6 Amalan Malam 21 Ramadhan Penuh Berkah, Ketahui Keutamaanya

"Ketahui Keutamaanya"

Life | 03 April 2023, 19:59
6 Amalan Malam 21 Ramadhan Penuh Berkah, Ketahui Keutamaanya

Saat memasuki bulan suci Ramadhan, satu di antara kegiatan ibadah yang dilakukan selain menjalankan kewajiban puasa, adalah kegiatan sunnah namun sangat dianjurkan, serta mengharapkan pahala yaitu sholat tarawih, membaca Al-Quran dan lain sebagainya.

Selain menahan diri dari makan dan minum, umat muslim juga diharuskan untuk meningkatkan ibadah dan amal kebaikan lainnya selama bulan Ramadhan. Ini termasuk membaca Al-Qur'an secara lebih banyak, memberi sedekah, menghadiri sholat tarawih, dan berusaha untuk menjaga sikap dan perilaku yang baik.

Bulan RamadhanDaun.id

pixabay

Bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan ampunan. Pada bulan ini, umat muslim percaya bahwa pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Karenanya bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang baik untuk memperbaiki diri, memohon ampunan, dan berdoa untuk keberkahan dan keselamatan.

Pada akhir bulan Ramadhan, umat muslim merayakan hari raya Idul Fitri yang juga dikenal sebagai Lebaran. Ini adalah waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, saling memaafkan, dan berbagi kebahagiaan.

Dalam beberapa negara, bulan Ramadhan juga menjadi waktu untuk meningkatkan kegiatan sosial dan kemanusiaan, seperti memberikan makanan gratis kepada orang yang membutuhkan dan menggalang dana untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung.

Dalil Tentang Malam Ganjil
Di antara malamnya yang memang banyak akan keberkahan pahala yang bisa diperoleh. Ada satu di antaranya yaitu malam-malam ganjil di akhir bulan Ramadhan adalah malam lailatul qadar. Bisa jadi malam 21, 21, 25, 27 atau 29. Dalam artikel ini akan menjelaskan tentang salah satu malam ganjil terakhir atau 21 Ramadhan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis dirawayatkan Imam Bukhari.

Dari Aisyah Radhiyallahu 'anha, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

"Carilah malam lailatul qadar pada (malam ganjil) 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan." (HR. Bukhari)

Malam 21 Ramadhan
Ialah merupakan salah satu di antara malam yang kemungkinan memiliki keistimewaan yang lebih dibanding malam sebelumnya, dalam bulan suci Ramadhan dalam agama Islam. Malam ini sering disebut juga dengan Lailatul Qadr atau malam kemuliaan. Lailatul Qadr ini sendiri dianggap sebagai malam yang lebih baik daripada seribu bulan dan di dalamnya dilipatgandakan pahala bagi orang yang beribadah pada malam tersebut.

Malam 21 Ramadhan ini juga dianggap sebagai salah satu kemungkinan jatuhnya dari malam Lailatul Qadr, meskipun sebenarnya Lailatul Qadr bisa jatuh pada malam-malam lain dalam 10 terakhir dari bulan Ramadhan. Karenanya banyak umat muslim yang memperbanyak ibadah pada malam ini dengan melakukan shalat tarawih, membaca Al-Quran, berzikir, dan melakukan amalan-amalan kebaikan lainnya untuk memperoleh keberkahan dan pahala yang besar dari Allah SWT.

Keutamaan Malam 21 Ramadhan
Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Malam 21 Ramadhan disebut sebagai malam penuh berkah dan ampunan. Banyak umat Muslim yang berdoa, mendirikan sholat tahajud, dan melakukan ibadah lainnya pada malam ini.
  • Beberapa riwayat menyebutkan bahwa pada malam ini, Allah SWT memberikan ampunan dan rahmat-Nya kepada seluruh umat manusia. Karenanya banyak orang yang memperbanyak amalan dan berdoa pada malam ini untuk mendapatkan keberkahan dan pengampunan dari Allah SWT.
  • Malam 21 Ramadhan dianggap sebagai malam yang penuh malaikat dan rahmat Allah SWT. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Allah menengok kepada hamba-Nya pada malam Nisfu Sya'ban dan mengampuni seluruh hamba-Nya kecuali dua orang: seorang musyrik dan seorang yang bermusuhan."


Amalan di Malam 21 Ramadhan
Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan di Malam 21 Ramadhan, adalah di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengerjakan Sholat Tarawih dan Sholat Tahajud: Mengerjakan sholat tarawih merupakan salah satu ibadah yang khusus dilakukan di bulan Ramadhan. Juga sangat disarankan untuk mengerjakan sholat tahajud di malam 21 Ramadhan, karena malam ini merupakan malam yang paling istimewa dalam bulan Ramadhan.Daun.id
    pixabay
  2. Membaca Al-Quran: Merupakan amalan yang sangat dianjurkan di malam 21 Ramadhan. Selain dari membaca Al-Quran sendiri, juga disarankan untuk mengkhatamkan Al-Quran pada malam ini.
  3. Berdoa dan berzikir: Malam 21 Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk berdoa dan berzikir. Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa dan zikir di malam ini, karena diyakini bahwa Allah SWT akan lebih mudah mengabulkan doa-doa pada malam ini.
  4. Bersedekah: Amalan yang sangat dianjurkan di malam 21 Ramadhan. Umat Muslim bisa membantu sesama yang membutuhkan dengan memberikan sedekah.
  5. Mengadakan majelis ilmu: Amalan selanjutnya yang baik di malam 21 Ramadhan. Dalam majelis ilmu, umat Muslim bisa belajar dan memperdalam pengetahuan agama.
  6. Serta memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya