6 Amalan Bersedekah di Bulan Ramadhan, Ketahui Dalil dan Keutamaannya

"berikut dalilnya"

Life | 05 April 2023, 08:01
6 Amalan Bersedekah di Bulan Ramadhan, Ketahui Dalil dan Keutamaannya

Memasuki bulan suci Ramadhan, salah satu kegiatan ibadah yang dilakukan selain menjalankan kewajiban puasa, adalah kegiatan sunnah namun sangat dianjurkan, serta mengharapkan pahala yaitu sholat tarawih, membaca Al-Quran dan lain sebagainya.

Bulan Ramadhan memiliki nilai penting dalam ajaran Islam karena di bulan ini, Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Karenanya bulan Ramadhan ini sendiri juga dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmat Allah SWT. Pada bulan puasa ini, umat Islam juga diharapkan untuk memperkuat hubungan dengan Allah SWT dan memperdalam pemahaman tentang agama Islam.
Daun.id

pixabay

Selama bulan Ramadhan, juga terbisa berbagai macam makanan khas dan hidangan lezat yang disajikan saat berbuka dan sahur. Penting juga untuk diingat bahwa puasa bukan hanya tentang menahan lapar dan dahaga, melainkan juga tentang memperkuat iman, meningkatkan kualitas ibadah, serta memperbaiki diri dalam segala aspek kehidupan.

Bersedekah
Merupakan tindakan memberikan sebagian harta atau kekayaan kepada orang yang membutuhkan, tanpa mengharapkan imbalan apapun. Dalam agama Islam, bersedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan dianggap sebagai ibadah yang mulia. Bersedekah juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keberkahan dalam hidup. Tidak hanya di agama Islam, bersedekah juga dianggap sebagai tindakan sosial yang sangat penting dalam kebanyakan agama dan budaya di seluruh dunia. Bersedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti memberikan uang, makanan, pakaian, dan barang-barang yang dibutuhkan oleh orang yang membutuhkan.

Amalan Bersedekah di Bulan Ramadhan
Bersedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama di bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh keberkahan. Di bawah ini beberapa amalan dari bersedekah yang bisa diamalkan:

  1. Memberi makan orang yang berpuasa: Salah satu amalan bersedekah yang sangat dianjurkan adalah memberi makan orang yang berpuasa. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membagikan makanan berbuka puasa kepada orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin atau kaum dhuafa.
  2. Memberi zakat: Bulan Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk menunaikan zakat, yaitu kewajiban bagi umat Islam yang mampu untuk memberikan sebagian harta mereka kepada yang membutuhkan.
  3. Membantu orang yang sakit: Memberi bantuan kepada orang yang tengah sakit juga termasuk dalam amalan bersedekah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. bisa memberikan bantuan berupa obat-obatan atau biaya pengobatan kepada orang yang membutuhkan.
  4. Memberi santunan kepada anak yatim: Kegiatan ini juga merupakan amalan bersedekah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. bisa memberikan bantuan berupa uang atau barang-barang yang dibutuhkan oleh anak yatim.
  5. Memberi sumbangan ke masjid: Kegiatan ini juga merupakan amalan bersedekah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. bisa memberikan sumbangan berupa uang atau barang-barang yang dibutuhkan oleh masjid.
  6. Menolong orang yang terkena musibah: Menolong orang yang terkena musibah, seperti bencana alam atau kebakaran, juga termasuk dalam amalan bersedekah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. bisa memberikan bantuan berupa uang atau barang-barang yang dibutuhkan oleh orang yang terkena musibah.


Mengapa Allah dan Rasulullah memerintahkan umatnya untuk bersedekah? Sebab, di dalam sedekah itu tertanam berlipat-lipat pahala. Allah memberikan ganjaran dan menyayangi umatnya yang peduli terhadap sesama. Allah SWT berfirman:

 اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah peinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. (QS. Al hadid: 18).

Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadhan
Bersedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama pada bulan Ramadan. Terbisa beberapa keutamaan bersedekah di bulan Ramadan, antara lain:
Daun.id

pixabay

  1. Mendapat Pahala Lebih Besar: Pada bulan Ramadan, pahala kebaikan akan dilipatgandakan. Oleh karena itu, bersedekah pada bulan Ramadan akan memberikan pahala yang lebih besar dibandingkan dengan bersedekah pada bulan lainnya.
  2. Menghapus Dosa: Bersedekah di bulan Ramadan bisa menghapuskan dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya. Sehingga dengan bersedekah, bisa memperoleh keberkahan dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.
  3. mendapat Ganjaran Berlipat Ganda: Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman bahwa "barangsiapa yang memberikan pinjaman kepada Allah, niscaya Allah akan melipatgandakan pembayarannya". Oleh karena itu, dengan bersedekah di bulan Ramadan, akan mendapatkan ganjaran berlipat ganda dari Allah SWT.
  4. Menjadi Penghapus Kemiskinan: Bersedekah di bulan Ramadan bisa membantu mengurangi kemiskinan di sekitar. Sehingga dengan bersedekah, tidak hanya mendapatkan pahala, tetapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.
  5. Menjadi Amal Jariyah: Bersedekah di bulan Ramadan bisa menjadi amal jariyah yang terus mengalir, bahkan setelah meninggal dunia. Sehingga dengan bersedekah, bisa melakukan investasi untuk kehidupan akhirat.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya