Contoh Proposal PPK Ormawa yang Baik, Ketaui Langkah Pembuatannya

"berikut contoh serta urutan dalam pembuatannya"

Life | 18 March 2023, 07:19
Contoh Proposal PPK Ormawa yang Baik, Ketaui Langkah Pembuatannya

Bagi setiap kelompok, organisasi, perkumpulan atau komunitas atau bahkan perorangan, atau pun sekolah, pasti memiliki sebuah keinginan untuk membuat kegiatan atau pun acara, dan juga lomba. Apa pun itu bentuk acaranya, juga berupa-rupa. Karena tentunya tiap orang atau perkumpulan selalu memiliki gagasan atau ide yang berbeda.

Satu di antaranya yang berada di dalam lembaga sekolah, atau siswa-siswi yang tergabung dalam sebuah organisasi. Untuk merealisasikan kegiatan atau acara dan lomba, bahkan juga untuk mengadakan sebuah kegiatan, yang diadakan oleh pihak Ormawa tersebut tentu ada yang tidak langsung serta merta membuatnya atau melakukannya. Tetap membutuhkan pihak lain untuk diajak kerjasama. Bentuk kerjasama atau ide usaha tersebut ditampung dalam proposal, kemudian diajukan kepada orang-orang yang hendak dijadikan sasaran.

Pengertian Proposal
Sebelum itu, penting untuk mengetahui pengertian dari Proposal itu sendiri. Yaitu sebuah dokumen yang mempresentasikan ide, rencana, atau solusi untuk suatu masalah atau tantangan yang dihadapi. Proposal umumnya ditujukan kepada pihak yang berkepentingan atau memiliki kekuasaan untuk menentukan apakah ide atau rencana tersebut layak dilanjutkan atau tidak.

Proposal juga bisa berupa tawaran atau solusi bagi suatu permasalahan yang ditujukan kepada orang yang memiliki potensial yang dituju dalam proposal tersebut. Dalam hal ini, proposal juga bertujuan untuk mempersuasi pihak yang dituju untuk menerima tawaran atau solusi tersebut. Secara umum, proposal harus mencakup bagian informasi yang cukup untuk membuat pihak yang dituju memahami ide, rencana, atau solusi tersebut dan membuat keputusan yang tepat.

Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan merupakan sebuah rencana atau proposal tertulis yang memuat penjelasan lengkap mengenai suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Proposal ini biasanya disusun dengan tujuan untuk menbisakan persetujuan atau dukungan dari pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut, seperti sponsor, lembaga atau instansi pemerintah, atau masyarakat umum.

Pada proposal kegiatan, terbisa beberapa komponen penting yang harus dijelaskan dengan jelas dan detail, antara lain seperti latar belakang kegiatan, tujuan kegiatan, target peserta, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan, serta rincian kegiatan yang akan dilakukan. Selain itu, proposal kegiatan juga harus mencantumkan daftar peralatan dan biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.
Daun.id

pixabay

Penting untuk memperhatikan bahwa sebuah proposal kegiatan haruslah dibuat dengan singkat, jelas, dan padat. Proposal kegiatan yang terlalu panjang dan tidak fokus pada pokok permasalahan bisa membuat pihak yang dituju merasa tidak tertarik untuk membaca atau memberikan persetujuan.

PPK Ormawa
Merupakan singkatan dari Panitia Penyelenggara Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan. PPK Ormawa merupakan sebuah panitia yang dibentuk oleh mahasiswa dalam suatu organisasi kemahasiswaan untuk mengurus dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan organisasi.

Tugas utama dari PPK Ormawa adalah sebagai berikut, di antaranya:

  • Merencanakan dan mengatur kegiatan organisasi kemahasiswaan, seperti seminar, workshop, pelatihan, lomba, dan acara lainnya.
  • Mengumpulkan dana dan menyiapkan anggaran untuk kegiatan organisasi.
  • Menyusun proposal dan mengajukan permohonan izin kegiatan ke pihak kampus atau pemerintah setempat.
  • Mengkoordinasikan dan memimpin tim pelaksana dalam penyelenggaraan kegiatan organisasi.
  • Melakukan evaluasi dan laporan setelah kegiatan organisasi selesai dilaksanakan.


PPK Ormawa umumnya terdiri dari beberapa anggota yang dipilih dari kalangan anggota organisasi kemahasiswaan tersebut. Anggota dari PPK Ormawa harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengorganisir dan mengatur kegiatan, serta memiliki kemampuan komunikasi hingga interpersonal yang baik.

Dalam melaksanakan tugasnya sendiri, PPK Ormawa harus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti misalnya kepada dosen pembimbing, pihak kampus, juga sponsor kegiatan. Dalam menjalankan tugasnya ini, PPK Ormawa juga harus memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan.

Dalam banyak fakta yang ada, pengalaman dalam mengikuti PPK Ormawa bisa memberikan pengalaman yang berharga dan bisa menjadi modal penting untuk karir masa depan nantinya. Hal ini karena PPK Ormawa mengajarkan berbagai keterampilan seperti manajemen waktu, kemampuan memimpin, dan kemampuan bekerja dalam tim, yang sangat diperlukan dalam dunia kerja.

Contoh Proposal PPK Ormawa, Berikut Urutan Langkah Pembuatannya
Daun.id

pixabay

Proposal Penyelenggaraan Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan

Kepada Yth,

Rektor Universitas XYZ

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan semakin meningkatnya kegiatan organisasi kemahasiswaan, kami dari panitia penyelenggara kegiatan organisasi kemahasiswaan (PPK Ormawa) dengan ini mengajukan proposal untuk mengadakan kegiatan organisasi kemahasiswaan pada semester ini. Adapun rincian proposal kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

Nama Kegiatan: Seminar Nasional "Inovasi dan Tantangan Masa Depan"

Waktu dan Tempat:
Waktu: 20 April 20XX
Tempat: Aula Universitas XYZ
Tema: Inovasi dan Tantangan Masa Depan

Tujuan Kegiatan:

  • Memperkenalkan inovasi terbaru di berbagai bidang kepada mahasiswa
  • Memberikan wawasan tentang tantangan masa depan dalam berbagai sektor
  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menghadapi tantangan masa depan
Sasaran Kegiatan: Mahasiswa Universitas XYZ

Metode Pelaksanaan:

  • Presentasi dari narasumber ahli dalam bidang yang relevan
  • Diskusi panel dengan narasumber dan peserta
  • Pameran inovasi dari beberapa perusahaan
Biaya Kegiatan:
  • Sewa Aula: Rp. 10.000.000
  • Transportasi dan Akomodasi Narasumber: Rp. 15.000.000
  • Makan dan Minum: Rp. 5.000.000
  • Perlengkapan Acara: Rp. 3.000.000
  • Dokumentasi: Rp. 2.000.000
  • Lain-lain: Rp. 5.000.000
  • Total Biaya: Rp. 40.000.000

Sumber Dana:
  • Kontribusi dari Sponsor: Rp. 20.000.000
  • Kontribusi dari Anggota Organisasi: Rp. 10.000.000
  • Kontribusi dari Universitas: Rp. 10.000.000

Pelaksana Kegiatan:
  • Ketua PPK Ormawa: Andi
  • Sekretaris PPK Ormawa: Budi
  • Bendahara PPK Ormawa: Cinta
  • Tim Pelaksana: 10 orang anggota PPK Ormawa
Demikian proposal kegiatan ini kami ajukan. Kami berharap proposal ini bisa disetujui dan kami bisa melaksanakan kegiatan dengan sukses. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat kami,

Panitia Penyelenggara Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa)

Andi

Ketua PPK Ormawa

Budi

Sekretaris PPK Ormawa

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 23 FEBRUARI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:20 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:17 MAGHRIB 18:16 ISYA 19:26  

Zodiak Pisces Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Februari 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami kejutan positif. Kamu akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasanganmu. Jika kamu masih sendiri, ada kemungkinan kamu akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Pisces Selengkapnya




AI