Contoh CV Pramugari yang Keren dan Rekomended, Berikut Tips dan Strukturnya

"Ingin membuat CV pramugari yang keren? ikuti tips dan contoh berikut ini."

Life | 27 February 2023, 19:35
Contoh CV Pramugari yang Keren dan Rekomended, Berikut Tips dan Strukturnya

Bekerja menjadi seorang pramugari atau pramugara adalah suatu hal yang diimpikan oleh banyak orang. Terkhusus adalah menjadi seorang pramugari di pesawat terbang. Tentu banyak alasan mengapa banyak orang menginginkan pekerjaan itu, seperti bisa bepergian kemana seja secara gratis, gaji yang cukup menjanjikan, mendapatkan banyak pengalamanan dan masih banyak lagi.

Daun.id

pixabay.com

Perlu diketahui, profesi ini memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam pekerjaannya yang berkaitan dengan keselamatan penumpang. Sehingga untuk menjadi pramugari, Anda harus menyiapkan segala persyaratanya dengan baik. Salah satunya adalah membuat CV yang baik.

Untuk membuat CV yang baik, berikut adalah beberapa contoh dari CV pramugari beserta tips dan strukturnya yang dapat Anda jadikan contoh.


Pengertian Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae atau disingkat CV adalah sebuah berkas yang memberikan gambaran ringkas dari diri seseorang yang disusun untuk tujuan tertentu, misalnya untuk melamar pekerjaan dan juga magang. Buatlah CV yang efektif dan menarik, itu akan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

CV ini sangatlah penting, karena dari CV yang Anda buat itulah perusahaan menilai Anda untuk pertama kali ketika melamar pekerjaan. Di dalam CV, Anda dapat menjelaskan secara singkat, padat dan jelas mengenai diri Anda. Anda juga dapat menambahkan pencapaian yang telah Anda lakukan sesuai dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar, serta hal-hal yang menurut Anda penting.  

Fungsi dari Curriculum Vitae

Fungsi dari CV ini sangatlah penting bagi pelamar pekerjaan atau pun perusahaan, setidaknya ada dua hal. Berikut ini adalah fungsi dari CV:

- CV mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

- CV menjadi dokumen yang menetukan bahwa pelamar benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

Struktur dan Tips CV Pramugari

Ketika Anda membuat CV, sebaiknya Anda memperhatikan struktur-struktur di dalamnya dengan baik. Berikut ini adalah struktur dari CV Pramugari yang bisa Anda ikuti.

Struktur CV Pramugari


Data Diri
Data diri ini adalah hal penting yang harus kamu perhatikan benar-benar. Di dalam data diri ini, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda masukdan dan hal yang sebaiknya tidak perlu Anda masukan.

Yang wajib Anda masuk adalah: Nama, Jabatan, Email, Nomor Telepon, Alamat, dan Linked-in (pilihan).

Sementara untuk hal-hal yang sebaiknya tidak Anda masukan adalah sebagai berikut: Status pernikahan, agama, hobi atau pun makanan kesukaan.

Deskripsi Diri
Memberikan rangkuman diskripsi diri sangat penting karena akan menentukan kesan pertama rekruter terhadap Anda. Deskripsi diri umumnya berisikan kalimat yang menjelaskan tentang diri Anda, motivasi, pencapaian, keterampilan, atau riwayat kerja Anda secara singkat. 

Contoh:
Memiliki pengalaman menjadi pramugari yang ramah dan berorientasi pada keselamatan penumpang dengan pengalaman kerja 2+ tahun di Garuda Udara. Memiliki minat dan untuk mengembangkan keterampilan pramugari saya. Terus memberikan layanan penumpang terbaik dengan bergabung bersama Garuda Indonesia sebagai pramugari senior yang baru.


Pengalaman Pekerjaan

Memiliki pengalaman yang relevan sangat penting untuk Anda sertakan, semakin banyak pengalaman yang Anda miliki itu akan semakin baik. Anda dapat menekankan pengalaman kerja Anda pada pencapaian ataupun pelajaran yang Anda dapatkan di pekerjaan sebelumnya. Sertakan pengalaman kerja Anda yang relevan dengan area penerbangan.

Daun.id

pixabay.com

Jika Anda belum memiliki pengalaman, tekankan pengalaman kerja Anda yang berhubungan dengan bidang pelayanan pelanggan, pariwisata, bahasa, atau pengalaman sukarelawan. 

Contoh pengalaman dalam CV pramugari profesional:

Pramugari | Citilink | Agustus 2019 - 2021
Lokasi Penempatan: Jakarta

Menyelesaikan 1000+ jam penerbangan domestik dan internasional dengan jet komersial yang menampung 365 orang

Contoh yang Belum Memiliki Pengalaman Kerja:

Relawan Manajemen Acara | Artisan in Residence | 2019 - 2021

Bekerja dengan rekan tim dari berbagai belahan dunia dengan baik
Memberikan layanan yang prima untuk pelanggan internasional dan domestik.


Riwayat Pendidikan
Pendidikan menjadi hal yang penting dan sangat diperhatikan oleh HRD ketika merekrut pegawai. Umumnya, syarat menjadi pramugari itu untuk memiliki pendidikan minimal SMA/SMK sederajat. Adapun beberapa maskapai yang lebih mengutamakan calon pramugari dengan gelar D3/S1. 

Selain latar pendidikan, tambahkan pula kemampuan atau skill pada CV Anda, baik soft skills maupun hard skills untuk menunjukkan kelebihan serta kompetensi kamu sebagai calon pramugari yang profesional dan dapat dipercaya.  

Contoh Pendidikan Formal:
- SMP 1 Jakarta | 2004 - 2007
- SMA Taruna Putri | MIPA | 2007 - 2010
- Jogja Flight | Sarjana Manajemen Penerbangan | 2010 - 2014

Contoh Softskill:
Mudah beradaptasi
Pelayanan pelanggan
Mampu bekerjasama dengan tim
Kepribadian ramah dan positif
Mampu bekerja di bawah tekanan dengan baik
Bertanggung jawab dan berempati
Keterampilan memecahkan masalah
Komunikasi aktif
Kesadaran keselamatan

Contoh Hardskill:
Operasi interkom pesawat
Operasi penerbangan
Pemeliharaan dan penggunaan jembatan jet/garbarata
Pengetahuan keselamatan penumpang
Resusitasi Jantung Paru (RJP)
Pengetahuan pertolongan pertama
Marketing
Administrasi dan manajemen
Stamina fisik
Bahasa Inggris aktif | IELTS
Bahasa Prancis aktif | CEFR

Tips Membuat CV Farmasi

Ada beberapa tips jitu yang harus Anda ikuti agar CV Anda mendapat perhatian dari HRD, meliputi:

- Tetap Berpegang pada Format CV Tradisional
Perhatikan jenis font, warna font, dan juga desain CV pramugari.

- Sebutkan Pencapaian dalam CV Pramugari
Untuk setiap pengalaman kerja yang kamu tulis, fokuslah untuk menulis pencapaian kamu dalam posisi pekerjaan sebelumnya.

- Tips untuk Fresh Graduate SMA dan SMK
Walaupun lulusan baru SMA cenderung memiliki pengalaman yang lebih sedikit, Anda dapat menuliskan beberapa sebagai berikut: 

  • Pengalaman organisasi
  • Ekstrakulikuler
  • Projek di dalam atau di luar sekolah
  • Seminar


Contoh CV Farmasi
Untuk mempermudah Anda ketika membuat CV farmasi, berikut adalah beberapa contoh yang dapat Anda ikuti:

Contoh 1

Daun.id

istimewa

Contoh 2

Daun.id

istimewa

Contoh 3

Daun.id

istimewa

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya