Pengertian Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat, Ketahui Cara Mencegahnya

Life | 28 May 2023, 09:35

"Cegah kolesterol jahat"

Pengertian Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat, Ketahui Cara Mencegahnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh manusia dan hewan. Kolesterol diperlukan untuk fungsi normal tubuh, seperti pembentukan sel-sel, produksi hormon, dan pencernaan makanan. Namun, terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menjadi masalah kesehatan.

Dua Jenis Kolesterol


Kolesterol dapat dibagi menjadi dua jenis utama: kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein) yang sering disebut sebagai "kolesterol baik," dan kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) yang dikenal sebagai "kolesterol jahat." 

Kolesterol HDL membantu mengangkut kolesterol dari jaringan tubuh ke hati, sedangkan kolesterol LDL mengangkut kolesterol dari hati ke jaringan tubuh lainnya. Jika jumlah kolesterol LDL terlalu tinggi, itu dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di dinding arteri, membentuk plak yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Kadar kolesterol dalam darah dipengaruhi oleh faktor genetik dan gaya hidup, seperti pola makan yang kaya akan lemak jenuh dan trans, kurangnya aktivitas fisik, obesitas, dan merokok. Penting untuk menjaga keseimbangan kolesterol dengan mengadopsi gaya hidup sehat, seperti makan makanan yang seimbang, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan yang sehat, dan menghindari kebiasaan merokok.

Dalam beberapa kasus, jika perubahan gaya hidup saja tidak cukup, dokter dapat meresepkan obat penurun kolesterol untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kolesterol Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terlatih untuk mendapatkan nasihat dan penanganan yang tepat.

Cara mencegah kadar kolesterol tinggi:


1. Makanlah pola makan yang sehat:
- Kurangi asupan lemak jenuh dan trans dalam makanan. Hindarilah makanan tinggi lemak jenuh seperti daging merah berlemak, produk susu penuh lemak, makanan olahan, dan makanan cepat saji. 
- Hindari juga makanan yang mengandung lemak trans, seperti margarin keras dan makanan olahan yang menggunakan minyak hidrogenasi.
- Pilihlah lemak sehat, seperti lemak tak jenuh, yang ditemukan dalam ikan berlemak (misalnya salmon, sarden, tuna), alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun.
- Konsumsilah lebih banyak serat dalam bentuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh. Serat dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol di usus.

2. Tetap aktif secara fisik:
- Lakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti berjalan cepat, berlari, berenang, atau bersepeda. Tujuannya adalah untuk melakukan aktivitas aerobik setidaknya 150 menit per minggu.
- Selain itu, tambahkan latihan kekuatan seperti angkat beban atau yoga untuk memperkuat otot dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

3. Menjaga berat badan yang sehat:
- Jika berat badan berlebih, upayakan untuk mengurangi berat badan dengan menggabungkan pola makan sehat dan aktivitas fisik yang cukup. Penurunan berat badan dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol.

4. Hindari merokok dan batasi konsumsi alkohol:
Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi, sangat penting untuk berhenti merokok.
Batasi konsumsi alkohol, karena konsumsi berlebih dapat meningkatkan kadar trigliserida dan tekanan darah, serta berisiko terhadap masalah kesehatan lainnya.

5. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin:
Jalani pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk memantau kadar kolesterol Anda. Jika kadar kolesterol Anda tinggi, dokter mungkin akan memberikan nasihat dan pengobatan yang sesuai.

6.Minum obat jika diperlukan:
Jika perubahan gaya hidup tidak cukup untuk mengendalikan kadar kolesterol, dokter dapat meresepkan obat penurun kolesterol. Penting untuk mengikuti instruksi dokter dan rutin memeriksakan kadar kolesterol.
Selalu berkonsultasilah dengan dokter atau tenaga medis terlatih untuk mendapatkan nasihat yang spesifik sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:27 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:24 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, Zodiak Leo akan mengalami kebahagiaan dan keharmonisan pada bulan Juli 2024. Hubungan yang sudah ada akan semakin erat dan stabil. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk menemukan pasangan yang cocok. Namun, tetap perlu berkomunikasi dengan jujur dan menghargai perasaan pasangan.



Leo Selengkapnya