Doa dan Tata Cara Sholat Tarawih, Berikut dengan Bacaannya

"berikut bacaannya, juga merupakan seperti bacaan doa umumnya setelah tarawih dan witir"

Life | 27 March 2023, 08:58
Doa dan Tata Cara Sholat Tarawih, Berikut dengan Bacaannya

Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan oleh umat Muslim pada bulan Ramadan setiap malam. Sholat tarawih terdiri dari 20 rakaat yang dibagi menjadi 10 rakaat dua kali, dengan tiap rakaat terdiri dari dua kali sujud. Setiap rakaat diawali dengan membaca surat al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surat pendek lainnya dari Al-Qur'an.

Tata Cara Sholat Tarawih
Sholat Tarawih merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada malam bulan Ramadan setelah melakukan atau melaksanakan sholat Isya. Berikut adalah tata cara sholat Tarawih:
Daun.id

pixabay

  • Mempersiapkan diri dan niat; Sebelum memulai sholat Tarawih, sebaiknya mempersiapkan diri dengan mandi atau wudhu. Kemudian niat sholat Tarawih dilakukan di dalam hati.
  • Melaksanakan sholat Isya; Sholat Tarawih dilakukan setelah sholat Isya. Karenanya sebelum melaksanakan sholat Tarawih, terlebih dahulu dilakukan sholat Isya.
  • Menyiapkan ruang sholat; Dalam melaksanakan sholat tentunya harus dengan keadaan yang tenang, bersih, dan nyaman. Kemudian membaca niat sholat Tarawih secara diam-diam.
  • Memulai sholat Tarawih; Sholat Tarawih dilakukan sebanyak 11 atau 23 rakaat. Setiap dua rakaat dilakukan satu kali salam. Setelah empat rakaat, dilakukan istirahat sejenak sebelum melanjutkan sholat.
  • Membaca surat Al-Fatihah dan surat lainnya; Seperti sholat pada umumnya, di dalam sholat Tarawih juga membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek dari Al-Quran setiap kali melakukan rakaat.
  • Melakukan gerakan sholat dengan baik; Seperti rukuk dan sujud dengan baik dan benar. Sebaiknya mengikuti gerakan imam jika sholat berjamaah.
  • Membaca doa setelah salam; Setelah selesai sholat Tarawih, sebaiknya membaca doa setelah salam. Dalam doa tersebut, memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT.


Berikut ini urutan dan bacaan sholat tarawih yang biasa digunakan oleh umat Muslim:

1. Membaca niat sholat tarawih sebagai berikut ini:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah swt.”

2. Membaca takbiratul ihram

3. Setelah takbiratul ihram, membaca surat al-Fatihah

4. Membaca surat pendek lainnya dari Al-Qur'an

5. Ruku', berikut ini bacaan doanya:

سُبْحَانَ رَبِّي الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ

Subhāna rabbiyal ‘azhīmi wa bi hamdih. Dibaca 3 kali.

6. Bangkit dari ruku' atau i'tidal membaca doa berikut:

رَبَّنَا لَك الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْت مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

Rabbanā lakal hamdu mil’as samāwāti wa mil’al ardhi wa mil’a mā syi’ta min syay’in ba‘du.

7. Sujud dan membaca bacaan doa berikut:

سُبْحَانَ رَبِّي الأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

Subhāna rabbiyal a‘lā wa bi hamdih.

8. Membaca doa duduk di antara dua sujud, sebagai berikut:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَاجْبُرْنِي وَارْفَعْنِي وَارْزُقْنِي وَاهْدِنِي وَعَافِنِي وَاعْفُ عَنِّي
 
Rabbighfir lī, warhamnī, wajburnī, warfa‘nī, warzuqnī, wahdinī, wa ‘āfinī, wa‘fu ‘annī.

9. Bacaan tasyahud awal

التَّحِيَّاتُ للهِ، السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحَمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ

At-tahiyyātu lillāh, as-salāmu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullāhi wa barakātuh, as-salāmu ‘alainā wa ‘alā ‘ibādillāhis shālihīn, asyhadu an lā ilāha illallāh, wa asyhadu anna Muhammadar rasūlullāh

10. Bacaan shalawat nabi.

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِ  سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، فِي العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَّجِيْدٌ

Allāhumma shalli ‘alā sayyidinā Muhammad, wa ‘alā āli sayyidinā Muhammad, fil ‘ālamīna innaka hamīdum majīd.

11. Bacaan salam pertama menengok ke kanan dan salam kedua belok ke kiri, berikut ini bacaan salam:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ
 
As-salāmu ‘alaikum
Daun.id

pixabay

12. Doa Tarawih. Berikut bacaan yang dimaksud;

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هٰذِهِ لَيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ.  بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummaj‘alna bil imani kamilin. Wa lil faraidli muaddin. Wa lish-shlati hafidhin. Wa liz-zakati fa‘ilin. Wa lima ‘indaka thalibin. Wa li ‘afwika rajin. Wa bil-huda mutamassikin. Wa ‘anil laghwi mu‘ridlin. Wa fid-dunya zahdin. Wa fil ‘akhirati raghibin. Wa bil-qadla’I radlin. Wa lin na‘ma’I syakirin. Wa ‘alal bala’i shabirin. Wa tahta liwa’i muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyâmati sa’irina wa alal haudli waridin. Wa ilal jannati dakhilin. Wa minan nari najin. Wa 'ala sariirl karamati qa'idin. Wa bi hurun 'in mutazawwijin. Wa min sundusin wa istabraqin wadibajin mutalabbisin. Wa min tha‘amil jannati akilin. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaribin. Bi akwabin wa abariqa wa ka‘sin min ma'in. Ma‘al ladzina an‘amta ‘alaihim minan nabiyyina wash shiddiqina wasy syuhada’i wash shalihina wa hasuna ula’ika rafiqan. Dalikal fadl-lu minallahi wa kafa billahi ‘aliman. Allahummaj‘alna fi hadzihil lailatisy syahrisy syarifail mubarakah minas su‘ada’il maqbulin. Wa la taj‘alna minal asyqiya’il mardudin. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa alihi wa shahbihi ajma‘in. Birahmatika ya arhamar rahimin wal hamdulillahi rabbil ‘alamin

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara sholat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya