Contoh Outline Proposal Penelitian, Berikut Urutan Penulisannya

"Berikut Urutan Penulisannya"

Life | 20 March 2023, 16:05
Contoh Outline Proposal Penelitian, Berikut Urutan Penulisannya

Saat hendak membuat sebuah Penelitian, tentunya tak hanya menyiapkan dan menentukan objek yang akan diteliti. Juga di antaranya adalah penting untuk membuat proposalnya terlebih dahulu. Untuk diajukan kepada orang-orang yang berkaitan atau berhubungan dengan orang yang akan mengoreksi Penelitian tersebut. Akankah nanti disetujui atau sebaliknya.

Pengertian Proposal
Proposal itu merupakan sebuah dokumen tertulis yang berisi rencana atau usulan untuk suatu kegiatan atau proyek tertentu. Proposal umumnya dibuat untuk memberi keyakinan kepada orang-orang atau pihak yang berwenang untuk mendukung atau membiayai suatu kegiatan atau proyek.

Umumnya proposal itu terdiri dari beberapa hal seperti latar belakang masalah, tujuan, ruang lingkup kegiatan atau proyek, metode atau strategi yang akan digunakan, sumber daya yang dibutuhkan, biaya, jadwal pelaksanaan, manfaat yang akan diperoleh, dan risiko serta dari strategi mitigasinya.
Daun.id

pixabay

Bisa digunakan dalam berbagai bidang. Contohnya seperti bisnis, pendidikan, penelitian, sosial, budaya, dan sebagainya. Di konteks bisnis, proposal umumnya digunakan untuk mengajukan rencana bisnis kepada investor atau pihak yang berwenang untuk menbisakan dukungan atau modal usaha. Dalam pendidikan, proposal digunakan untuk mengajukan rencana kegiatan atau proyek kepada pihak sekolah, lembaga, civitas akademik atau universitas. Sedangkan di penelitian, proposal digunakan untuk mengajukan rencana penelitian kepada pihak sponsor atau lembaga yang akan membiayai penelitian.

Penelitian
Sedangkan penelitian atau karya ilmiah ini sendiri adalah suatu publikasi atau presentasi yang berisi hasil sebuah penelitian atau pemikiran yang dilakukan oleh seorang peneliti atau kelompok peneliti. Karya ini bisa berupa makalah, artikel, buku, atau presentasi yang diterbitkan atau disampaikan dalam forum ilmiah.

Karya ilmiah harus melalui proses yang ketat dalam hal review dan validasi oleh para ahli dalam bidang yang sesuai atau yang paham mengenai apa yang dilakukan dalam penelitian tersebut, sehingga bisa dijamin bahwa hasil dan kesimpulan yang dikemukakan dalam karya ilmiah tersebut akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Karya ilmiah memainkan peran yang cukup penting dalam perkembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan membantu dalam memecahkan masalah dan membangun solusi yang lebih baik.

Outline Proposal Penelitian
Merupakan garis besar atau kerangka umum dari proposal penelitian yang akan disusun. Outline ini berisi urutan sistematik dari setiap bagian proposal penelitian yang akan disajikan, mulai dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hingga rencana kerja dan anggaran.

Dalam outline proposal penelitian nantinya, peneliti bisa menentukan secara rinci tentang apa yang akan diteliti, bagaimana metode penelitian yang akan digunakan atau dilaksanakan, serta estimasi anggaran hingga jadwal penelitian. Outline ini bisa menjadi acuan bagi peneliti dalam menyusun proposal penelitian yang lebih lengkap dan terstruktur.

Outline proposal penelitian yang baik bisa membantu peneliti dalam merancang penelitian yang sistematis, terstruktur, dan mudah dipahami. Dengan adanya outline proposal penelitian ini, peneliti bisa mengorganisir ide serta gagasan dengan lebih baik sehingga bisa mempercepat dan memudahkan penyusunan proposal penelitian secara keseluruhan.

Contoh Outline Proposal Penelitian, Berikut Urutan Penulisannya
Berikut ini adalah contoh outline proposal penelitian:
Daun.id

pixabay

I. Pendahuluan
A. Latar belakang
B. Rumusan masalah
C. Tujuan penelitian
D. Manfaat penelitian

II. Tinjauan Pustaka
A. Teori terkait
B. Penelitian terdahulu yang relevan
C. Kerangka Konseptual

III. Metode Penelitian
A. Jenis penelitian
B. Populasi dan sampel penelitian
C. Teknik pengambilan sampel
D. Instrumen penelitian
E. Validasi instrumen
F. Teknik pengumpulan data
G. Uji validitas dan reliabilitas data
H. Analisis data

IV. Rencana Kerja dan Anggaran
A. Tahapan penelitian
B. Jadwal penelitian
C. Anggaran penelitian

V. Daftar Pustaka

VI. Lampiran (jika ada)
A. Instrumen penelitian
B. Surat izin penelitian


Catatan: Contoh outline proposal penelitian di atas hanya sebagai referensi. Peneliti bisa menyesuaikan dengan kebutuhan penelitian masing-masing. Outline proposal penelitian yang baik harus mengikuti kerangka umum penulisan proposal penelitian yang umum berlaku dan sesuai dengan kebijakan institusi dan program studi masing-masing.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya