Contoh Proposal Bakti Sosial dan Cara Membuatnya

"Pahami cara membuatnya juga."

Life | 21 March 2023, 09:32
Contoh Proposal Bakti Sosial dan Cara Membuatnya

Proposal Bakti Sosial adalah sebuah dokumen tertulis yang berisi rencana kegiatan sosial yang akan dilakukan oleh sekelompok orang atau lembaga untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Proposal ini berisi tujuan, sasaran, kegiatan, anggaran, dan manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat yang akan dibantu.

Proposal Bakti Sosial biasanya dibuat untuk mengajukan permohonan dukungan dana atau bantuan kepada pihak-pihak yang dapat memberikan bantuan, seperti pemerintah, perusahaan, atau donatur individu. Proposal ini juga berguna untuk mengkoordinasikan kegiatan yang akan dilakukan dengan baik, sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat yang dibantu.

Cara membuat Proposal Bakti Sosial

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat proposal bakti sosial:

  1. Tentukan tema dan tujuan
    Tentukan tema kegiatan bakti sosial yang ingin dilakukan dan tuliskan tujuan yang ingin dicapai. Pastikan tujuan yang dituliskan spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dan tepat waktu (SMART).
  2. Identifikasi masalah
    Identifikasi masalah atau kebutuhan yang dihadapi oleh masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan bakti sosial. Pahami masalah tersebut secara mendalam, agar kegiatan bakti sosial yang dilakukan dapat memberikan solusi yang tepat.
  3. Tentukan sasaran
    Tentukan sasaran kegiatan bakti sosial yang ingin dicapai, seperti jumlah orang yang akan dibantu atau wilayah yang akan dijangkau.
  4. Rencanakan kegiatan
    Rencanakan kegiatan bakti sosial yang akan dilakukan, seperti jenis kegiatan, waktu pelaksanaan, dan jumlah peserta atau relawan yang dibutuhkan.
  5. Tentukan anggaran
    Tentukan anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial. Anggaran tersebut dapat berupa biaya operasional, transportasi, makanan dan minuman, alat dan bahan yang dibutuhkan, dan lain-lain.
  6. Tuliskan proposal
    Tuliskan proposal bakti sosial secara rapi dan jelas, dengan mengikuti format standar yang biasanya digunakan, seperti judul, latar belakang, tujuan, sasaran, kegiatan, anggaran, manfaat, dan kesimpulan. Pastikan proposal ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, jelas, dan persuasif.
  7. Rapihkan dan review
    Rapihkan proposal bakti sosial yang telah ditulis dan review kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan atau kekurangan informasi. Bisa meminta bantuan orang lain untuk membaca dan memberikan masukan.
  8. Ajukan proposal
    Ajukan proposal bakti sosial yang telah dibuat ke pihak-pihak yang berkepentingan, seperti pemerintah, perusahaan, atau donatur individu. Jangan lupa untuk menyesuaikan proposal dengan persyaratan dan format yang diminta oleh pihak tersebut.


Contoh proposal bakti sosial
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut adalah contoh proposal bakti sosial, yakni:

I. Judul: Program Bakti Sosial "Membangun Desa Melalui Pendidikan dan Kesehatan"

II. Latar Belakang

Desa X merupakan salah satu desa di Kabupaten Y yang masih banyak mengalami masalah dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Beberapa sekolah dasar di desa tersebut masih minim fasilitas dan terdapat banyak anak yang putus sekolah. Selain itu, fasilitas kesehatan juga kurang memadai sehingga banyak warga yang kesulitan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya program bakti sosial untuk membantu meningkatkan pendidikan dan kesehatan di desa tersebut.

III. Tujuan

Tujuan dari program bakti sosial ini adalah untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan di Desa X.

IV. Sasaran

Sasaran dari program bakti sosial ini adalah anak-anak sekolah dan warga Desa X.

V. Kegiatan

Kegiatan yang akan dilakukan dalam program bakti sosial ini adalah:

- Membangun sekolah dasar dengan fasilitas yang memadai, seperti ruang kelas, toilet, dan perpustakaan.
- Memberikan bantuan biaya pendidikan kepada anak-anak yang kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
- Menyelenggarakan pelatihan keterampilan untuk meningkatkan keterampilan anak-anak dan warga desa dalam berbagai bidang, seperti pertanian, kerajinan, dan teknologi.
- Menyediakan layanan kesehatan dengan membangun puskesmas yang memadai dan memberikan layanan kesehatan gratis atau dengan biaya terjangkau.
- Memberikan penyuluhan kesehatan kepada warga desa mengenai pola hidup sehat, sanitasi lingkungan, dan pencegahan penyakit.

VI. Anggaran

Anggaran yang dibutuhkan untuk program bakti sosial ini adalah Rp 500 juta, yang akan digunakan untuk membiayai kegiatan seperti pembangunan sekolah, penyediaan bantuan biaya pendidikan, pelatihan keterampilan, pembangunan puskesmas, dan penyuluhan kesehatan.

VII. Manfaat

Manfaat dari program bakti sosial ini adalah:

- Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan di Desa X.
- Membantu anak-anak kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
- Meningkatkan keterampilan anak-anak dan warga desa dalam berbagai bidang.
- Memperbaiki fasilitas kesehatan di desa tersebut dan memberikan layanan kesehatan yang memadai.
- Meningkatkan kesadaran warga desa tentang pentingnya pola hidup sehat dan sanitasi lingkungan.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya