gambar atau ilustrasi pelengkap.

Misalnya saja bila pernah menyelenggarakan atau melakukan acara serupa, bagian tersebut bisa disertakan pada bagian lampiran pelaksanaan kegiatan tahun sebelumnya.

Sebagai referensi, berikut ini contoh proposal kegiatan lomba Agustusan sekolah yang baik


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya