20 Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Penjelasannya 

"Berikut ini adalah contoh beserta penjelasan karya seni rupa 3 dimensi dan penjelasanya."

Life | 28 February 2023, 16:03
20 Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Penjelasannya 

Pengertian: Karya seni 3 dimensi merupakan karya seni yang diciptakan oleh manusia yang memiliki dimensi ukuran, panjang, lebar, dan tinggi, sehingga tampak adanya volume dan ruang dalam karya tersebut. Singkatnya, unsur ruang menjadi ciri pembeda antara karya seni 2 dimensi dengan karya seni 3 dimensi. Objek karya seni 3 dimensi ini dapat dilihat dari berbagai sisi.

Jenis Karya Seni 3 Dimensi


Seni Terapan (Applied Art)
Seni Terapan (Applied Art) adalah karya seni yang dapat digunakan sebagai benda pakai yang yang membantu pekerjaan manusia. Semakin nyaman digunakan oleh manusia maka semakin bagus karya seni tersebut. Contoh: kursi kayu, meja kayu, rak bambu, lemari rotan, gendang, dan lain-lain.

Seni Rupa Murni (Pure Art)
Karya seni jenis ini diciptakan hanya semata-mata untuk dinikmati keindahannya saja. Semakin indah dilihat maka semakin bagus karya seni tersebut. Contoh: patung sebagai maskot suatu lembaga, bangunan tugu, dan lain-lain.

Fungsi Seni Rupa 3 Dimensi

Berikut ini, ada beberapa fungsi utama dari seni rupa tiga dimensi, diantaranya yaitu:

Sebagai Hiasan
Karya seni rupa 3 dimensi yang udah jadi, digunakan sebagai hiasan buat mempercantik sebuah ruangan atau objek lain. Yang paling sering ditemui adalah karya 3 dimensi yang berwujud benda hias seperti vas bunga, guci penghias ruangan, piring hias dinding (pajangan dinding) dan lainnya.

Sebagai Sarana Rekreasi
Hampir sama dengan fungi sarana belajar, fungsi karya seni tiga dimensi ini karena rekreasi bisa dijadikan hiburan. Pada saat study tour, candi-candi dan kawasan sejarah yang memuat unsur karya seni jelas dikunjungi buat sarana hiburan bagi manusia jaman sekarang.

Sebagai Sarana Religi
Fungsi karya seni rupa tiga dimensi yang kelima adalah sebagai sarana religi. Banyak sekali masjid peninggalan jaman dahulu atau tempat ibadah agama lainnya yang memiliki banyak motif.

Masjid saka tunggal dengan reliefnya dan bisa dijumpai juga candi borobudur, candi mendut, dimana digunakan sebagai tempa peribadahan umat budha pada acara waisya.

Sebagai Sarana Belajar dan Peringatan
Fungsi seni rupa tiga dimensi lainya adalah sebagai sarana belajar dan peringatan. Maksud dari fungsi ini adalah buat menunjukkan betapa banyaknya karya seni 3 dimensi pada jaman sebelum kemerdekaan, adalah sebagai sebuah tanda pengingat. Biasanya, berupa tugu atau prasasti jaman dahulu.

20 Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Terdapat banyak sekali contoh dari karya seni 3 dimensi, meliputi;

1. vas bunga,

Daun.id

pexels.com

2. kendi,

3. meja,

4. patung,

Daun.id

pixabay.com

5. kursi,

6. bingkai foto,

7. guci,

Daun.id

pexels.com

8. gerbang,

9. sandal,

10. tas,

11. boneka,

Daun.id

pixabay.com

12. kacamata,

13. gelas,

14. mangkuk,

15. alat musik,

Daun.id

pixabay.com

16. sepatu, helm,

17. asbak,

18. candi,

Daun.id

pixabay.com


19. topeng,

20. bohlam.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya