5 Amalan Malam 23 Ramadhan yang Bisa Dilakukan Sendiri

"Bisa Dilakukan Sendiri"

Life | 31 March 2023, 15:43
5 Amalan Malam 23 Ramadhan yang Bisa Dilakukan Sendiri

Memasuki bulan suci Ramadhan, salah satu kegiatan ibadah yang dilakukan selain menjalankan kewajiban puasa, adalah kegiatan sunnah namun sangat dianjurkan, serta mengharapkan pahala yaitu sholat tarawih, membaca Al-Quran dan lain sebagainya.

Bulan Ramadhan memiliki nilai penting dalam ajaran Islam karena di bulan ini, Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Karenanya bulan Ramadhan ini sendiri juga dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmat Allah SWT. Pada bulan puasa ini, umat Islam juga diharapkan untuk memperkuat hubungan dengan Allah SWT dan memperdalam pemahaman tentang agama Islam.

Selama bulan Ramadhan, juga terbisa berbagai macam makanan khas dan hidangan lezat yang disajikan saat berbuka dan sahur. Penting juga untuk diingat bahwa puasa bukan hanya tentang menahan lapar dan dahaga, melainkan juga tentang memperkuat iman, meningkatkan kualitas ibadah, serta memperbaiki diri dalam segala aspek kehidupan.
Daun.id

pixabay

Keutamaan Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan juga memiliki banyak keutamaan-keutamaan bagi umat Muslim. Di antaranya merupakan sebagai berikut:

  • Bulan Ramadhan merupakan bulan di mana Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia.
  • Bulan Ramadhan merupakan waktu untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT melalui puasa serta amalan ibadah lainnya.
  • Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang sudah baligh dan sehat.
  • Puasa Ramadhan  begitu membantu umat Muslim meningkatkan kesabaran, pengendalian diri, hingga rasa empati terhadap orang lain yang kurang beruntung.


Berikut dalil tentang keutamaan Ramadhan
1. Bagian dari Rukun Islam

Islam itu dibangun di atas lima perkara. Tidak sempurna keislaman seseorang kecuali dengan mengerjakan lima perkara tersebut. Puasa Ramadhan termasuk rukun Islam berdasarkan hadis dari Abu Abdirrahman Abdullah ibn Umar ibn al Khaththab , ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah n bersabda:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ رَسُولُ الله ﷺ: بُنِيَ الإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ ، وَإِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَالْحَجِّ ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Islam itu dibangun di atas lima perkara: syahadat(persaksian) bahwa tidak ada ilah (sembahan) yang berhak diibadahi dengan benar kecuali hanya Allah dan bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah, mendirikan shalat, membayar za kat, berhaji ke Baitullah, dan berpuasa di bulan Ramadhan.’” (HR al-Bukhari: 8 dan Muslim: 16)

2. Dikabulkannya Doa
Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan.” (HR. Al Bazaar. Al Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid, 10: 14 mengatakan bahwa perowinya tsiqoh -terpercaya-. Lihat Jami’ul Ahadits, 9: 224)

3. Menghapus dosa yang telah lalu
Dari Abu Hurairah Ra bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim No. 860).

Yang dimaksud berpuasa atas dasar iman yaitu berpuasa karena meyakini akan kewajiban puasa. Sedangkan yang dimaksud ihtisab adalah mengharap pahala dari Allah Ta’ala. (Lihat Fathul Bari, 4: 115).

Malam 23 Ramadhan
Merupakan salah satu malam yang kemungkinan memiliki keistimewaan yang lebih dibanding malam sebelumnya, dalam bulan suci Ramadhan dalam agama Islam. Malam ini sering disebut juga dengan Lailatul Qadr atau malam kemuliaan. Lailatul Qadr ini sendiri dianggap sebagai malam yang lebih baik daripada seribu bulan dan di dalamnya dilipatgandakan pahala bagi orang yang beribadah pada malam tersebut.

Malam 23 Ramadhan ini juga dianggap sebagai salah satu kemungkinan jatuhnya dari malam Lailatul Qadr, meskipun sebenarnya Lailatul Qadr bisa jatuh pada malam-malam lain dalam 10 terakhir dari bulan Ramadhan. Karenanya banyak umat muslim yang memperbanyak ibadah pada malam ini dengan melakukan shalat tarawih, membaca Al-Quran, berzikir, dan melakukan amalan-amalan kebaikan lainnya untuk memperoleh keberkahan dan pahala yang besar dari Allah SWT.

Amalan di Malam 23 Ramadhan
Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan di Malam 23 Ramadhan, adalah di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengerjakan Sholat Tarawih dan Sholat Tahajud: Mengerjakan sholat tarawih merupakan salah satu ibadah yang khusus dilakukan di bulan Ramadhan. Juga sangat disarankan untuk mengerjakan sholat tahajud di malam 23 Ramadhan, karena malam ini merupakan malam yang paling istimewa dalam bulan Ramadhan.Daun.id
    pixabay
  2. Membaca Al-Quran: Merupakan amalan yang sangat dianjurkan di malam 23 Ramadhan. Selain dari membaca Al-Quran sendiri, juga disarankan untuk mengkhatamkan Al-Quran pada malam ini.
  3. Berdoa dan berzikir: Malam 23 Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk berdoa dan berzikir. Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa dan zikir di malam ini, karena diyakini bahwa Allah SWT akan lebih mudah mengabulkan doa-doa pada malam ini.
  4. Bersedekah: Amalan yang sangat dianjurkan di malam 23 Ramadhan. Umat Muslim bisa membantu sesama yang membutuhkan dengan memberikan sedekah.
  5. Mengadakan majelis ilmu: Amalan selanjutnya yang baik di malam 23 Ramadhan. Dalam majelis ilmu, umat Muslim bisa belajar dan memperdalam pengetahuan agama.


Setelah mengetahui makna dari malam 23 Ramadhan beserta amalan-amalan apa saja yang bisa dikerjakan. Juga di antara malamnya yang memang banyak akan keberkahan pahala yang bisa diperoleh. Adalah satu di antaranya yaitu malam-malam ganjil di akhir bulan Ramadhan. Yang dalam artikel ini malam terakhir atau 23 Ramadhan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis dirawayatkan Imam Bukhari.

Dari Aisyah Radhiyallahu 'anha, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ


"Carilah malam lailatul qadar pada (malam ganjil) 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan." (HR. Bukhari)

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya