10 Pahala Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan yang Penuh Berkah, Bisa Diamalkan Sendiri

"di antaranya adalah sebagai berikut"

Life | 06 April 2023, 10:20
10 Pahala Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan yang Penuh Berkah, Bisa Diamalkan Sendiri

Memasuki bulan Ramadhan banyak yang menyambutnya dengan sukacita. Penuh ketidaksabaran dan selalu berusaha untuk meningkatkan amal ibadah dibanding dengan sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan
Bulan ini memiliki nilai penting dalam ajaran Islam. Karena di bulan ini, Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Karenanya bulan Ramadhan ini sendiri juga dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmat Allah SWT. Pada bulan puasa ini, umat Islam juga diharapkan untuk memperkuat hubungan dengan Allah SWT dan memperdalam pemahaman tentang agama Islam.

Selama bulan Ramadhan, juga terbisa berbagai macam makanan khas dan hidangan lezat yang disajikan saat berbuka dan sahur. Penting juga untuk diingat bahwa puasa bukan hanya tentang menahan lapar dan dahaga, melainkan juga tentang memperkuat iman, meningkatkan kualitas ibadah, serta memperbaiki diri dalam segala aspek kehidupan.

Saat melakukan banyak ibadah atau meningkatkan ibadah pada bulan puasa ini. Tentunya pahala akan menjadi berlipat ganda. Selain itu meningkatkan ibadah bisa dilakukan sendiri di rumah masing-masing.
Daun.id

pixabay

Adapun mengenai amalan sunnah yang dilakukan di bulan Ramadhan itu bermacam-macam, dan begitu banyak sekali. Di antaranya seperti:

  1. Mengerjakan Sholat Tarawih dan Sholat Tahajud: Mengerjakan sholat tarawih merupakan salah satu ibadah yang khusus dilakukan di bulan Ramadhan. Juga sangat disarankan untuk mengerjakan sholat tahajud di malam 21 Ramadhan, karena malam ini merupakan malam yang paling istimewa dalam bulan Ramadhan.
  2. Membaca Al-Quran: Merupakan amalan yang sangat dianjurkan di malam 21 Ramadhan. Selain dari membaca Al-Quran sendiri, juga disarankan untuk mengkhatamkan Al-Quran pada malam ini.
  3. Berdoa dan berzikir: Malam 21 Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk berdoa dan berzikir. Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa dan zikir di malam ini, karena diyakini bahwa Allah SWT akan lebih mudah mengabulkan doa-doa pada malam ini.
  4. Bersedekah: Amalan yang sangat dianjurkan di malam 21 Ramadhan. Umat Muslim bisa membantu sesama yang membutuhkan dengan memberikan sedekah.
  5. Mengadakan majelis ilmu: Amalan selanjutnya yang baik di malam 21 Ramadhan. Dalam majelis ilmu, umat Muslim bisa belajar dan memperdalam pengetahuan agama.
  6. Serta memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.
  7. Bersilaturahmi: Rasulullah SAW Bersabda: "(Hakikat) orang yang menyambung silaturahmi itu bukan orang yang membalas kebaikan (Dengan kebaikan). Akan tetapi ia yang apabila silaturahminya terputus, bergegas menyambungnya." (HR Bukhari)
  8. I'tikaf di Masjid: Dari Abu Hurairah, ia mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda, "Rasul SAW dahulu setiap bulan puasa beri'tikaf selama sepuluh hari, dan pada tahun di mana beliau meninggal, beliau beri'tikaf di bulan Ramadhan selama dua puluh hari." (HR Bukhari & Abu Daud).
  9. Memberi Makan Orang yang Puasa: Diriwayatkan dari Zaid bin Khalid Al-Juhani bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang memberikan orang berbuka puasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berbuka tersebut tanpa dikurangi sedikitpun." (HR Bukhari & Muslim)
  10. Mengejar Lailatul Qadr pada malam-malam ganjil di akhir bulan Ramadhan dan Menghidupkannya: Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis dirawayatkan Imam Bukhari. Dari Aisyah Radhiyallahu 'anha, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,


تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

"Carilah malam lailatul qadar pada (malam ganjil) 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan." (HR. Bukhari)

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya