Doa dan Amalan Agar Bisa Naik Haji ke Mekkah

"Selalu berikhtiar dan berdoa"

Life | 15 May 2023, 11:43
Doa dan Amalan Agar Bisa Naik Haji ke Mekkah

Berangkat ibadah haji atau biasa disebut dengan istilah naik haji menjadi impian semua umat Islam. Meski antrean untuk daftar berangkat haji cukup panjang, namun buktinya umat Islam yang mendaftar cukup banyak.

Nah, bagi umat Islam yang belum bisa berangkat naik haji, ada beberapa amalan dan doa yang bisa dibaca dengan harapan bisa segera bisa menunaikan ibadah haji. Karena Allah SWT adalah Yang Maha Segalanya, sehingga jika seseorang dikehendaki-NYA bisa berangkat ibadah haji, maka jalan menuju ke sana akan dimudahkan-NYA.

Doa agar bisa naik haji


Allahumma shalli ala sayyidina muhammadin shalatan tuballighuna biha hajja baitikal haram, wa ziyarata habibika muhammadin halaihi afdhalus shalati wassalam fi sihhatin wa 'afiyah wa bulughil marami wa ala alihi wa sahbihi wa sallim.

Artinya:

" Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah shalawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya shalawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya."

Amalan agar bisa naik haji 


Menutip dari situs NU Online, ada amalan membaca sholawat yang akan memudahkan umat Islam untuk bisa berangkat haji. Amalan itu dari Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. Mohammad Mukri. Beliau memberikan satu ijazah berupa shalawat yang bisa dibaca setiap hari agar ikhtiar lahir batin untuk berhaji bisa terwujud.

   اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ 
* يَارَبِّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ 
اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
 * وَافِقْ لَنَا لِحُسْنِ الْخِتَامِ
 اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
 * يَسِّرْ لَنَا حُسْنَ الْمَرَامِ 
اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
 * زُرْنَا كُبْرَ الْمَقَامِ

Syarat-syarat ibadah haji 


1. Islam 
2. Baligh 
3. Berakal 
4. Merdeka 
5. Memiliki bekal dan ketersediaan kendaraan 
6. Masuk waktu haji 
7. Fasilitas jalan yang kondusif 
8. Jarak terjangkau yang memungkinkan ditempuh

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 22 FEBRUARI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:20 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:18 MAGHRIB 18:16 ISYA 19:27  

Zodiak Pisces Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Februari 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami kejutan positif. Kamu akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasanganmu. Jika kamu masih sendiri, ada kemungkinan kamu akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Pisces Selengkapnya




AI