7 Amalan Doa di Bulan Ramadhan, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

"Amalkan amalan doa di bulan Ramadhan."

Life | 30 March 2023, 09:53
7 Amalan Doa di Bulan Ramadhan, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, di mana umat Muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Puasa Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap orang Muslim dewasa yang sehat dan mampu melakukannya. Selama bulan Ramadhan, umat Muslim menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri dari terbit fajar hingga matahari terbenam.

Selain itu, bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan pengampunan, di mana orang Muslim dianjurkan untuk lebih banyak membaca Al-Quran, berdoa, bersedekah, dan melakukan amalan kebaikan lainnya. Bulan Ramadhan biasanya diakhiri dengan perayaan Idul Fitri, di mana umat Muslim merayakan keberhasilan menyelesaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Amalan doa di bulan Ramadhan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Beberapa amalan doa di bulan Ramadhan ialah sebagai berikut, yakni:

1. Doa sambut Ramadhan

Kamu dapat membaca doa ini sehari menjelang bulan Ramadhan atau saat di akhir bulan syaban.

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minni mutaqobbalan

Artinya: "Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan."

2. Doa memohon keberkahan

Doa memohon keberkahan dapat diamalkan muslim ketika bulan rajab dan syaban, supaya selalu diberkahi supaya kembali bertemu dengan Ramadhan.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Allahumma bariklana fi rajaba wa sya’bana wa ballighna ramadhana

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami pada bulan rajab dan bulan syaban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan."

3. Doa menyambut Ramadhan sesuai sunnah

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni, wal Imani, was salamati, wal islami, rabbi wa rabbukallahu. Hilalu rusydin wa khairin

Artinya: "Ya Allah, pertemukan bulan Ramadhan yang telah mendatangi kami dalam keadaan aman dan beriman, dalam keadaan selamat dan islam. Wahai bulan sabit! Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Dan sungguh engkau adalah bulan yang baik dan telah memberi petunjuk kepada kami."

4. Doa menyambut hilal Ramadhan

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ الله

Allahumma ahillahu ‘alaina bilamni wal iimani, wasalaamati wal islaami wattaufiiqi limaa nuhibbu wa tardhii robbana wa robbukallahu

Artinya: "Allah Mahabesar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kamu dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang engkau cintai dan engkau ridhai Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah." (HR.Ahmad)

Selain itu, kamu dapat melakukan beberapa doa di bulan Ramadhan seperti berikut:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

1. Doa dari Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith (34 H)

Doa yang diriwayatkan Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith (34 H). Pada Hadits itu Rasulullah mengajarkan doa atau kalimat yang dibaca ketika Ramadhan datang.

عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه, قال: كان رسول الله صلي الله عليه وسلم يعلمنا هؤلاء الكلمات إذا جاء رمضان أن يقول أحدنا: أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Artinya: "Dari ‘Ubadah bin al-Shamith radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajari kami bacaan berikut ini untuk dibaca oleh salah satu dari kami saat Ramadhan datang: "Allahumma salimni min ramadlâna wa sallim ramadhana li wa tasallamhu minni mutaqabbalan” (Ya Allah, sampaikan aku (dengan selamat menuju bulan) Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah (amal-amalku) (di bulan) Ramadhan."

2. Doa dari seorang tabi’in ahli Hadits dari Basrah, Imam Abu ‘Utsman an-Nahdi

Doa yang diriwayatkan seorang tabi’in ahli Hadits dari Basrah, Imam Abu ‘Utsman an-Nahdi. Riwayat itu berasal dari Sayyidina Umar bin al-Khattab, Sayyidina Ali bin Abu Thalib, Sayyidina Abdullah bin Mas’ud dan sahabat-sahabat lainnya (Jamaluddin Abi al-Hajjaj Yusuf al-Mizzi, Tahdzib al-Kamâl fî Asma’i al-Rijal, Beirut: Muassasah al-Risalah, 1992, juz 17, hlm. 425-426).

عن أبي عثمان النهدي قال: قالت عائشة رضي الله عنها: لما حضر رمضان قلت: يا رسول الله, قد حضر رمضان فما أقول؟ قال: قولي: اللهمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya: "Dari Abu ‘Utsman an-Nahdi, ia berkata: “(Sayyidah) ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Ketika Ramadhan datang, aku berkata: “Ya Rasulullah, sungguh Ramadhan telah tiba, maka apa (yang harus) kuucapkan?” Rasulullah berkata: “Ucapkanlah: “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annî” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Memaafkan, mencintai “maaf”, maka maafkanlah diriku)."

3. Doa dari Imam Abdul ‘Aziz bin Abi Rawad (w. 159 H)

Doa dari Imam Abdul ‘Aziz bin Abi Rawad (w. 159 H), seorang ahli Hadits, ahli ibadah dan imam Masjid al-Haram. Imam Abdullah bin Mubarak melihatnya sebagai “a’badinnas” (orang yang paling luar biasa ibadahnya di antara manusia). Ia adalah murid langsung dari Sayyidina Salim bin Abdullah bin Umar (w. 106 H), Imam Nafi’ (w. 117 H), dan lain-lain.

عن عبد العزيز بن أبي رواد قال: كان المسلمون يدعون عند حضرة شهر رمضان: اللّٰهمَّ أَظَلَّ شَهْرُ رَمَضَانَ وَحَضَرَ، فَسَلِّمْهُ لِي وَسَلِّمْنِي فِيهِ وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي، اللهمَّ ارْزُقْنِي صِيَامَهُ وَقِيَامَهُ صَبْرًا واحْتِسَابًا، وَارْزُقَنِي فِيْهِ الْجَدَّ وَالْإِجْتِهَادَ والقُوَّةَ والنَّشَاطَ، وَأَعِذْنِي فِيهِ مِنَ السّآمَةِ وَالفَتْرَةِ وَالكَسَلِ والنُّعَاسِ, وَوَفِّقْنِي فيه لِلَيْلَةِ الْقَدْرِ وَاجْعَلهَا خَيْرًا مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Artinya: "Dari Abdul Aziz bin Abi Rawad, ia berkata: “(Kaum) Muslimin berdoa saat bulan Ramadhan hadir: “Allahumma adhalla syahru ramadhana wa hadlara, fa sallimhu li wa sallimni fihi wa tasallamhu minni. Allahummarzuqni shiyamahu wa qiyamahu shabran wahtisaban, warzuqni fihil jadda wal ijtihada wal quwwata wan nasyatha, wa a’idzni fihi minassamati wal fatrati wal kasali wan na’asi, wawaffiqni fîhi li lailatil qadri waj’alha khairan min alfi syahrin.” (Ya Allah, bulan Ramadhan sudah membayangi dan datang. Maka, sampaikanlah (bulan) Ramadhan kepadaku, dan sampaikanlah aku (dengan selamat) ke dalamnya, dan terimalah (amal-amalku) (di bulan) Ramadhan. Ya Allah, karuniailah aku kesabaran dan (niat tulus) mengharap (pahala dan ridha-Mu) atas puasa (Ramadhanku) dan (qiyamul lailku). (Ya Allah), karuniailah aku dalam (bulan) Ramadhan kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan vitalitas. (Ya Allah), lindulingah aku dalam (bulan) Ramadhan dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan lemas atau (banyaknya kantuk). (Ya Allah), sukseskanlah aku dalam (mendapatkan) lailatul qadar di (bulan) Ramadhan (ini), dan jadikanlah (pahala atau kebaikannya) (lebih) baik dari seribu bulan."

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya